Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Ciri-Ciri Sensor CKP Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya
18 Desember 2023
Ciri-Ciri Sensor CKP Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Mengenali ciri-ciri sensor CKP rusak dan cara mengatasinya pada mobil sangatlah perlu. Sebab sensor CKP memiliki beberapa fungsi vital. Mulai dari mendeteksi kecepatan mesin, menyesuaikan kecepatan putaran mesin, membaca posisi piston apakah berada di TMB (Titik Mati Bawah) atau TMA (Titik Mati Atas), membaca sudut crankshaft, hingga menentukan waktu injeksi dan pengapian. Berikut ciri-ciri dan cara mengatasi sensor CKP mobil rusak selengkapnya.

Ciri-Ciri Sensor Ckp Mobil Rusak

Ada beberapa ciri yang perlu Anda pahami ketika sensor CKP mobil mengalami kerusakan. Berikut ciri selengkapnya.

1. Mesin sulit di starter

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sensor CKP berfungsi memonitor posisi serta kecepatan poros engkol. Kondisi ini berpengaruh pada kemampuan mesin mobil ketika di starter. Jadi, apabila sensor CKP mobil bermasalah atau rusak, sudah dipastikan mobil injeksi sulit di starter.

2. Laju mobil kerap tersendat-sendat

Ciri kedua, biasanya laju mobil kerap kali tersendat-sendat.

3. Lampu indikator check engine menyala

Ciri ketiga, biasanya ditandai dengan menyalanya lampu indikator check engine. Seperti diketahui, lampu indikator ini berfungsi mendeteksi segala tanda dan gejala kerusakan pada komponen mesin. Jadi apabila ada kerusakan seperti sensor CKP rusak, maka secara otomatis lampu indikator check engine akan menyala.

4. Akselerasi mobil tidak stabil

Ciri keempat, ditandai dengan akselerasi mobil yang tidak stabil ketika mobil berjalan. Kondisi ini terjadi karena unit kontrol mesin tidak dapat menyesuaikan bunga api saat proses pengapian dan injeksi bahan bakar pada saat kecepatan mobil bertambah atau akselerasi. Kondisi tersebut menyebabkan informasi yang dihasilkan sensor CKP kurang akurat sehingga menghasilkan efek domino yang menyebabkan kecepatan mobil kurang stabil.

5. Mesin mobil sering bergetar atau macet

Ciri kelima, biasanya mesin mobil menjadi bergetar atau mudah macet. Hal tersebut terjadi karena sensor CKP tidak bisa memberikan informasi yang akurat pada ECU.

6. Idle mesin bergetar

Ciri keenam, idle mesin akan bergetar dan mengeluarkan suara kasar. Kondisi ini terjadi akibat sensor CKP tidak dapat memonitor posisi poros engkol.

7. Bahan bakar cepat habis

Ciri terakhir, biasanya konsumsi bahan bakar menjadi boros karena sensor CKP tidak dapat mendeteksi dengan baik timing distribusi bahan bakar sehingga injektor bahan bakar memompa bahan bakar secara berlebihan meski mobil menempuh jarak yang cukup dekat.

Cara Mengatasi Sensor CKP Mobil Rusak

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika sensor CKP mobil rusak. Berikut cara selengkapnya. 

1. Periksa tegangan output sinyal sensor CKP

Berikut caranya :

  • Lepaskan soket sensor CKP.
  • Ukur besaran tegangan output sinyal sensor CKP. Untuk mengukurnya gunakan multitester digital. 
  • Atur tegangan DC menggunakan multimeter. 
  • Kemudian tusuk kabel sensor CKP nomor satu dengan peniti. 
  • Tempel lead multimeter positif (merah) ke peniti tersebut. 
  • Pasang multimeter negatif (hitam) ke bagian blok atau bodi mesin.
  • Putar bagian pulley crankshaft secara perlahan searah jarum jam sambil amati layar multimeter. Hindari menyalakan mesin saat proses pengecekan karena dapat mengurangi keakuratan hasil.
  • Jika tegangan menunjukkan angka 0 hingga 5 volt berarti sensor CKP masih bisa diperbaiki. Namun, jika nilainya lebih dari itu sensor CKP perlu diganti.

2. Periksa tegangan referensi sensor CKP

Berikut caranya : 

  • Atur multimeter ke tegangan DC. 
  • Kemudian hubungkan lead multimeter positif ke kabel nomor tiga. 
  • Tusuk kabel nomor tiga tersebut dengan peniti.
  • Tempel lead multimeter negatif ke blok mesin atau bodi mesin. 
  • Putar kunci kontak dari posisi OFF ke posisi On. Apabila hasil pengukuran menunjukkan nilai 5 volt maka sensor CKP dalam kondisi baik.

3. Periksa dan servis di bengkel profesional

Cara terakhir, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel profesional seperti bengkel resmi Daihatsu untuk memperbaiki sensor CKP mobil yang rusak. 

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku