Logo Daihatsu
Menu

Cara Memutar Setir Mobil yang Benar Saat Belok

Otomotif

2022-07-25

cara memutar setir mobil yang benar

Pada dasarnya setiap pengemudi mempunyai gaya berkendara di jalan raya yang berbeda-beda. Lantas, bagaimana cara memutar setir mobil yang benar saat belok?

Ketika memutar setir mobil. Ada pengendara yang memutar setir mobil dengan menggunakan satu tangan, kedua tangan, bahkan hingga menyilang. 

Tetapi, sebenarnya bagaimana cara membelokan stir mobil yang benar? Untuk itu, simak panduannya dibawah ini!

Baca Juga : Cara Meringankan Setir Mobil Manual

Cara Memutar Setir Mobil yang Benar

Berikut rumus putaran setir mobil yang tepat saat belok atau mundur, yaitu:

Tarik dan Dorong (Pull & Push)

Ketika akan memutar setir mobil, pastikan cara memegang setir mobil sudah benar. Posisikan tangan Anda dengan memegang setir di arah jarum jam 3 serta 9.

Kemudian posisi jempol tidak harus mencengkram lingkaran. Jempol bisa cedera bila mengenai tuas setir yang ada di bagian tengah, bila terjadi kecelakaan. 

Bukan hanya itu, bila jempol ada di bagian dalam seperti mencengkram setir, tangan bisa patah ketika airbag mengalami ledakan. Kemudian, ketika ingin berbelok, posisikan tangan di arah belok jam 12.

Bila ingin berbelok kanan, tangan kanan ada di posisi tersebut, kemudian gerakkan tangan seperti menarik, dan sesuaikan sudut putar serta tenaga dengan arah beloknya mobil. Sembari menyesuaikan sudut putar, tangan yang satu membantu dengan menaruh di posisi jam 6 dan membantu mendorong. 

Karena adanya tarikan dan dorongan inilah, posisi ini disebut sebagai tarik dan dorong. Posisi ini biasanya digunakan ketika manuver ringan, contohnya seperti berbelok di perempatan jalan.

Baca Juga : Efek Negatif Modifikasi Ganti Setir Mobil

Hand Over Hand

Cara memutar mobil lainnya yaitu dengan teknik hand over hand. Teknik ini lebih cocok bagi Anda yang ingin melakukan manuver serta membutuhkan radius putar yang luas.

Misalnya jika Anda ingin memutar setir mobil sampai mentok, atau pada saat balik arah di U turn maupun parkir seri. 

Contohnya, ketika ingin berbalik arah, Anda dapat memposisikan tangan kanan di arah jam 10, kemudian tangan kiri di arah jam 4 bersama-sama. Kemudian, putar bersama-sama dua tangan ke belokan mobil. 

Dengan jangkauan tangan yang luas, Anda dapat memutar mesin dan memperoleh sudut belok lebih besar. Lantas berapa kali putaran setir mobil yang perlu dilakukan? Terkadang, dengan sekali putar, mobil sudah memperoleh sudut belok yang diinginkan. 

Anda hanya perlu menahan setir agar setir tidak berbalik sebelum waktunya. Jika belum cukup, Anda dapat mengembalikan tangan di arah awal. Tetapi, jangan sekaligus karena ada salah satu tangan yang bertugas menahan setir. 

Ambil contoh ketika balik arah ke sebelah kanan. Pindahkan tangan ke kiri dan kembali ke posisi 9 agar bisa menahan kemudi. Berikutnya, Anda bisa memindahkan tangan kanan di posisi jam 10. 

Sejenak, tangan sebelah kanan dapat menahan kemudi agar bisa berjalan di sudut yang diingini. Pindahkan segera tangan sebelah kiri di posisi pukul 4. Lakukan gerakan memutar dari awal. 

Hindari Menempelkan Tangan di Setir

Pahami dulu bagaimana cara pegang setir mobil yang benar. Usahakan hindari menggerakkan setir seperti orang sedang mencuci dan hanya menempelkan tangan ke arah setir.

Posisi seperti ini tidak memberikan Anda akses yang optimal di setir. Bahkan, ketika sedang dalam kondisi darurat, Anda bisa kebingungan sendiri. 

Selain mengetahui cara memutar setir mobil yang benar, pastikan Anda juga memperhatikan kondisi mobil, agar tetap prima serta tidak memiliki masalah di tengah jalan. Anda dapat melakukan service mobil Daihatsu di bengkel resmi Daihatsu. 

Ada berbagai macam promo menarik serta layanan bengkel resmi Daihatsu untuk Anda. Bila malas antre service, Anda dapat melakukan booking online terlebih dulu dan datang sesuai dengan jadwal. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Memperbaiki ISC Mobil yang Rusak

2020-10-31

ISC atau Idle Speed Control merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting dalam pengaturan putaran idling, namun sayangnya ISC justru rentan mengalami

thumbnail

Speedometer Mobil: Fungsi, Bagian, dan Cara Kerjanya

2022-10-20

Untuk mengetahui performa kecepatan suatu mobil, Anda perlu memahami apa itu speedometer mobil. Speedometer mobil adalah alat untuk mengukur laju kecepatan kendaraan

thumbnail

Mengapa AC Mobil Bisa Rusak Saat Terkena Cuaca Panas?

2022-05-06

Cuaca yang panas pastinya akan membuat suasana hati juga akan ikut panas. Apalagi jika Anda sedang mengendarai mobil dalam perjalanan yang jauh. Menyalakan AC mobil menj

thumbnail

Bahaya Kerusakan Mesin, Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Filter Oli Mobil

2020-11-22

Filter oli merupakan satu komponen yang tak kalah penting dari