Logo Daihatsu
Menu

Cara Pasang Relay Klakson Mobil yang Benar dan Aman

Otomotif

2022-12-05

Cara Pasang Relay Klakson Mobil yang Benar dan Aman

Seperti diketahui klakson mobil berfungsi memberikan isyarat kepada pengguna jalan atau pengendara lain ketika hendak melaju lebih cepat, atau untuk memperingatkan adanya bahaya. Di dalam komponen klakson terdapat relay yang berfungsi menghubungkan antara baterai dengan arus listrik pada mobil. Relay pada mobil juga dapat digunakan sebagai solusi dari salah satu faktor yang menyebabkan klakson mati. Mengingat fungsi relay yang cukup penting, Anda harus mengetahui bagaimana cara pasang relay klakson tersebut. Berikut akan dijelaskan mengenai cara pasang relay klakson mobil yang benar dan aman.

Cara Memasang Relay Klakson Mobil

Sebelum pasang relay klakson pada mobil, Anda wajib menyiapkan beberapa peralatan seperti berikut.

  1. Socket relay
  2. Kabel berjenis serabut tebal dengan ketebalan diameter sekitar 5mm
  3. Fuse box
  4. Terminal konektor (usahakan sesuai dengan beban arus listrik pada mobil yang Anda gunakan)
  5. Ring terminal dengan ukuran 10mm

Baca Juga : Cara Pasang Relay Starter Mobil yang Tepat

Setelah Anda menyiapkan beberapa peralatan tersebut, sekarang saatnya Anda masuk ke proses pemasangan relay klakson. Berikut cara pasang relay klakson yang benar dan aman. 

1. Pemasangan relay pada sistem tegangan negatif

Ketika Anda hendak melakukan pemasangan relay dalam sistem tegangan negatif. Maka Anda harus memasang kaki relay (nomor 30) pada bagian kutub positif aki.

Pada saat pemasangan tersebut, Anda harus menggunakan kabel yang tebal dan harus terpasang langsung pada aki. Selanjutnya kaki relay (nomor 87) harus terpasang ke kutub positif klakson mobil. Untuk pemasangan relay ini, Anda bisa menggunakan kabel dengan ketebalan yang tebal atau sedang. Untuk itu, Anda harus mengetahui letak kode sekring klakson mobil beserta artinya.

2. Pemasangan relay pada sistem tegangan positif

Mekanisme pemasangan relay dalam sistem tegangan positif hampir sama dengan pemasangan pada sistem tegangan negatif. Anda bisa melakukan pemasangan mulai dari kaki relay (nomor 30) menuju kutub positif aki.

Selanjutnya lakukan pemasangan kaki relay (nomor 87) ke bagian kutub positif klakson. Selanjutnya lakukan pemasangan kaki relay (nomor 87 dan 85) pada kabel klakson mobil. 

Perlu Anda ketahui, pemasangan kaki relay biasanya bergantung pada merek relay. Oleh karena itu, Anda wajib teliti sebelum membelinya. Pastikan Anda selalu memperhatikan nomor yang tertera pada kaki relay sebelum melakukan proses pemasangan.

Manfaat Memasang Relay Klakson pada Mobil

Berikut beberapa manfaat yang didapatkan ketika Anda pasang relay klakson pada mobil.

  1. Mengurangi hambatan pada arus listrik sehingga kinerja komponen-komponen elektromagnetik pada mobil dapat berfungsi secara optimal.
  2. Membuat suara klakson mobil semakin lantang sehingga meningkatkan keamanan dan keselamatan pengemudi mobil. Suara klakson yang lantang dapat memberikan isyarat yang lebih cepat kepada pengguna jalan atau pengendara lain. Agar mereka lebih cepat mengetahui keberadaan Anda di jalan, terutama dalam kondisi darurat atau genting.
  3. Dapat berfungsi menguji arus listrik mobil sehingga memperpanjang usia komponen-komponen elektromagnetik pada mobil.
  4. Memperpanjang usia saklar mobil karena relay dapat menghubungkan dan memutus arus listrik yang terlalu besar.

Baca Juga : Begini Cara Kerja Klakson Waterproof yang Mencegah Suara Sember

Sekarang Anda jauh lebih mengenali apa saja fungsi relay klakson pada mobil. Melihat cara-cara yang diajarkan di atas apakah Anda sudah memahami cara memasang relay klakson yang benar?

Bila Anda merasa kurang ahli, Anda bisa segera membawa mobil Anda ke bengkel atau dealer Daihatsu terdekat untuk melakukan pemasangan relay klakson. Pastikan Anda selalu mengecek kondisi klakson mobil Anda beserta komponen lainnya untuk meminimalisir segala kerusakan yang terjadi. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Memperbaiki Engine Mounting yang Rusak

2021-02-05

Mesin mobil akan menimbulkan getaran tinggi saat dinyalakan. Namun, penumpang yang ada di dalam kabin mobil tidak terlalu merasakan getarannya bahkan dalam kecepatan tin

thumbnail

Kapan Harus Ganti Engine Mounting? Berikut Jawabannya!

2021-02-05

Seperti halnya komponen mobil lainnya, engine mounting juga harus rutin diganti. Jika tidak, hal itu bisa mempengaruhi performa dari mobil itu sendiri. Lantas, kapan har

thumbnail

Mengenal Komponen Sistem Bahan Bakar Konvensional & Fungsinya

2020-11-17

Meski sempat tersohor di awal tahun 1980-an, sistem bahan bakar konvensional kini masih digunakan di beberapa moda transportasi baik pada roda empat maupun roda dua. Sal

thumbnail

Manfaat Pasang Peredam di Pintu Mobil Saat Modifikasi Audio

2022-02-28

Peredam audio di dalam mobil memang sangat penting untuk mengurangi kebisingan sehingga suasana kabin menjadi lebih senyap. Dengan adanya peredam audio di pintu mobil, t