Logo Daihatsu
Menu

5 Tips Belajar Mobil Manual Untuk Wanita Agar Lebih Cepat Mahir

Otomotif

2020-11-14

tips belajar mobil manual untuk wanita

Seiring berjalannya waktu, wanita dituntut lebih mandiri mengingat padatnya pekerjaan yang harus dikerjakannya. Oleh sebab itu, banyak dari wanita masa kini yang tertarik belajar mengemudikan mobil untuk memudahkan pekerjaannya. 

Agar lebih cepat mahir mengendarai mobil dan tidak merasa grogi, simak tips belajar mobil manual untuk wanita berikut. 

1. Memahami Setiap Tombol Pada Kendaraan 

Ketika pertama kali harus mengoperasikan mobil, rasa takut dan grogi akan menyelimuti perasaan Anda. Sebenarnya kondisi tersebut cukup wajar terjadi, mengingat resiko yang harus ditanggung pengemudi cukup besar. 

Namun perasaan grogi bisa diminimalisir dengan bekal informasi dasar mengenai fungsi setiap tombol dan fitur yang ada. 

Pengemudi akan dihadapkan dengan berbagai jenis tombol dengan fungsi berbeda, sehingga Anda harus memahami fungsinya agar dapat digunakan dengan optimal. 

Tanpa memahami informasi dasar tersebut, wajar jika Anda merasa takut untuk mengendarainya. Usai memahami setiap fungsi tombolnya, segera terapkan ilmu yang didapatkan agar lebih cepat mahir berkendara. 

Baca juga: Ini loh Cara Mengemudi Mobil yang baik sahabat

2. Berlatih di Tempat yang Tepat 

Tips belajar mobil manual untuk wanita selanjutnya adalah berlatih di tempat yang tepat seperti lapangan luas sebagai alternatifnya. 

Lapangan dikatakan sebagai tempat terbaik untuk berlatih berkendara, karena Anda tidak akan menemukan hambatan seperti kemacetan ataupun medan jalanan yang berliku. 

Bagaimana jika tidak menemukan lapangan luas di sekitar hunian? Anda bisa menjadikan jalanan umum yang tidak banyak dilalui oleh pengendara sebagai alternatif belajar berkendara. 

Hal ini dilakukan, agar perasaan grogi dan was was bertemu dengan pengendara lain tidak terlalu dirasakan. 

3. Tetap Fokus 

Mengendarai sebuah mobil bisa menjadi masa menegangkan bagi para pengemudi mobil pemula. Bahkan perasaan khawatir sudah dirasakan ketika masuk ke dalam kabin kendaraan, di mana Anda akan disambut dengan banyaknya tombol yang harus dioperasikan di saat yang tepat. 

4. Minta Didampingi Oleh Sang Ahli 

Selama berlatih mengendarai mobil, sebaiknya Anda meminta didampingi oleh salah satu anggota keluarga maupun kerabat terdekat sebagai tips belajar mobil manual untuk wanita. Apabila ingin lebih mahir mengemudikannya, dianjurkan mengambil kelas kursus sebagai alternatif terbaiknya. 

Baca juga: Lima Hal Yang Harus Dihindari Saat Mengemudi Dalam Kondisi Hujan

5. Tingkatkan Level Wilayah Berkendara 

Semua orang harus melewati proses pembelajaran untuk menguasai bidang tertentu, begitu pula ketika berlatih mengendarai mobil. Setiap orang memiliki waktu berbeda untuk bisa menguasainya, namun dengan rutin berlatih tentunya proses belajar tidak akan menghianati hasil. 

Oleh sebab itu, teruslah asah kemampuan Anda dan tidak berhenti berlatih di satu medan saja. Jika menyetir di padatnya jalan perkotaan sudah lihai dilakukan, tidak ada salahnya mencoba menyusuri medan yang lebih ekstrim dengan tingkat kesulitan lebih tinggi seperti jalan kompleks perumahan atau jalan menanjak. 

Tentu saja tips belajar mobil manual untuk wanita satu ini harus diimbangi dengan latihan rutin, agar lebih mahir mengendarainya dalam waktu singkat. 

Siapa yang bilang jika wanita tidak bisa mandiri? Ketika mahir mengendarai mobil sendiri, maka berbagai pekerjaan akan menjadi lebih mudah dilakukan. Agar lebih cepat mahir mengendarai mobil kesayangan, silahkan terapkan tips pada ulasan di atas.

 

Rekomendasi bacaan lainnya untuk para wanita

Inilah Alasan Kenapa Wanita Juga Harus Sukses Dalam Karier

Untuk Para Wanita, Lakukan Cara - Cara Ini Agar Sukses Dalam Karier dan Rumah Tangga

Dear Wanita, Hindari 5 Hal Ini Jika Anda Ingin Lebih Dihargai Di Kantor 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Perbedaan Ban Tubeless Dengan Ban Biasa

2020-12-23

Ban merupakan salah satu komponen yang penting dalam sebuah kendaraan, baik mobil maupun motor. Adanya komponen yang terbuat dari karet tersebut, akan membantu menciptak

thumbnail

Berapa Konsumsi BBM Xenia 1000cc? Ternyata Irit Lho!

2023-12-22

Mengetahui konsumsi BBM Xenia 1000cc merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan satu ini. Besarnya konsumsi BBM itu

thumbnail

Hati-hati, Efek Buruk Ini Bisa Terjadi Saat Stang Piston Mobil Bengkok

2022-04-12

Mobil bisa dikendarai dengan aman dan nyaman saat semua komponennya bisa berfungsi dengan baik. Namun apa jadinya jika salah satu komponen tersebut  mengalami kerus

thumbnail

Fungsi Bushing Arm Mobil yang Jarang Diketahui

2021-01-04

Fungsi bushing arm mobil adalah hal yang jarang diketahui, padahal sangat penting diketahui oleh para pemilik mobil. Dengan mengetahui fungsi tersebut, Sahabat bisa lebi