Logo Daihatsu
Menu

6 Penyebab Mesin Tersendat Saat Akselerasi & Cara Mengatasinya

Otomotif

2023-02-16

Penyebab Mesin Tersendat Saat Akselerasi & Cara Mengatasinya

Mesin tersendat saat pedal gas diinjak untuk meningkatkan akselerasi merupakan masalah yang kerap kali dialami pengemudi mobil. Lalu apa saja faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi? Dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut? Untuk selengkapnya, yuk perhatikan ulasan di bawah ini.

Penyebab Mesin Tersendat Saat Akselerasi dan Cara Mengatasinya

Mesin mobil tersendat-sendat ketika hendak akselerasi tentu merupakan hal yang menjengkelkan. Apalagi jika Anda sedang dalam keadaan terburu-buru.

Oleh karena itu Anda perlu mengetahui apa saja penyebabnya beserta solusi untuk mengatasi mesin yang tersendat saat pedal gas diinjak untuk meningkatkan akselerasi. Yuk, langsung saja perhatikan ulasan berikut ini agar Anda tidak penasaran.

1. Busi lemah atau kurang sesuai

Busi merupakan komponen pemantik listrik atau api dalam proses pengapian mesin. Oleh karena itu, komponen ini sangat berpengaruh terhadap kualitas pembakaran mesin.

Busi yang sudah mulai melemah atau kurang sesuai, tidak dapat menghasilkan percikan api sesuai kebutuhan mesin sehingga mobil akan tersendat-sendat saat akselerasi. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu mengganti busi yang lemah dengan busi baru. Sebelum menggantinya, Anda harus memperhatikan jenis busi yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Agar tarikan mesin dapat lancar ketika mobil sedang bermanuver.

2. Adanya kerusakan pada sensor mobil

Penyebab mesin tersendat saat pedal gas diinjak untuk meningkatkan akselerasi disebabkan karena adanya kerusakan pada sensor mobil. Kerusakan pada salah satu sistem sensor mobil, dapat mempengaruhi hasil nilai data yang dikirimkan ke ECU.

Hal tersebut dapat menyebabkan bahan bakar yang disuplai tidak sesuai dengan kebutuhan mesin. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan pengecekan sensor secara rutin dan berkala. Segera bawa ke dealer Daihatsu terdekat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

3. Penggunaan bahan bakar yang kurang sesuai

Setiap mobil yang dipasarkan, tentu memiliki spesifikasi bahan bakar yang berbeda-beda. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai, seperti penggunaan oktan yang terlalu rendah dapat membuat mesin tersendat-sendat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu memperhatikan penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi, Atau bisa juga, menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi.

Baca Juga : Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat RPM Rendah, Yuk Ketahui!

4. Sistem injeksi mobil mengalami masuk angin

Masuk angin tidak hanya menyerang manusia saja. Namun juga dapat menyerang sistem injeksi mobil. Angin atau udara yang masuk ke sistem pembakaran mesin dapat mempengaruhi tekanan bahan bakar dan menimbulkan gelembung udara sehingga mesin tersendat-sendat.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu mematikan mesin mobil terlebih dahulu. Kemudian putar kunci kontak mobil sebanyak lima kali, sebelum menghidupkan mesin agar angin yang masuk ke dalam injeksi mobil bisa keluar.

5. Throttle body terlalu kotor

Kondisi throttle body yang kotor dapat menyebabkan mesin tersendat-sendat. Hal tersebut terjadi karena kotoran menyumbat bagian katup. Kondisi tersebut dapat menyebabkan RPM mobil tidak stabil. Untuk mengatasinya Anda perlu melakukan perawatan mobil seperti tune-up, ataupun pembersihan throttle body dengan menggunakan carb jet atau carbon cleaner.

6. Kondisi ruang bakar yang kotor

Kondisi ruang bakar yang kotor dapat membuat mesin mobil tersendat-sendat saat di gas. Karena saat melakukan proses pembakaran, ruang bakar akan menghasilkan gas residu dan residual padat atau kerak.

Gas residu nantinya akan dibuang melalui knalpot. Sedangkan kerak akan menumpuk di ruang bakar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu melakukan tune-up mobil.

Demikian ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi mesin yang tersendat saat pedal gas diinjak untuk meningkatkan akselerasi. Agar performa mesin selalu optimal, jangan lupa lakukan pengecekan dan perawatan mobil secara rutin dan berkala.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

10 Penyebab Mobil Hilang Tenaga Saat Digas & Mengatasinya

2022-09-23

Bicara pengalaman berkendara, pasti ada pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan, seperti mobil hilang tenaga saat digas.

thumbnail

Bahaya Semprot Silicone Spray pada Karet Wiper Mobil

2022-01-30

Bahaya semprot silicone spray pada karet wiper mobil mungkin tidak Anda sadari. Bisa jadi karena sudah terbiasa menggunakan spray silicon ini. Meman

thumbnail

Mengapa Mobil Listrik Dianggap Sebagai Teknologi Ramah Lingkungan? Ini Alasan dan Pengaruhnya Bagi Lingkungan

2021-01-19

Kendaraan listrik memang sudah menjadi salah satu alternatif transportasi yang semakin populer di seluruh dunia. Mobil listrik menjadi salah satu alternatif transportasi

thumbnail

Naik Mobil dari Jakarta ke Bali? Ini Rute dan Tipsnya

2020-10-29

Jika membayangkan jauhnya jarak Jakarta Bali, tentunya banyak yang ingin perjalanan lebih singkat dengan naik pesawat. Namun saat