Logo Daihatsu
Menu

Ban Mobil Semi Slick untuk Harian: Kelebihan dan Cara Perawatannya

Otomotif

2023-09-29

Ban Mobil Semi Slick untuk Harian: Kelebihan dan Cara Perawatannya

Ban mobil semi slick untuk harian apakah bisa? Pertanyaan yang satu ini kerap kali ditanyakan para pecinta mobil di forum diskusi otomotif. Seperti diketahui, ban mobil semi slick ini sering digunakan untuk ajang balap, karena sangat nyaman digunakan untuk kebut-kebutan. Lantas apakah ban jenis tersebut dapat digunakan untuk harian? Yuk, ketahui jawaban selengkapnya dengan memperhatikan penjelasan berikut ini.

Apa Itu Ban Semi Slick? 

Ban semi slick merupakan jenis ban yang dirancang khusus untuk keperluan balapan. Profil dinding dari ban semi slick terbilang lebih tipis dibandingkan dengan profil dinding ban standar. Profil dinding ban semi slick memiliki profil rata-rata sebesar 50 dan lebar telapak kurang lebih di antara 195 hingga 215. 

Kelebihan Ban Mobil Semi Slick untuk Keperluan Harian

Ada beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui ketika menggunakan ban mobil semi slick untuk keperluan harian. Berikut kelebihan selengkapnya.

1. Membuat penampilan mobil lebih menarik

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh ban mobil semi slick ketika digunakan untuk keperluan harian, yakni membuat penampilan mobil jauh lebih menarik. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Sebab, pada ban mobil semi slick, bagian tapak dan kompon memiliki desain sporty. Selain itu, merek ban yang tertulis pada tyre bomb membuat penampilan mobil semakin garang dan keren. 

2. Meningkatkan kenyamanan ketika bermanuver

Kelebihan selanjutnya, bisa dilihat ketika mobil bermanuver. Ban semi slick akan meningkatkan kenyamanan ketika bermanuver. Hal tersebut terjadi, karena ban ini memiliki kompon yang lebih empuk dibandingkan ban tipe standar. Selain itu, ban semi slick juga memiliki komposisi UHP (Ultra High Performance). Komposisi inilah yang menyebabkan ban semi slick sering digunakan untuk keperluan kebut-kebutan atau balap mobil. Sebab komposisi tersebut membuat daya cengkeram atau grup lebih kuat dibandingkan jenis ban tipe standar. 

3. Handal di segala medan

Komposisi UHP yang tersemat pada ban semi slick, serta desain alur ban yang lebih sedikit dibandingkan ban standar, membuat ban ini menempel lebih baik di atas aspal. Dengan begitu, daya cengkeram permukaan ban dengan aspal lebih kuat sehingga kondisi jalanan yang rusak, hingga medan yang curam dan terjal dapat diatasi dengan baik.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Merek Ban Mobil Terbaik di Indonesia

Cara Merawat Ban Mobil Semi Slick yang Baik dan Benar

Jika Anda menggunakan ban mobil semi slick untuk keperluan harian, tentunya Anda perlu melakukan perawatan yang lebih ekstra. Adapun cara perawatan yang baik dan benar sebagai berikut.

1. Rutin mengecek kondisi ban

Agar ban mobil semi slick awet saat digunakan harian, Anda perlu mengecek kondisi ban tersebut secara rutin. Anda bisa cek usia ban, dengan memperhatikan kode di samping DOT seperti berikut 0321. Dua angka pertama tersebut menunjukkan bahwa ban dibuat di minggu ketiga. Sedangkan dua angka terakhir tersebut, menunjukkan tahun produksi ban, yakni tahun 2021.

Dengan begitu, Anda bisa memprediksi kapan Anda harus ganti ban. Seperti diketahui usia keausan ban semi slick lebih cepat dibandingkan ban standar. Bila ban standar memiliki tingkat keausan 260, ban semi slick memiliki tingkat keausan 160. Berarti Anda harus melakukan penggantian ban semi slick ketika jarak tempuh mobil antar di 2.000 km atau 1,5 tahun dari penggunaan ban. 

Dengan rutin mengecek ban, Anda juga bisa mengetahui kondisi tekanan angin dalam ban. Pastikan Anda mengisi tekanan angin tersebut kurang lebih dua minggu sekali. 

2. Gunakan velg yang sesuai dengan ukuran ban

Cara selanjutnya, pastikan ukuran velg mobil Anda sesuai dengan ukuran ban semi slick yang Anda gunakan.

3. Hindari mobil mengangkut beban yang sangat berat

Cara selanjutnya, hindari mobil mengangkut beban yang sangat berat agar keausan ban tidak semakin cepat.

Demikian cara merawat ban mobil semi slick yang baik dan benar. Jangan lupa lakukan perawatan mobil secara keseluruhan di bengkel Daihatsu agar performa mobil semakin maksimal. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Busi Mobil, Jenis dan Cara Kerjanya, Yuk Ketahui!

2023-01-06

Fungsi busi mobil bisa dibilang krusial, karena apabila komponen ini bermasalah maka mobil akan sulit dihidupkan. Lantas apa saja fungsi dari komponen ini selengkapn

thumbnail

Tak Hanya Makin Jos, Ini Manfaat Tune Up Mobil Secara Rutin

2021-01-11

Setiap kendaraan yang digunakan dalam waktu lama, tentu akan mengalami penurunan performa dan kinerja kendaraan itu sendiri. Oleh karena itu, setiap kendaraan memerlukan

thumbnail

Info Lengkap Pemutihan Pajak Kendaraan Bekasi 2023, Cek Jadwalnya!

2023-10-07

Warga Bekasi perlu berbahagia atas diperpanjangnya Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bekasi 2023. Ternyata program ini tidak berakhir di penghujung bulan Agustus. La

thumbnail

Seperti Inilah Cara Mengurus Impor Mobil Bekas ke Indonesia

2020-11-26

Impor mobil bekas ke Indonesia bisa menjadi pilihan Sahabat yang ingin punya mobil. Utamanya, mobil yang belum atau sudah tidak ada di Indonesia. Prosedur pengurusan impor mobil bekas ke Indonesia