Logo Daihatsu
Menu

Cara Menonaktifkan Immobilizer Mobil dengan Mudah, Yuk Coba!

Otomotif

2023-10-06

Cara Menonaktifkan Immobilizer Mobil dengan Mudah, Yuk Coba!

Immobilizer mobil merupakan fitur modern dari pengembangan teknologi sistem keamanan mobil, khususnya pada bagian jendela dan pintu mobil. Dengan adanya fitur tersebut, alarm mobil akan berbunyi ketika ada tindakan pencurian mobil. Fitur tersebut, saat ini sudah digunakan di hampir semua mobil keluaran terbaru. 

Meski fitur tersebut sangat canggih dan penuh manfaat, tetap saja terkadang mengalami masalah teknis sehingga membuatnya tidak dapat menyala. Sedangkan biaya untuk memperbaiki immobilizer mobil cukup mahal dan dapat menguras isi dompet. Oleh karena itu, mengetahui cara menonaktifkan immobilizer mobil sangatlah perlu. Adapun caranya sebagai berikut.

Cara Menonaktifkan Immobilizer dengan Mudah

Immobilizer mobil yang bermasalah kerap kali membuat kinerja fitur ini kurang responsif sehingga mesin mobil sulit dinyalakan. Jika hal tersebut terjadi, Anda perlu menonaktifkan immobilizer mobil Anda. Adapun cara menonaktifkannya seperti berikut.

1. Memanfaatkan dashboard mobil

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ketika hendak menonaktifkan immobilizer mobil, Anda perlu meletakkan kunci mobil di bagian bawah dashboard. Hal ini perlu Anda lakukan agar sensor deteksi gelombang akan menerima sinyal untuk menonaktifkan immobilizer secara otomatis. Dengan begitu, Anda bisa menyalakan mesin mobil dengan mudah.

2. Membuka bagasi mobil

Cara kedua, Anda bisa membuka bagasi mobil untuk menonaktifkan immobilizer mobil. Ketika Anda membuka bagasi mobil dari dalam, maka sensor immobilizer mobil akan membaca perintah bahwa mobil dalam keadaan aman sehingga kinerja fitur ini akan berhenti secara otomatis.

3. Menggunakan kunci pintu mobil

Cara ketiga, Anda bisa menggunakan kunci pintu mobil untuk menonaktifkan immobilizer mobil. Caranya cukup mudah, Anda cukup memasukkan kunci fisik pada bagian lubang kunci yang tertera pada pintu kemudi. Putar kunci tersebut untuk membuka pintu mobil. Kemudian, jangan langsung melepas kunci, biarkan hingga 20 hingga 30 detik. 

Pada kondisi tersebut, sistem mobil akan mendeteksi bahwa penggunaan kunci mobil sudah tepat. Hal tersebut, membuat sistem alarm mobil dalam keadaan bypass. Selanjutnya, Anda tinggal melepas kunci pintu mobil tersebut, dan nyalakan mesin mobil Anda.

4. Nyalakan starter

Cara selanjutnya, Anda bisa menonaktifkan immobilizer mobil dengan menyalakan starter. Pertama-tama, Anda perlu memeriksa bagian anti-theft-light. Bagian ini merupakan lampu yang tertera pada bagian dashboard. Biasanya lampu ini mengeluarkan sinar warna merah atau biru. Langkah selanjutnya, Anda perlu memasukkan kunci pada bagian starter mobil. Putar kunci tersebut hingga posisi mobil menyala dan tunggu sekitar 10 hingga 15 menit. 

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa kembali bagian anti-theft-light pada dashboard. Apabila anti-theft-light sudah tidak berkedip, Anda bisa memutar kunci pada posisi off. Biarkan kurang lebih selama 1 hingga 2 menit. Pada kondisi ini, sistem akan meriset ulang sehingga immobilizer mobil akan nonaktif. Setelah itu, Anda baru bisa menyalakan mesin mobil Anda kembali.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika hendak menonaktifkan immobilizer pada mobil. Immobilizer yang kurang responsif biasanya disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: daya baterai immobilizer mobil sudah hampir habis, chip immobilizer rusak akibat terkena benturan, rolling code rusak, koneksi sistem starter bermasalah, dan interferensi frekuensi radio.

Apabila permasalahan tersebut terjadi pada immobilizer mobil Anda, maka Anda perlu melakukan penggantian immobilizer. Untuk biaya penggantian immobilizer mobil kurang lebih dikenakan biaya mulai dari Rp2 jutaan hingga Rp5 jutaan tergantung tingkat kerusakannya. Penggantian immobilizer mobil juga tidak bisa dilakukan sembarangan, beda masalah kerusakannya beda pula penanganannya. Sebaiknya Anda lakukan penggantian immobilizer di bengkel resmi seperti bengkel Daihatsu untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bahan Pembuat Knalpot Mobil dan Cara Merawatnya!

2020-12-04

Supaya dapat berjalan, mesin mobil harus melakukan pembakaran. Sisa pembakaran tersebut harus dikeluarkan melalui knalpot. Jadi, fungsi utama knalpot adalah sebagai salu

thumbnail

Suara Mesin Mobil Kasar Saat Di Gas? Ini Penyebab & Solusinya

2022-10-24

Ada berbagai macam hal yang menyebabkan suara mesin mobil kasar saat di gas. Umumnya, hal ini erat kaitannya dengan AC, oli, serta komponen mesin lain. Biasanya suar

thumbnail

Trik Mudah Merawat Dinamo Starter Mobil dan Motor

2020-12-04

Apabila Sahabat menggunakan mobil atau motor, untuk menghidupkannya agar mesin menyala, maka Sahabat harus menggunakan dinamo starter. Dimana bagian tersebut adalah komp

thumbnail

Penyebab Mosfet Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

2023-10-03

Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor (MOSFET) merupakan piranti semikonduktor yang berfungsi sebagai penguat sinyal serta switch pada suatu perangkat el