Logo Daihatsu
Menu

Aki Mobil Berapa Ampere? Ini Cara Mengukurnya

Otomotif

2022-08-11

aki mobil berapa ampere

Sebenarnya untuk mengetahui aki mobil berapa ampere tidaklah sulit. Meski demikian, setiap aki mobil memiliki besaran ampere yang berbeda, ada yang 35 Ampere, 40 Ampere, 45 Ampere, sampai 60 Ampere.

Sehingga tidak sedikit orang yang merasa kebingungan dengan besaran ampere aki mobil yang dimilikinya.

Apalagi jika pihak produsen tidak mencantumkan nilai ampere aki mobil yang di produksi. Agar Anda tidak bingung, berikut cara mengukur ampere aki mobil.

Pentingnya Mengetahui Besaran Ampere Aki Mobil

Aki mobil merupakan komponen yang tidak bisa dianggap sepele dan harus diperhatikan oleh pengguna mobil. Maka dari itu Anda harus rajin merawat aki mobil agar awet.

Aki memiliki fungsi sebagai penyimpan dan penyalur energi listrik yang akan dialirkan ke sistem kelistrikan mobil seperti sistem lampu, pengapian, bahkan sistem starter.

Sehingga ketika hendak membeli dan mengganti aki mobil, Anda harus mengetahui berapa volt dan ampere yang akan dipilih. 

Lantas berapa nilai ampere yang tepat? Sebelum membahas terlalu jauh, sebaiknya Anda harus terlebih dahulu mengetahui beban listrik mobil Anda.

Pada dasarnya tidak semua mobil memiliki beban yang sama, sehingga perlu memperhatikan dayanya.

Apabila mobil memiliki beban listrik yang besar, sebaiknya tidak menggunakan aki yang berdaya kecil karena akan membuat daya aki cepat habis, dan sebaliknya apabila daya aki terlalu besar maka sistem kelistrikan mobil tidak dapat bekerja secara optimal. 

Baca Juga : Tanda-tanda Air Aki Mobil Bocor

Cara Mengukur Berapa Ampere Aki Mobil 

Ada beberapa cara mudah untuk mengukur ampere pada aki mobil, berikut caranya. 

1. Cek Bodi Aki 

Semua produsen aki pasti memberikan informasi berapa ukuran ampere serta daya listrik yang tertera pada bodi aki.

Informasi tersebut bisa Anda temui dengan cara melihat tegangan aki, biasanya informasi ukuran ampere sejajar dengan tegangan aki.

Contoh, apabila Anda menemukan tulisan 12 Volt, lantas aki 12 Volt berapa ampere? maka ampere aki ada di sebelahnya dan di tandai dengan satuan Ah, misal 65 Ah atau 65 Ampere.

2. Cek Kode Aki

Apabila Anda tidak menemukan berapa ampere aki di bagian bodi aki, maka Anda bisa mengecek bagian tutup atas aki biasanya terdapat kode dan merk pabrikan aki.

Untuk aki yang beredar di Indonesia biasanya memiliki kode JIS yang artinya standar pabrikan negara Jepang dan ETN yaitu standar buatan negara Eropa. Untuk kode JIS sendiri dibagi menjadi dua yaitu lama dan baru. 

Baca Juga : Tips Menghemat Aki Meskipun Modifikasi Audio Mobil

Cara Membaca Kode Aki JIS Versi Lama

Aki memiliki kode JIS misal NZ35LS berarti NZ memiliki arti aki tersebut merupakan jenis aki yang lebih kecil dengan pengurangan daya sekitar 20%, sedangkan 35 menandakan daya utama yang dimiliki aki.

Kode Z memiliki arti tambahan kapasitas aki mencapai 10 persen setelah dikurangi 20 persen dari tipe NS, L memiliki arti left (kutub negatif atau kepala aki berada di sebelah kiri), dan S memiliki arti bahwa aki tersebut memiliki terminal yang besar untuk ukuran NS. 

Cara Membaca Kode Aki JIS Versi Baru

Contoh, mobil Daihatsu Grand Max tahun 2007 memiliki kode 34B19R, maka memiliki arti untuk angka 35 artinya bahwa aki memiliki kapasitas aktual sebesar 35 Ah.

B memiliki arti bahwa aki berpengaruh pada tinggi dan lebar aki, 19 artinya bahwa panjang aki memiliki ukuran 19 cm, R memiliki arti posisi kepala aki berada di sebelah kanan. 

Meskipun sama-sama merupakan standar buatan Jepang, ternyata setiap mobil memiliki kebutuhan ampere aki yang berbeda-beda.

Misal Mobil Daihatsu Grand Max, Sirion, Terios, Xenia memiliki kapasitas ampere sebesar 33 Ah sedangkan mobil Yaris memiliki kapasitas ampere sebesar 45 Ah.

Cara Membaca Kode ETN

Kode aki ETN 55520, artinya memiliki arti aki tersebut memiliki kapasitas 055 Ah atau 55 Ah.

Berikut aturan bacanya, jika kode aki memiliki angka pertama 5, maka artinya 0, jika angka pertama aki 6, maka artinya 1, dan jika angka pertama aki 7, maka artinya 2, sedangkan untuk digit kedua dari kode aki tetap ditulis sama. 

3. Cek Dengan Ampere Meter

Anda bisa juga menggunakan ampere meter untuk bisa mengecek kapasitas ampere yang dihasilkan oleh aki mobil Anda.

Nah, setelah Anda membaca artikel cara mengetahui besaran dan kapasitas ampere aki mobil dan cara mengukurnya, semoga kedepannya Anda bisa lebih cerdik dalam memilihnya.

Kesimpulan dari pertanyaan besaran aki mobil berapa ampere yaitu mempunyai kapasitas ampere yang berbeda-beda. Seperti yang sudah kami sebutkan diatas ada yang mempunyai kapasitas aki mobil 35 Ampere, 40 Ampere, 45 Ampere, hingga 60 Ampere.

Jika penasaran, Anda juga bisa menanyakan langsung kepada teknisi bengkel atau dealer Daihatsu terdekat dan tanyakan berapa ampere aki mobil Anda ketika Anda hendak mengganti aki.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil

2022-08-11

Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapa

thumbnail

Cara Memilih Ban dengan Benar

2022-08-11

Sahabat, mobil kamu tidak mungkin bisa berjalan tanpa ban. Ban adalah salah satu faktor penting yang bisa membawa kamu naik mobil ke mana-mana, lho. Makanya, kalau ban m

thumbnail

Tips Mengendarai Mobil Saat Banjir

2022-08-11

Melewati jalanan yang banjir saat berkendara adalah hal yang gampang-gampang susah. Perlu langkah tersendiri supaya kita bisa melewati jalanan yang banjir, namun tidak bikin mobil kita terjadi masa

thumbnail

Cara Menggunakan Kalkulator Pajak Kendaraan Bermotor

2022-08-11

Kalkulator pajak kendaraan bermotor adalah sebuah sistem kalkulator berbasis online untuk mengetahui besaran pajak kendaraan yang harus dilunasi wajib pajak. Sistem ini merupakan layanan dari Siste