Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Ciri-Ciri Master Rem Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya
24 Januari 2024
Ciri-Ciri Master Rem Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Ketika Anda mempunyai mobil, maka sangat penting agar memahami sejumlah informasi penting termasuk berkaitan dengan komponen di dalamnya. Salah satu komponen penting yang harus mendapatkan perhatian adalah master rem ini. 

Sama seperti dengan komponen lainnya, komponen inipun juga tidak bisa dipisahkan dari namanya kerusakan. Karena itulah penting agar memahami bagaimana ciri-ciri dari master rem saat sedang mengalami kerusakan dan cara mengatasinya. 

Ciri-Ciri Master Rem Mobil Rusak 

Sebelum mengetahui bagaimana ciri-ciri master rem mobil rusak, maka penting agar memahami dahulu pengertian dari master rem ini. Istilah master rem sendiri sebenarnya mengacu pada sebuah komponen penting pada sistem pengereman yang berfungsi mengatur tekanan rem ke semua roda.

Dengan keberadaan komponen tersebut maka dapat memastikan bahwa mobil dapat berhenti dengan aman sekaligus efektif ketika pengguna menginjak pedal rem. Demi keamanan, Anda perlu mengetahui apa sajakah ciri master rem alami kerusakan berikut. 

Warning Light 

Ciri pertama dari master rem mobil rusak dapat dilihat oleh pengguna melalui dashboard. Biasanya kondisi tersebut dapat ditandai dengan adanya lampu peringatan rem atau brake warning light yang menyala. 

Adanya Perubahan Bentuk Pada Seal Rem 

Seal rem atau karet rem adalah komponen didalam sistem pengereman yang berfungsi sebagai penghalang supaya oli tidak bocor dan merembes ke bagian brake pad. Aliran dari minyak rem itulah harus selalu berada pada kondisi normal. 

Tetapi apabila aliran rem tidak normal, maka dapat menjadi penyebab dari master rem. Kondisi tersebut biasanya karena seal master rem tidak mengembang dengan baik. 

Rem Mobil Menjadi Tidak Paket 

Master rem yang mengalami kerusakan sendiri dapat mengakibatkan rem menjadi tidak paket atau responsif. Walaupun masih dapat digunakan, tetapi Anda mungkin harus mengocok pedal rem secara berulang agar fungsinya kembali normal. 

Kondisi tersebut tentu sangat berisiko tinggi serta membahayakan pengguna selama berada di perjalanan. Jadi Anda harus segera melakukan pemeriksaan pada master rem tersebut dengan segera. 

Terdapat Bunyi Desis Saat Menginjak Pedal Rem

Pernah mendengar bunyi berupa desisan ketika menginjak pedal rem? Jika demikian ini bisa menjadi tanda bahwa master rem alami kerusakan. Bunyi tersebut sebaiknya tidak boleh diabaikan begitu saja. 

Rem Mobil Getar Saat Digunakan 

Ciri lainnya dari master rem alami kerusakan adalah mobil terasa bergetar apabila rem tengah digunakan. Keberadaan dari getaran itulah dapat mengurangi kemampuan pengereman sehingga tidak boleh disepelekan begitu saja. 

Baca Juga : Kenali 4 Masalah Umum Pada Rem Mobil dan Cara Mengatasinya

Bagaimana Cara Mengatasi Master Rem Rusak 

Karena menjadi komponen yang cukup penting, maka mengharuskan Anda agar mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi master rem mobil yang rusak.

  • Lakukan pemeriksaan terhadap kualitas cairan dari rem karena cairan yang buruk ternyata bisa mengakibatkan masalah pada master rem 
  • Periksalah kondisi kampas rem karena komponen ini perlu diganti secara berkala apabila sudah menipis 
  • Memeriksa kondisi dari rotor rem apabila mendengar suara getaran atau desisan 

Master rem adalah komponen penting pada mobil karena berkaitan dengan sistem pengereman sehingga akan berpengaruh terhadap keamanan. Bagi para pemilik mobil Daihatsu, maka penting agar mengetahui ciri kerusakannya. Dengan mengetahui ciri ciri master rem mobil rusak, maka dapat melakukan pencegahan dengan cepat. 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku