Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Cek Pajak Kendaraan Kalsel Secara Online, Mudah!
17 Januari 2024
Cara Cek Pajak Kendaraan Kalsel Secara Online, Mudah!

Cek pajak kendaraan Kalsel saat ini sudah dapat dilakukan secara online. Apakah Anda warga Kalsel sudah mengetahui caranya? Jika belum, mari perhatikan beberapa cara berikut.

Cara Mengecek Pajak Kendaraan Kalsel Secara Online

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika hendak melakukan pengecekan pajak kendaraan Kalsel secara online. Berikut cara selengkapnya. 

1. Cek via situs e-Samsat.id

Cara pertama, Anda bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan Kalsel melalui situs e-Samsat.id. Berikut cara selengkapnya. 

  • Buka browser pada smartphone atau laptop Anda, kemudian kunjungi situs https://e-samsat.id
  • Isi semua informasi data yang diminta sesuai dengan formulir halaman situs. Mulai dari kolom pelat nomor kendaraan, nomor seri kendaraan, lima digit terakhir nomor rangka kendaraan, hingga pilih Provinsi. Pilih Provinsi “Kalimantan Selatan” untuk kendaraan yang terdaftar di Kalsel.
  • Jika sudah terisi semua dengan benar, klik tombol “Cek Sekarang”, maka halaman situs akan menampilkan mengenai informasi besaran pajak beserta identitas lengkap kendaraan yang di cek.

2. Cek via situs resmi Bakeuda Kalsel

Cara kedua, Anda bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan Kalsel, melalui situs resmi Badan Keuangan Daerah Kalimantan Selatan (Bakeuda Kalsel). Berikut cara ceknya.

  • Buka browser pada smartphone atau laptop Anda, kemudian kunjungi situs https://bakeudakalsel.com
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman situs. Pada halaman tersebut terdapat kolom wilayah. Pilih sesuai wilayah kendaraan Anda terdaftar. Contoh: pilih wilayah Batulicin.
  • Kemudian isi kolom masukan nopol dengan nomor kendaraan Anda. Contoh: DA 1111 ZAQ. 
  • Jika sudah, klik tombol “Cek”, maka secara otomatis akan muncul informasi mengenai besaran total pajak dan status pajak sudah bayar atau belum. 

3. Cek via aplikasi Bakeuda Kalsel

Selain lewat situs, Bakeuda Kalsel juga menyediakan aplikasi yang memudahkan warga Kalsel dalam melakukan pajak kendaraan. Adapun caranya sebagai berikut.

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi resmi Bakeuda Kalsel “Pajak Banua” di smartphone Anda. 
  • Kemudian instalasi aplikasi tersebut. Pada aplikasi ini Anda tidak perlu repot-repot untuk registrasi akun, karena tidak perlu di registrasi. 
  • Halaman aplikasi akan menampilkan menu dashboard yang berisikan info pajak, antrian online, portal berita, MAP UPPD, dan Pendapatan PKB. Pilih “Info Pajak”.
  • Masukkan nomor polisi pada kolom info pajak. Kemudian klik tombol “Cek Pajak”.
  • Maka halaman aplikasi akan menampilkan data kendaraan secara lengkap beserta data pajak.

4. Cek via aplikasi SIM Digital Nasional (SIGNAL)

Selain aplikasi Pajak Banua, Anda juga bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan Kalsel melalui aplikasi SIM Digital Nasional atau SIGNAL. Adapun caranya sebagai berikut.

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi SIGNAL (SIM Digital Nasional) di smartphone Anda.
  • Kemudian lakukan instalasi aplikasi tersebut.
  • Jika Anda belum pernah mendaftar dan memiliki akun aplikasi SIGNAL, maka Anda perlu melakukan registrasi. Caranya Anda tinggal masukkan data diri sesuai KTP, nomor telepon aktif, email aktif, sandi email, serta swafoto.
  • Jika sudah, Anda tinggal buka aplikasi SIGNAL tersebut.
  • Pilih menu “ Tambah Daftar Menu Kendaraan”, kemudian pilih opsi “Kendaraan Atas Nama Sendiri”. 
  • Kemudian isikan nomor plat kendaraan Anda beserta lima digit terakhir nomor rangka, ke dalam kolom yang sudah disediakan.
  • Jika sudah terisi semuanya, maka halaman aplikasi akan menampilkan besaran pajak kendaraan lengkap dengan identitas kendaraan Anda.

Demikian keempat cara yang bisa Anda contoh ketika hendak melakukan pengecekan pajak kendaraan Kalsel. Sangat mudah sekali bukan? Jangan lupa cek juga kondisi mobil Anda sebelum melakukan perjalanan agar keamanan dan kenyamanan berkendara selalu terjaga. Jika mobil bermasalah, segera kunjungi bengkel Daihatsu terdekat untuk mendapatkan pelayanan yang prima. 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku