Logo Daihatsu
Menu

8 Penyebab Lampu Mobil Redup dan Cara Mengatasinya

Otomotif

2022-12-28

8 Penyebab Lampu Mobil Redup dan Cara Mengatasinya

Lampu mobil merupakan komponen yang sangat penting dan harus selalu diperhatikan. Lampu mobil berfungsi sebagai alat penerangan ketika mobil melaju di tempat yang gelap atau di malam hari. Jika bagian ini redup, maka dapat berisiko menimbulkan kecelakaan ketika mobil melaju di tempat yang gelap. Lantas apa saja penyebab lampu mobil redup dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

Inilah Penyebab Lampu Mobil Redup

Berikut beberapa hal penyebab lampu mobil redup antara lain :

1. Aki mobil sudah soak atau lemah

Penyebab lampu mobil redup yang pertama yaitu karena aki mobil sudah mulai soak dan melemah. Seperti diketahui, aki mobil merupakan komponen kelistrikan yang menyuplai aliran listrik ke semua komponen kelistrikan, termasuk lampu mobil.

Apabila kondisi aki sudah melemah, atau sudah soak, maka secara otomatis cahaya yang dihasilkan oleh lampu menjadi redup. Hal tersebut terjadi karena pasokan listrik yang diterima lampu mobil kurang maksimal.

2. Soket dan kabel lampu longgar

Di dalam sistem kelistrikan mobil, ada banyak sekali kabel yang tersambung. Apabila kabel tersebut dan soket lampu dalam keadaan longgar, maka dapat menyebabkan lampu mobil redup dan korsleting.

3. Reflektor yang terlalu kusam

Penyebab lampu mobil redup selanjutnya yaitu karena reflektor yang terlalu kusam. Reflektor dalam mobil berfungsi sebagai pengatur pancaran cahaya dari lampu agar dapat memanjang dan menyebar.

Jika komponen ini terlalu kusam, maka cahaya yang dikeluarkan lampu kurang terang akibat tertutup banyaknya kotoran.

Baca Juga : Jenis Soket Lampu Mobil dan Fungsinya, Yuk Pahami!

4. Relay mobil aus

Relay mobil merupakan komponen yang menjembatani baterai dan lampu mobil untuk menghasilkan cahaya. Apabila komponen ini bermasalah, atau aus maka secara otomatis lampu mobil menjadi redup. 

5. Kualitas bohlam kurang bagus

Kualitas bohlam yang kurang berkualitas juga akan mempengaruhi cahaya lampu mobil. Bohlam yang kurang berkualitas biasanya memiliki masa aus yang lebih cepat.

6. Voltase mobil kurang cocok

Sebelum Anda membeli bohlam sebaiknya Anda perhatikan besaran voltasenya. Voltase bohlam yang lebih besar atau lebih kecil juga dapat menjadi penyebab lampu mobil redup.

7. Sekring mobil bermasalah atau putus

Seperti yang Anda ketahui, sekring mobil merupakan komponen mobil yang dapat mencegah adanya korsleting. Apabila komponen ini bermasalah atau putus, dapat menyebabkan cahaya lampu mobil menjadi redup. 

8. Soket lampu berkarat atau meleleh

Penyebab lampu mobil redup yang terakhir yaitu karena soket lampu berkarat atau bahkan meleleh. Adanya karat atau korosi pada bagian soket, atau dudukan soket yang meleleh dapat menghambat aliran listrik pada lampu mobil. Akibatnya cahaya yang dihasilkan menjadi redup.

Cara Memperbaiki Lampu Mobil yang Redup

Berikut beberapa cara yang bisa Anda praktikan ketika hendak memperbaiki lampu mobil yang redup. 

1. Memperhatikan kualitas serta daya bohlam

Menggunakan bohlam yang berkualitas, serta memperhatikan voltase bohlam yang sesuai dengan standar mobil dapat menghasilkan cahaya lampu yang terang.

Baca Juga : Beberapa Penyebab Bohlam Lampu Utama Cepat Putus

2. Mengganti relay, sekring, soket atau kabel kelistrikan mobil yang bermasalah

Ketika kondisi relay, sekring, soket, atau kabel kelistrikan mobil bermasalah atau aus. Anda bisa segera mengganti komponen tersebut dengan komponen yang baru.

Jika Anda kurang berpengalaman, Anda bisa meminta bantuan teknisi yang ahli. Bisa juga mengunjungi dealer Daihatsu untuk melakukan penggantian komponen yang berkualitas.

3. Rutin membersihkan bagian reflektor

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kondisi reflektor yang kusam dapat mempengaruhi cahaya yang dihasilkan oleh lampu mobil.

Untuk mencegah reflektor kusam dan berkarat, Anda perlu melakukan perawatan rutin terhadap komponen tersebut. Jika Anda kurang ahli dalam membersihkan komponen tersebut, Anda bisa melakukan perawatan di dealer Daihatsu terdekat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Tips Perawatan Mobil setelah Kena Banjir, Pengecekan Interior Tidak Kalah Penting

2021-01-29

Perawatan mobil setelah kena banjir memang perlu kesabaran dan ketelitian. Hal ini dikarenakan air dan lumpur yang terbawa karena banjir bisa saja merusak mesin dan inte

thumbnail

5 Harga Roof Rack Mobil: Aman di Kantong, Kualitas Terjamin

2021-02-02

Memasang roof rack adalah pilihan terbaik jika Sahabat akan bepergian jarak jauh dan membawa banyak barang, terlebih ketika momen mudik. Memilih roof rack yang tepat mem

thumbnail

Tips Memasang Sekring Agar Modifikasi Audio Mobil Makin Aman

2022-05-27

Pasang sekring saat modifikasi audio jika tidak dilakukan dengan benar bisa fatal. Mulai dari konslet hingga masalah lain bisa terjadi. Untuk itulah sebelum mulai pasang

thumbnail

Jenis-Jenis Bearing Pada Mobil dan Fungsinya Terlengkap

2022-10-17

Di pasaran terdapat beragam macam bearing. Lantas apa saja jenis-jenis bearing mobil yang wajib diketahui? Berikut akan diulas secara lengkap jenis bearing beserta f