Logo Daihatsu
Menu

Berapa Standar Ketebalan Disc Brake Mobil? Ini Jawabannya!

Otomotif

2023-03-14

Berapa Standar Ketebalan Disc Brake Mobil? Ini Jawabannya!

Salah satu hal yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik kendaraan adalah tentang standar ketebalan disc brake mobil atau cakram rem. Pengetahuan ini sangat penting guna memastikan kendaraan masih aman digunakan. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan berikut.

Standar Ketebalan Disc Brake Pada Mobil

Dikutip dari beberapa sumber yang ada, memang terdapat standar ukuran ketebalan dari disc brake yang perlu diperhatikan. Apabila ketebalannya sudah kurang dari standar, maka Anda harus segera mengganti dengan yang baru agar tidak terjadi kerusakan.

Lalu, berapa standar ketebalan tersebut? Untuk disc brake mobil standar disc brake kanan adalah 11,05 mm. Sementara itu, standar disc brake kiri adalah 11,04 mm. Jadi, pastikan Anda memperhatikan standar tersebut terutama sebelum berkendara jauh.

Cara Mengecek Ketebalan Disc Brake Mobil

Setelah mengetahui standar di atas, maka Anda harus sering-sering melakukan pengecekan secara rutin. Berikut ini akan diberikan beberapa cara yang bisa dilakukan. Jika memang kondisinya masih baik, maka Anda tidak perlu menggantinya terlebih dahulu.

1. Ukur ketebalan disc brake

Di saat-saat tertentu, mungkin Anda tidak menyadari kalau kampas rem pada mobil sudah aus atau tidak layak dipakai. Hal tersebut nantinya dapat membuat fungsi rem tidak akan maksimal dalam memperlambat laju mobil. Jadi, penting untuk melakukan pengecekan ketebalan ini.

Anda bisa menggunakan alat ukur untuk membantu mendapatkan ukuran yang tepat. Setelah itu, perhatikan apakah masih sesuai dengan standar seperti pada bagian sebelumnya. Jika tidak, maka kampas rem harus segera diganti.

2. Terdapat bunyi berdecit ketika mengerem

Selain dengan mengukur, masih ada cara lain yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa standar ketebalan disc brake mobil, salah satunya adalah mengecek apakah terdapat bunyi berdecit saat mengerem. Suara tersebut biasanya muncul karena adanya tekanan masuk ke piringan.

Ketika disc brake sudah mulai menipis, maka akan terjadi gesekan antara dua logam dan menghasilkan suara berdecit. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena ketika itu terjadi tidak akan ada gesekan antara rem dengan piringan, melainkan brake wear indicator yang menunjukkan bunyi.

Baca Juga : Rem Mobil Bunyi Berdecit? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

3. Melihat ketinggian minyak rem

Cara berikutnya yang juga bisa Anda gunakan adalah dengan melihat ketinggian dari minyak rem. Minyak rem mempunyai fungsi menghantarkan tekanan dari pedal ke bagian kaliper rem.

Pada dasarnya, sifat minyak rem ini adalah fluida atau benda cair yang akan menyesuaikan dengan tempatnya. Anda bisa melihat di bagian reservoir akan terlihat volume minyak rem pada mobil. Sebagai contoh, ketika terlihat di bawah normal, maka bisa dikatakan kampas rem sudah mulai menipis.

Hal tersebut dikarenakan saat ketebalan disc brake berkurang, ketebalan yang diapit piston di bagian kaliper juga menurun. Fenomena ini terjadi karena piston akan selalu menekan kampas ke pinggiran.

4. Melepas kampas rem mobil

Cara terakhir ini mungkin membutuhkan sedikit keterampilan, namun hasilnya juga bisa memuaskan, yakni dengan melepasnya. Untuk melepaskan disc brake, anda perlu melepas roda bagian depan terlebih dahulu.

Setelah itu, lepaskan baut untuk mengambil disc brake dari sistem rem. Ketika baut tersebut terlepas, silakan angkat bagian kaliper dan ambil kampas dari piringan secara perlahan. Jika kampas masih tebal, maka Anda akan melihat dengan jelas garis pada tengah rem.

Demikian penjelasan tentang standar ketebalan disc brake mobil dan bagaimana cara mengeceknya. Semoga seluruh pembahasan di atas bisa bermanfaat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Ciri-Ciri Selenoid Mobil Matic Rusak & Solusinya

2022-12-15

Salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan adalah selenoid matic. Jangan sampai, Anda hanya menggunakannya dan tidak memperhatikan ciri ciri selenoid matic

thumbnail

Inilah Efek Samping Menggunakan BBM Oktan Tinggi Bagi Mobil Sahabat

2021-08-31

Punya kendaraan seperti mobil tak bisa sembarangan memilih BBM atau yang memiliki oktan tinggi saja. Pasalnya BBM memiliki tingkat oktan atau biasa disebut dengan Resear

thumbnail

Catalytic Converter Mobil: Fungsi dan Tanda Kerusakannya

2022-11-22

Catalytic Converter (CC) adalah suatu komponen yang digunakan untuk mengurangi emisi gas buang karbon yang asalnya dari mesin kendaraan. Komponen ini  sering di

thumbnail

Mengenal Sejarah, Spek, dan Keunggulan Daihatsu Charade Beserta Harganya

2021-03-15

Daihatsu merupakan salah satu pabrikan mobil asal Jepang yang bisa diandalkan. Selain harganya yang terjangkau, Daihatsu juga dikenal sebagai produsen mobil mungil sejak