Logo Daihatsu
Menu

5 Fungsi Talang Air Mobil dan Cara Pasangnya

Otomotif

2022-09-14

5 Fungsi Talang Air Mobil dan Cara Pasangnya

Talang air mobil (door visor) adalah salah satu komponen mobil yang tidak kalah penting dengan komponen mobil lainnya. Komponen ini menjadi standar wajib dalam pembuatan sebuah mobil. Meski begitu, tidak semua orang memahami fungsi dari talang air mobil. 

Sebagian orang menilai komponen ini hanyalah sebuah aksesori belaka yang merekat pada bracket di bagian jendela atas pintu mobil. Namun, ada banyak fungsi penting lainnya yang wajib Anda tahu.

Penasaran apa saja fungsinya? Lihat pembahasan dibawah ini beserta cara pasangnya.

5 Fungsi Talang Air Mobil

Talang air adalah jaringan yang menyerupai pipa dan berfungsi sebagai jalan untuk air hujan supaya tidak masuk ke dalam mobil.

Selain itu, ada beberapa fungsi lainnya dari komponen ini yang wajib Anda ketahui antara lain :

1. Peredam berbagai suara bising dari luar mobil

Komponen ini berfungsi sebagai peredam suara bising yang berasal dari luar mobil. Saat mengendarai mobil sering kali terganggu oleh suara mesin mobil yang bising.

Namun jika Anda memasang talang air, suara tersebut akan diredam karena aliran udara dari mesin akan diarahkan oleh door visor.

Suara dari kabin hingga suara dari luar dapat diredam dengan sangat baik. Bahkan sekarang, beberapa talang air (door visor) pada mobil keluaran baru mampu menghilangkan bising hingga 95 persen.

2. Melindungi pengguna mobil dari air hujan

Ketika mengendarai mobil pada waktu hujan, talang air akan melindungi pengguna mobil baik dari pihak pengemudi hingga penumpang.

Komponen ini diciptakan untuk mencegah air hujan masuk ke dalam mobil dan membuang air hujan ke bagian depan dan belakang mobil. Pengguna mobil pun tetap aman ketika hujan turun secara tiba-tiba saat bagian jendela mobil masih terbuka.

3. Meminimalisir embun

Ketika hujan tiba, talang air tidak hanya melindungi Anda terguyur air hujan ketika jendela kendaraan belum ditutup. Komponen ini juga akan membantu mengurangi keberadaan embun pada kaca depan mobil. Sehingga tidak mengganggu jarak pandang Anda ketika mengendarai mobil. 

4. Melindungi beberapa komponen pada bagian kabin

Di dalam kabin mobil terdapat beberapa komponen kelistrikan mobil. Sehingga apabila terkena air maka akan terjadi reaksi listrik atau korsleting.

Selain itu, beberapa komponen di dalam kabin mobil seperti power window juga terbilang mudah rusak dan sensitif jika terkena percikan air.

Anda sangat membutuhkan talang air untuk melindungi beberapa komponen di dalam kabin tersebut. Talang air ini berfungsi membuang air hujan ke depan dan belakang kaca kendaraan. 

Baca Juga : Penyebab Air Buangan AC Mobil Masuk Ke Dalam Kabin

5. Membantu proses sirkulasi udara pada kabin

Ketika Anda sedang memarkir mobil pada siang hari di luar ruangan, maka udara panas di dalam mobil akan semakin terasa. Jika kendaraan Anda menggunakan talang air, maka Anda bisa membuka sedikit kaca jendela Anda untuk membantu proses sirkulasi udara.

Suhu di dalam kendaraan pun bisa menjadi normal, tanpa khawatir bagian interior kabin terlihat orang lain karena talang air menutupi bagian atas kaca jendela kendaraan. 

Cara Pasang Talang Air pada Mobil

Setelah Anda mengetahui beberapa fungsi talang air pada mobil, berikut cara memasang talang air yang baik dan benar :

  1. Siapkan satu set talang air yang sudah Anda beli di marketplace atau di bengkel khusus otomotif. Pastikan talang air yang Anda beli sesuai dengan jenis kendaraan Anda dan pastikan PNP (plug n play). Karena beda mobil bentuk talang airnya juga berbeda. 
  2. Siapkan larutan air sabun, gunting, double tape, dan lap kain atau kanebo.
  3. Bersihkan bagian talang air dan permukaan pintu kendaraan dengan lap kain dan air sabun. Pastikan tidak ada kotoran, debu, atau minyak yang menempel.
  4. Setelah permukaan bersih, pasang double tape 3m atau lem untuk talang air mobil. Lalu tempel ke permukaan pintu. Pasang dengan hati-hati dan pastikan terpasang dengan presisi.

Baca Juga : Cara Pasang Relay Lampu Foglamp Tambahan Mobil

Sangat mudah sekali bukan? Jika Anda kesulitan memasang atau mencari talang air mobil yang sesuai dengan mobil Anda. Anda bisa kunjungi bengkel resmi atau dealer Daihatsu terdekat untuk membantu Anda. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tanda Plat Kopling Transmisi Matic Sudah Habis

2022-09-14

Plat kopling transmisi matic habis bisa disebabkan banyak hal. diantaranya cara mengemudi yang salah. Jika tidak segera diperbaiki bisa merembet ke bagian lain.

thumbnail

Berapa Lama Umur Ban Mobil? Ini Cara Melihatnya!

2022-09-14

Bila umur ban mobil sudah tua, ban harus segera dilakukan penggantian untuk menjaga keselamatan. Dalam

thumbnail

Ciri-Ciri Filter AC Mobil Harus Diganti & Cara Membersikannya

2022-09-14

Memasang filter AC sangat diperlukan bagi pemilik kendaraan roda empat. Filter AC pada mobil mempunyai fungsi sebagai pendingin sekaligus penyaring debu atau udara kotor di dalam kendaraan.N

thumbnail

Cara Membersihkan Mobil Dari Debu Supaya Selalu Bersih Dan Mengkilap

2022-09-14

Bagi Anda yang sering bepergian dengan mobil, debu dan kotoran pasti sudah menjadi masalah yang sering Anda hadapi. Untuk mendapatkan penampilan mobil yang bersih, Anda