Logo Daihatsu
Menu

Apa Itu Immobilizer? Inilah Fungsi dan Cara Kerjanya

Otomotif

2023-02-06

Apa Itu Immobilizer? Inilah Fungsi dan Cara Kerjanya

Anda pasti pernah mendengar istilah immobilizer mobil? Meski sudah tidak asing, namun beberapa orang masih belum mengetahui istilah tersebut. Immobilizer adalah fitur keamanan yang disematkan oleh beberapa pabrikan mobil pada mobil-mobil modern dan keluaran terbaru. Fitur tersebut memiliki fungsi dan cara kerja tersendiri yang terbilang cukup krusial. Agar Anda tidak penasaran, yuk perhatikan ulasan di bawah ini.

Apa Itu Immobilizer Mobil?

Seperti dijelaskan sebelumnya, immobilizer mobil adalah sebuah fitur keamanan yang disematkan produsen mobil pada mobil modern. Fitur tersebut berupa pengembangan sistem teknologi canggih yang diletakkan pada microchip. Kemudian microchip tersebut dimasukkan ke dalam kunci mobil.

Pada microchip tersebut terdapat kode unik dan berbeda-beda, sehingga setiap mobil memiliki kunci yang berbeda. Dengan begitu, mobil tidak bisa dinyalakan ketika kunci mobil yang digunakan tidak memiliki kode yang sama dengan mobil.

Baca Juga : 7 Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Anda Tahu

Fungsi Immobilizer Mobil

Fitur immobilizer sendiri, memiliki beberapa fungsi seperti berikut.

1. Keamanan mobil menjadi lebih terjamin

Fungsi utama dari immobilizer sendiri untuk meningkatkan keamanan mobil. Seperti diketahui, saat ini tingkat pencurian mobil dan barang-barang di dalam mobil cukup tinggi.

Dengan adanya immobilizer, risiko kemalingan bisa ditekan. Kode yang berbeda-beda pada setiap immobilizer mobil membuat mobil sulit dinyalakan apabila kunci mobil yang digunakan memiliki kunci yang berbeda. Tidak seperti mobil zaman dahulu yang sangat mudah sekali, untuk dicuri. 

2. Mengurangi rasa khawatir ketika meninggalkan mobil agak lama

Immobilizer juga dapat mengurangi rasa kekhawatiran pengemudi ketika meninggalkan mobil dalam kurun waktu yang agak lama. Anda tidak perlu khawatir, mobil Anda akan kemalingan. Karena sistem keamanan yang terdapat di immobilizer berfungsi secara otomatis.

Baca Juga : Apa itu Keyless Mobil? Inilah Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya

Cara Kerja Immobilizer Mobil

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara kerja immobilizer mobil. Anda perlu mengetahui komponen-komponen di dalamnya. Berikut komponen selengkapnya.

1. Komponen transmitter

Fungsi dari komponen ini sebagai pengirim frekuensi gelombang radio ke control module.

2. Komponen transponder

Komponen ini berfungsi sebagai penerima sinyal frekuensi gelombang radio dari control module. Selanjutnya, transponder akan mengidentifikasi sinyal tersebut.

3. Komponen theft deterrent system

Komponen ini berfungsi sebagai pengolah sinyal yang sudah diidentifikasi oleh transponder. Selain itu, komponen ini juga berfungsi menyalakan dan mematikan bagian relay fuel pump dan sistem pengapian.

Setelah Anda memahami komponen immobilizer di atas, selanjutnya Anda bisa memperhatikan cara kerja immobilizer seperti berikut.

Ketika Anda memasukkan kunci mobil ke dalam lubang kunci. Maka secara otomatis, bagian transmitter akan mengirimkan gelombang radio.

Gelombang tersebut memiliki frekuensi khusus yang nantinya akan diteruskan pada bagian theft deterrent system. Di dalam theft deterrent system sendiri terdapat komponen transponder. Gelombang radio yang dikirimkan oleh transmitter tersebut akan diterima dan diidentifikasi oleh transponder.

Apabila frekuensi gelombang radio yang dikirimkan oleh transmitter sesuai dengan identifikasi transponder. Maka data yang sudah di identifikasi tersebut diteruskan ke bagian engine control module. Selanjutnya, komponen theft deterrent system akan mengaktifkan rangkaian yang terdapat pada sistem pengapian. Dengan begitu, relay fuel pump dapat menyala dan menghidupkan mesin mobil. 

Namun, apabila frekuensi yang dikirimkan dinilai mencurigakan, maka secara otomatis bagian engine control module tidak dapat meneruskan perintah. Akibatnya, mesin mobil tidak bisa menyala karena relay fuel pump juga tidak dapat dinyalakan.

Dengan membaca ulasan di atas, sekarang Anda sudah paham bukan mengenai apa itu immobilizer mobil beserta fungsi dan cara kerjanya? 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Kopling Mobil, Cara Kerja hingga Perawatannya

2020-12-03

Kopling mobil adalah salah satu bagian penting dalam mobil. Apalagi, jika mobil Sahabat memakai transmisi manual. Fungsi kopling sendiri adalah untuk menghubungkan antara poros engkol dengan gigi t

thumbnail

Mengenal Mobil Ambulance, Mulai dari Definisi hingga Mobil yang Cocok Dijadikan Ambulance

2021-01-18

Mobil ambulance memegang peranan penting dalam kehidupan kita. Tanpanya, kita tak akan bisa membawa seseorang yang dalam keadaan kritis ke rumah sakit. Ambulance sendiri

thumbnail

4 Penyebab Mesin Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

2021-01-12

Kendaraan bermotor dengan sistem matic jadi salah satu pilihan praktis, sehingga digemari oleh banyak orang. Pemiliknya yang cukup melimpah ini ternyata sering kali meng

thumbnail

Cara Mudah Memperbaiki Aki Basah yang Rusak, 100% Berhasil!

2022-10-21

Pernahkah aki basah di mobil Sahabat rusak? sebetulnya Sahabat tidak perlu datang ke bengkel. Kami akan membagikan cara memperbaiki aki basah. Dengan cara yang mudah da