Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
7 Cara Merawat Mobil Hitam Agar Tetap Baru, Yuk Simak!
22 Februari 2024
7 Cara Merawat Mobil Hitam Agar Tetap Baru, Yuk Simak!

Merawat mobil hitam tidak bisa dilakukan sembarangan, sebab malah membuat warna mobil terlihat kusam. Agar mobil hitam selalu tampak seperti baru dan berkilau, maka pengemudi wajib mengetahui beberapa cara perawatan berikut.

Cara Merawat Mobil Hitam Agar Mobil Terlihat Baru

Warna hitam, identik dengan warna elegan dan mewah. Oleh karena itu, tidak sedikit pengemudi yang memiliki mobil dengan warna ini. Namun, seiring penggunaan, warna hitam pada mobil semakin pudar dan tampak kusam. Untuk menghindari tersebut, ada beberapa cara merawat mobil warna hitam agar terlihat seperti baru lagi yang perlu diketahui. Adapun caranya sebagai berikut.

1. Rutin mencuci mobil

Agar mobil warna hitam tampak seperti baru lagi, para pemilik mobil wajib mencuci mobil secara rutin. Apalagi jika mobil hitam digunakan untuk keperluan sehari-hari. Dengan mencuci mobil secara rutin, noda dan kotoran yang membandel yang dapat merusak warna mobil bisa dibersihkan secara menyeluruh. Untuk waktu mencuci mobil, sebaiknya lakukan pencucian mobil di waktu pagi atau sore hari. Hal tersebut perlu Anda lakukan, agar paparan sinar matahari tidak mengenai warna cat mobil. Sebab jika Anda mencuci mobil di siang hari, sinar matahari terlalu panas sehingga dapat memudarkan warna hitam pada mobil. 

2. Hindari penggunaan detergen pada saat mencuci

Ketika Anda mencuci mobil warna hitam, sebaiknya Anda menghindari penggunaan sabun dengan bahan dasar detergen karena dapat merusak cat. Hindari juga menggunakan sabun cuci piring karena dapat memudarkan warna mobil. Anda bisa menggunakan sampo atau sabun khusus mobil seperti yang tersedia di pasaran.

3. Gunakan lap microfiber

Gunakan lap microfiber ketika hendak mengeringkan mobil yang telah dicuci. Penggunaan lap microfiber dapat mencegah swirl mark atau goresan halus yang terjadi akibat proses pencucian atau pengeringan. Hindari penggunaan chamois (kanebo) serta kemoceng bulu karena dapat menimbulkan banyak swirl mark.

4. Gunakan wax khusus warna hitam

Agar mobil warna hitam tampak baru secara terus menerus, maka Anda perlu menggunakan wax mobil secara rutin. Anda bisa gunakan wax khusus untuk mobil berwarna gelap setiap dua minggu sekali. Penggunaan wax akan melapisi permukaan cat dan melindunginya dari paparan sinar matahari. Selain itu, penggunaan wax juga dapat membuat warna mobil semakin berkilau. Pastikan wax yang Anda gunakan terbuat dari bahan anti korosif agar tidak mengikis lapisan utama cat mobil. 

5. Memastikan mobil dalam kondisi bersih sebelum dipasang sarungnya

Sebelum mobil memakai sarung pelindung, sebaiknya Anda perlu memastikan kondisi kebersihan mobil. Sebab, apabila terdapat kotoran dan debu yang melekat pada mobil atau sarung dapat menyebabkan goresan pada lapisan cat mobil.

6. Hindari parkir mobil di bawah terik sinar matahari secara langsung

Agar mobil hitam selalu tampak baru, hindari memarkir mobil di bawah terik sinar matahari secara langsung. Agar sinar matahari tidak mengikis lapisan cat mobil sehingga warnanya pudar dan kusam.

7. Lakukan detailing process dan paint protection

Cara selanjutnya, Anda bisa melakukan detailing process dan paint protection pada mobil warna hitam Anda. Langkah ini merupakan langkah yang tepat untuk menambah ketebalan lapisan cat pada mobil. Selain itu, cara ini bisa menghilangkan goresan pada mobil baik goresan halus hingga goresan kasar. Lakukan proses pemolesan tersebut minimal tiga bulan atau enam bulan sekali. 

Jika Anda tertarik untuk melakukan pemolesan warna mobil, sebaiknya Anda kunjungi salon atau bengkel mobil ternama seperti bengkel resmi Daihatsu. 

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku