Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
4 Penyebab Starter Mobil Berat Beserta Cara Mengatasinya
13 Januari 2021
penyebab starter mobil berat

Kondisi mobil yang sulit dinyalakan tentunya sangat mengganggu kenyamanan pengguna kendaraan roda empat. Terlebih jika Anda sedang dalam keadaan yang terburu buru untuk memulai aktivitas dengan menggunakan mobil. 

Hal tersebut dikarenakan komponen dalam mobil bermasalah. Lantas apa saja penyebab starter mobil berat lainnya? Berikut ulasannya. 

1. Tegangan Aki yang Tidak Memadai 

Penyebab utama yang sering terjadi pada masalah ini adalah tegangan aki yang sudah tidak memadai atau hampir habis. Hal ini terjadi karena penggunaan aki mobil yang sudah lebih dari batas penggunaannya. 

Untuk mendeteksinya, Anda dapat menggunakan alat bernama voltmeter dan multimeter yang ada pada bagian aki kendaraan roda empat yang dimiliki. 

Alat ukur tersebut akan menunjukkan sisa tegangan aki pada mobil yang Anda miliki. Untuk itu, Anda dapat langsung mengganti aki jika tegangan sudah mendekati batas habis. 

Jika starter kembali ringan dan mudah untuk dinyalakan, berarti sudah pasti penyebabnya adalah tegangan aki yang memang kurang memadai atau hampir habis. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengetahui Kerusakan Aki Mobil

2. Komponen Pompa Bensin yang Melemah

Tidak hanya tegangan aki saja yang menjadi penyebab starter mobil berat saat pengemudi hendak menyalakan kendaraan roda empat tersebut. Sebab, pompa bensin juga bisa menyebabkan gejala dan kondisi tersebut dapat terjadi. 

Hal ini dikarenakan bagian pada saluran mesin yang langsung berhubungan dengan tangki kendaraan roda empat atau disebut pompa bensin. Jika keadaan fuel pump tidak dapat bekerja dengan maksimal, maka akan berpengaruh pada penyaluran bahan bakar yang tidak seimbang. 

Hal tersebut mengakibatkan mobil menjadi berat distarter. Apabila hal tersebut terjadi, akan lebih baik untuk segera melakukan pergantian pada komponen fuel pump agar performa mobil kembali bekerja dengan optimal. 

3. Terjadi Masalah Pada Bagian Busi 

Penyebab selanjutnya yaitu terdapat masalah yang terjadi pada busi mobil. Busi yang mengalami masalah karena terdapat banyak kotoran atau tingkat kerenggangan busi terlalu padat atau renggang. 

Untuk memastikan penyebab starter mobil berat, Anda bisa melakukannya dengan cara melepas busi terlebih dahulu dan membersihkannya. Setelah itu memasangnya kembali dengan tepat. 

4. Karburator Mobil Terkena Air

Pada beberapa jenis kendaraan roda empat tertentu yang masih menggunakan komponen karburator, biasanya dapat menyebabkan starter mobil menjadi lebih berat jika dinyalakan. 

Hal tersebut terjadi karena kondisi karburator terkena air atau banjir yang cukup banyak Sehingga akan mengakibatkan starter mobil sulit dihidupkan. 

Untuk mengecek kondisi mobil lebih lanjut, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan pada karburator dengan melepasnya terlebih dahulu. 

Jika dirasa karburator terkena air yang berlebih, maka Anda perlu menyetel ulang di bagian pelampung. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara meletakkan kembali pada posisi yang sesuai tempatnya agar mengetahui penyebab starter mobil berat.

Baca juga: Sudah Tahu Cara Setel Karburator Mobil Biar Lebih Irit?

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor