Logo Daihatsu
Menu

5 Ciri-Ciri Bearing Roda Depan Mobil Rusak, Penyebab & Solusi

Otomotif

2023-02-08

Ciri-Ciri Bearing Roda Depan Mobil Rusak, Penyebab & Solusi

Kondisi bearing roda mobil depan haruslah selalu dalam kondisi prima. Untuk menjaga kondisinya, Anda harus tahu apa saja ciri-ciri bearing roda depan mobil rusak. Nah, bagi yang belum tahu cirinya, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Ciri-Ciri Bearing Roda Depan Mobil Rusak

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai jenis-jenis bearing pada mobil. Selain info tersebut, kita juga perlu mengatahui penyebab bearing roda mobil cepat rusak dan bagaimana ciri-ciri kerusakannya.

Tata letak dari bearing roda yang tidak mudah dilihat mata membuat pemilik mobil kurang aware pada kondisinya. Berikut ini adalah beberapa ciri yang bisa dilihat pada saat kondisi bearing roda depan kendaraan sudah mulai rusak.

1. Mobil Susah Belok

Pada saat kondisi bearing roda depan masih berfungsi normal, maka akan membuat mobil berbelok dengan halus dan lancar. Namun, saat kondisinya sudah mulai rusak, mobil akan kesusahan pada saat hendak berbelok.

Kondisi tersebut bisa menjadi salah satu tanda-tanda bahwa bearing roda sudah mulai mengalami masalah. Jadi, apabila Anda merasakan hal seperti ini, maka sudah bisa dipastikan bearing roda kendaraan sudah rusak.

2. Pengereman Terasa Berat

Ciri berikutnya adalah pada saat hendak melakukan pengereman, Anda akan merasa rem menjadi lebih berat. Apabila hal tersebut dirasakan pada kendaraan, maka ini bisa menjadi pertanda besar bahwa bearing mobil depan mengalami kerusakan.

3. Putaran Roda Depan Tidak Lancar

Pada saat putaran roda depan mobil terasa tidak selancar biasanya, itu bisa merupakan ciri-ciri bearing roda depan mobil rusak. Apabila hal tersebut sudah terjadi, maka sudah semestinya Anda segera melakukan servis ke bengkel.

4. Mobil Mengeluarkan Gemuruh

Apabila Anda mendengar bunyi gemuruh pada saat mengendarai mobil, maka sudah seharusnya mulai waspada. Pasalnya, hal itu bisa menjadi salah satu pertanda jika kondisi bearing roda depan sudah dalam kondisi tidak baik.

5. Muncul Suara Berdecit pada Mobil

Selain gemuruh, mobil yang mengeluarkan suara seperti berdecit juga menjadi ciri bahwa bearing roda sudah rusak. Apabila Anda mendengar bunyi berdecit pada mobil tersebut, sebaiknya segera memeriksakan kendaraan ke bengkel terpercaya.

Baca Juga : Efek Negatif Bearing Roda Terendam Air dan Alasannya Harus Segera Diganti yang Baru

Penyebab dan Solusi Bearing Roda Depan Rusak

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan bearing roda menjadi rusak. Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

  • Mobil kerap melalui jalan bergelombang ataupun rusak sehingga membuat kaki-kaki dan bearing roda rusak.
  • Pelumas pada bearing roda tidak dapat bekerja dengan maksimal karena adanya air yang masuk.
  • Grease atau gemuk yang digunakan pada bearing kurang berkualitas.
  • Mobil menggunakan ban dengan ukuran yang tidak sesuai rekomendasi dari pihak produsen sehingga beban dari bearing menjadi berat. Nah, agar tidak salah pilih pada saat menentukan ban, simak tipsnya disini.

Itulah penyebab yang membuat bearing roda pada kendaraan Anda menjadi rusak. Untuk mengatasi masalah seperti ini, Anda dapat mencoba untuk lebih berhati-hati saat melewati jalan yang kurang baik.

Kemudian, usahakan untuk menerapkan komponen kendaraan yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan agar mobil bisa bekerja secara optimal. Selain hal itu, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah segera service ke bengkel resmi Daihatsu.

Perlu dipahami juga, agar masalah seperti ini tidak terjadi terlalu parah pada kendaraan, maka sudah semestinya Anda melakukan perawatan mobil secara rutin. Dengan perawatan rutin tersebut, kondisi bearing pada mobil bisa lebih terkontrol. 

Tidak hanya itu saja, pengecekan secara rutin tersebut juga membuat kondisi mobil menjadi tetap prima dan bertahan dalam waktu yang lebih lama. Jadi, jangan tunggu adanya ciri-ciri bearing roda depan mobil rusak baru Anda datang ke tempat service.

Nah, kurang lebih seperti itu tadi ciri-ciri bearing roda depan mobil rusak beserta penyebabnya. Selalu periksa kondisi mobil secara rutin, agar Anda bisa berkendara dengan perasaan nyaman dan juga aman.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

E-Tilang – Cek Info dan Cara Pembayaran

2020-12-03

E-Tilang atau tilang elektronik adalah sistem tilang yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan CCTV pada lampu lalu lintas sebagai pengawas menggantikan petug

thumbnail

Speaker Mobil Berapa Ohm? Ini Bedanya 2 Ohm, 4 Ohm, hingga 8 Ohm

2023-11-17

Speaker mobil merupakan salah satu komponen fitur hiburan mobil yang akan menambah kenyamanan dalam berkendara. Bahkan bagi pecinta audio, komponen ini merupakan kom

thumbnail

Pengertian dan Fungsi Priming Pump untuk Bahan Bakar Diesel

2021-02-16

Kendaraan roda empat memiliki banyak komponen yang disematkan di dalamnya, termasuk priming pump. Komponen ini menjadi penyusun sistem bahan bakar untuk mobil yan

thumbnail

Cara Pasang & Ganti Wiper Mobil, Tanpa Alat Apapun!

2022-07-29

Wiper menjadi salah satu komponen mobil yang paling diandalkan ketika musim hujan tiba. Bila komponen ini rusak, Anda harus melakukan pergantian. Lantas, bagaimana cara pasang wiper mobil yang tepa