Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengganti Kampas Rem Tromol Belakang Mobil, Yuk Cek!

Otomotif

2023-03-13

Cara Mengganti Kampas Rem Tromol Belakang Mobil, Yuk Cek!

Cara mengganti kampas rem tromol belakang mobil perlu Anda pelajari. Apalagi Anda pemilik mobil dengan keluaran tahun lama. Saat ini penggunaan rem tromol, hanya digunakan sebagai rem parkir saja pada mobil keluaran tahun terbaru.

Apabila kampas rem tromol yang sudah aus tidak segera diganti maka akan menyebabkan komponen lainnya rusak. Selain itu, keselamatan Anda juga terancam akibat tidak dapat mengurangi laju kecepatan mobil dengan baik. Daripada Anda penasaran, langsung saja perhatikan ulasan berikut ini.

Cara Mengganti Kampas Rem Tromol Belakang Mobil yang Benar

Untuk melakukan penggantian kampas rem tromol belakang mobil, Anda perlu memperhatikan beberapa langkah berikut ini. 

1. Lepas terlebih dahulu ban bagian belakang mobil

Sebelum Anda melakukan proses penggantian kampas rem tromol belakang, Anda perlu melepaskan bagian ban belakang mobil terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal menyiapkan kunci ring atau pas untuk mengendurkan mur roda. Kemudian, gunakan dongkrak untuk mengangkat bagian belakang mobil. Jangan lupa gunakan jack stand agar memudahkan proses pelepasan ban belakang mobil. 

2. Lepas bagian unit rem

Setelah ban sudah terlepas dengan baik, cara mengganti kampas rem tromol belakang mobil selanjutnya Anda bisa melepaskan bagian drum. Setelah terlepas, Anda dapat melihat beberapa komponen unit rem seperti pegas, silinder roda, hingga sepatu rem. Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan pembersihan pada komponen unit rem tersebut. 

Kemudian, gunakan tang untuk melepas bagian pegas penahan yang terdapat pada sepatu rem. Tarik pegas tersebut dengan perlahan hingga terlepas. Untuk memudahkan proses pelepasan, Anda bisa lepaskan pegas bagian atas. Langkah terakhir, Anda lepas bagian sepatu rem, agar kampas rem yang sudah aus dapat mudah di lepas.

3. Ganti dengan kampas rem baru

Ketika kampas rem yang aus sudah Anda lepas, Anda bisa langsung membersihkan bagian unit rem. Jangan lupa berikan pelumas di bagian tersebut. Selanjutnya, Anda pasang kembali sepatu rem, dan ganti kampas rem yang sudah aus dengan yang baru. Pastikan Anda menggunakan kampas yang original atau sesuai standar. 

Untuk mendapatkan kampas rem tromol yang berkualitas, Anda bisa membelinya di dealer Daihatsu terdekat. Jangan lupa pasang kembali komponen unit rem lainnya sesuai dengan susunan sebelum Anda melakukan pembongkaran. 

Baca Juga : Ternyata, Begini Cara Kerja Rem Tromol Mobil

4. Lakukan pengaturan rem

Setelah semua komponen unit rem terpasang dengan baik. Anda perlu mengatur daya fungsi rem. Gunakan obeng untuk mengatur rem, pastikan bagian sepatu sudah erat hingga obeng tidak dapat diputar lagi. Jika sudah selesai, jangan lupa tutup bagian unit rem tromol dengan cover unit rem.

5. Pasang kembali ban belakang mobil

Setelah pengaturan rem sudah sesuai, Anda bisa memasang kembali ban belakang mobil sesuai dengan posisi semula. Gunakan dongkrak untuk menurunkan mobil, lalu pasang kembali mur bagian roda sesuai posisi semula. Gunakan kunci ring atau pas agar mur terpasang dengan kuat. 

Demikian beberapa cara mengganti kampas rem tromol belakang mobil. Sekarang Anda bisa melakukan penggantian secara mandiri, bukan? Mengingat fungsi rem yang begitu penting, segera ganti kampas rem tromol Anda ketika rem terasa kurang pakem saat mobil di rem, ketika pedal rem terasa keras dan dalam ketika mengerem mobil, terdengar suara decit ketika menekan rem, hingga ketika jarak tempuh mobil Anda mencapai 40.000 km. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Mesin Cuci Mobil Yang Bagus dan Diincar Banyak Orang!

2021-06-30

Ingin mobil Anda terlihat bersih dan mengkilap? Anda bisa menggunakan mesin steam yang bagus untuk mempermudah cuci mobil. Berikut 5 merk mesin cuci mobil dengan harga t

thumbnail

Tips Menaruh Tutup Tangki saat Isi BBM Agar Tidak Kelupaan

2022-04-07

Setiap pabrikan mobil tentu memiliki desain tersendiri dalam menentukan letak tangki dan posisi tutup tangki BBM (bahan bakar minyak). Sayangnya, terkadang saat Anda mel

thumbnail

Bisakah Oli Transmisi Digunakan Sebagai Pengganti Oli Power Steering?

2020-12-23

Kendaraan kurang optimal karena seringnya pemakaian? Hal ini tentunya tidak bisa dihindari lagi, karena pelumas power steering dalam kendaraan sudah waktunya untuk digan

thumbnail

Alasan Mengapa Mobil Matic Modern Tak Perlu Kuras Oli Lagi

2022-06-30

Saat ini mobil sudah memiliki dua varian transmisi, yaitu transmisi otomatis dan manual. Untuk mobil dengan transmisi otomatis, biasanya dikenal dengan sebutan mobil mat