Logo Daihatsu
Menu

4 Penyebab Starter Mobil Berat Beserta Cara Mengatasinya

Otomotif

2021-01-13

penyebab starter mobil berat

Kondisi mobil yang sulit dinyalakan tentunya sangat mengganggu kenyamanan pengguna kendaraan roda empat. Terlebih jika Anda sedang dalam keadaan yang terburu buru untuk memulai aktivitas dengan menggunakan mobil. 

Hal tersebut dikarenakan komponen dalam mobil bermasalah. Lantas apa saja penyebab starter mobil berat lainnya? Berikut ulasannya. 

1. Tegangan Aki yang Tidak Memadai 

Penyebab utama yang sering terjadi pada masalah ini adalah tegangan aki yang sudah tidak memadai atau hampir habis. Hal ini terjadi karena penggunaan aki mobil yang sudah lebih dari batas penggunaannya. 

Untuk mendeteksinya, Anda dapat menggunakan alat bernama voltmeter dan multimeter yang ada pada bagian aki kendaraan roda empat yang dimiliki. 

Alat ukur tersebut akan menunjukkan sisa tegangan aki pada mobil yang Anda miliki. Untuk itu, Anda dapat langsung mengganti aki jika tegangan sudah mendekati batas habis. 

Jika starter kembali ringan dan mudah untuk dinyalakan, berarti sudah pasti penyebabnya adalah tegangan aki yang memang kurang memadai atau hampir habis. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengetahui Kerusakan Aki Mobil

2. Komponen Pompa Bensin yang Melemah

Tidak hanya tegangan aki saja yang menjadi penyebab starter mobil berat saat pengemudi hendak menyalakan kendaraan roda empat tersebut. Sebab, pompa bensin juga bisa menyebabkan gejala dan kondisi tersebut dapat terjadi. 

Hal ini dikarenakan bagian pada saluran mesin yang langsung berhubungan dengan tangki kendaraan roda empat atau disebut pompa bensin. Jika keadaan fuel pump tidak dapat bekerja dengan maksimal, maka akan berpengaruh pada penyaluran bahan bakar yang tidak seimbang. 

Hal tersebut mengakibatkan mobil menjadi berat distarter. Apabila hal tersebut terjadi, akan lebih baik untuk segera melakukan pergantian pada komponen fuel pump agar performa mobil kembali bekerja dengan optimal. 

3. Terjadi Masalah Pada Bagian Busi 

Penyebab selanjutnya yaitu terdapat masalah yang terjadi pada busi mobil. Busi yang mengalami masalah karena terdapat banyak kotoran atau tingkat kerenggangan busi terlalu padat atau renggang. 

Untuk memastikan penyebab starter mobil berat, Anda bisa melakukannya dengan cara melepas busi terlebih dahulu dan membersihkannya. Setelah itu memasangnya kembali dengan tepat. 

4. Karburator Mobil Terkena Air

Pada beberapa jenis kendaraan roda empat tertentu yang masih menggunakan komponen karburator, biasanya dapat menyebabkan starter mobil menjadi lebih berat jika dinyalakan. 

Hal tersebut terjadi karena kondisi karburator terkena air atau banjir yang cukup banyak Sehingga akan mengakibatkan starter mobil sulit dihidupkan. 

Untuk mengecek kondisi mobil lebih lanjut, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan pada karburator dengan melepasnya terlebih dahulu. 

Jika dirasa karburator terkena air yang berlebih, maka Anda perlu menyetel ulang di bagian pelampung. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara meletakkan kembali pada posisi yang sesuai tempatnya agar mengetahui penyebab starter mobil berat.

Baca juga: Sudah Tahu Cara Setel Karburator Mobil Biar Lebih Irit?


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ciri-ciri Sasis Mobil Bekas Tabrakan

2021-11-10

Bagi Anda yang sedang mencari mobil bekas, maka Anda perlu cermat dan teliti untuk melihat mobil yang Anda pilih bekas tabrakan atau tidak. Salah satu hal yang paling mencolok adalah bagian sasis.

thumbnail

Cara Mengecek dan Membersihkan Filter Kabin Sendiri

2022-04-07

Untuk merawat kebersihan mobil, maka Anda tidak hanya perlu mengecek bagian luarnya saja, tetapi juga bagian dalamnya termasuk filter kabin. Jika kabin dalam keadaan ber

thumbnail

7 Tips Aman Parkir Mobil di Rumah untuk Menjaga Bodi dan Mesin

2021-02-08

Memarkirkan kendaraan di rumah menjadi rutinitas yang sederhana, tapi bisa merugikan jika ada hal-hal kecil yang terlupakan. Biasanya, ada beberapa hal yang membuat mobi

thumbnail

GPS Tercanggih untuk Mobil Kesayangan Sahabat

2020-11-17

GPS tercanggih adalah alat paling manjur untuk mobil Sahabat. Terutama, dalam menemukan rute jalan yang hendak dituju, atau untuk kepentingan navigasi lainnya.