Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Cek Pajak Mobil Jawa Barat Secara Online dengan Mudah
29 Agustus 2023
Cara Cek Pajak Mobil Jawa Barat Secara Online dengan Mudah

Masyarakat Jawa Barat saat ini perlu berbahagia, karena cek pajak mobil Jawa Barat bisa dilakukan secara online. Selain itu, cara pengecekannya terbilang cukup mudah sehingga tidak ada alasan lagi untuk telat bayar pajak. Jika Anda hendak membayar pajak mobil, Anda perlu memperhatikan cara cek pajak mobil berikut ini.

Cara Mudah Cek Pajak Mobil Jawa Barat Secara Online 

Ada beberapa cara mudah mengecek pajak mobil Jawa Barat secara online yang perlu Anda ketahui. Berikut cara selengkapnya.

1. Cek melalui SMS

Cara pertama mengecek pajak mobil Jawa Barat secara online, bisa Anda lakukan melalui SMS. Berikut cara mengecek selengkapnya. 

  • Pertama-tama, buka layanan SMS pada ponsel Anda. 
  • Setelah layanan pengiriman pesan SMS terbuka, Anda bisa mengetik format seperti berikut. Ketik info(spasi)nomor plat mobil(spasii)warna plat kendaraan. Contoh: Info B/3770/IN
  • Setelah format SMS sesuai, Anda bisa mengirimkan pesan tersebut ke nomor 0811-2119-211. Tunggu hingga Anda mendapatkan balasan SMS mengenai kode pembayaran pajak, informasi mengenai mobil Anda, hingga besaran pajak yang harus Anda bayarkan.

2. Cek melalui situs e-Samsat

Cara kedua, Anda bisa mengecek pajak mobil di Jawa Barat secara online melalui situs resmi e-Samsat. Berikut cara mengecek selengkapnya.

  • Pertama, buka halaman pencarian di ponsel Anda, kemudian kunjungi situs https://e-samsat.id.
  • Setelah halaman utama situs tersebut terbuka, Anda isi data sesuai dengan data formulir yang diminta. Mulai dari informasi lengkap mobil Anda, seperti nomor plat, nomor seri, hingga nomor rangka mobil. Jangan lupa isi Provinsi sesuai dengan domisili mobil yang Anda beli.
  • Setelah formulir terisi lengkap, Anda klik tombol “Cek Sekarang”. Secara otomatis halaman situs akan menampilkan mengenai besaran pajak mobil yang harus dibayarkan, beserta informasi lengkap mengenai mobil Anda. 

Selain melalui situ, cara pengecekan online juga bisa Anda lakukan melalui aplikasi e-Samsat yang bisa Anda unduh di platform pengunduhan. 

Baca Juga : Info Pemutihan Pajak Kendaraan Jawa Barat 2023, Syarat & Prosedurnya

3. Cek melalui situs Sambara

Cara ketiga, Anda bisa melakukan pengecekan pajak mobil Jawa Barat melalui situs Sambara. Untuk selengkapnya, perhatikan langkah-langkah berikut.

  • Kunjungi situs https://sambara.pusli.jabarprov.go.id/sambara_v2/
  • Kemudian masukkan plat nomor mobil Anda sesuai dengan kolom dan format yang disediakan. Contoh: D 1114 N.
  • Kemudian pilih warna TNKB mobil atau warna plat nomor mobil Anda (Hitam, Putih, Kuning, atau Merah)
  • Kemudian isi kolom captcha sesuai dengan kode yang diminta. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu informasi mengenai identitas mobil secara lengkap, hingga besaran tagihan pajak mobil yang harus Anda bayarkan.

Selain melalui situs, pengecekan pajak mobil Jawa Barat juga bisa Anda lakukan melalui aplikasi Sambara. Caranya, Anda tinggal mengunduh aplikasi Sambara, kemudian install aplikasi tersebut. Cara mengeceknya, hampir sama dengan cara pengecekan melalui situs Sambara. 

4. Cek melalui situs resmi Bapenda Jabar

Cara terakhir, Anda bisa melakukan pengecekan pajak mobil Jawa Barat melalui situs resmi Bapenda Jabar. Berikut cara mengecek selengkapnya. 

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan, buka ponsel Anda, lalu kunjungi situs https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/
  • Kemudian masukkan plat nomor mobil Anda, sesuai dengan kolom dan format yang telah tersedia. Contoh: D 1114 N.
  • Kemudian pilih warna TNKB mobil atau warna plat nomor mobil Anda (Hitam, Putih, Kuning, atau Merah).
  • Kemudian isi kolom captcha sesuai dengan kode yang diminta. 
  • Kemudian, klik tombol “Cari” dan tunggu sebentar hingga halaman situs menampilkan informasi lengkap mengenai identitas mobil Anda beserta tagihan pajak mobil yang harus Anda bayarkan.

Demikian cara mengecek pajak mobil Jawa Barat secara online yang bisa Anda contoh. Bagaimana, sangat mudah dan sederhana, bukan? 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor