Logo Daihatsu
Menu

Ingin Perbaiki Kabel USB Terputus? Simak Urutan Warna Kabel Usb Charger Berikut

Tips & Trick

2020-11-27

urutan warna kabel usb charger

Nama USB charger pasti sudah tidak asing lagi di telinga generasi milenial. Komponen kabel untuk isi ulang smartphone, atau untuk menghubungkan perangkat komputer ini umumnya rusak karena aliran terputus. Bagi Anda yang ingin mencoba perbaiki, simak informasi mengenai cara perbaiki dan urutan warna kabel USB charger berikut ini. 

Memahami Rangkaian Dari Kabel USB 

Sudah sangat umum sekali jika kabel USB akan memiliki dua jenis kepala yang memiliki fungsi yang berbeda. Jenis kepala atau ujung dari kabel segala umat ini biasanya dipanggil sebagai USB Cewek atau USB Cowok. 

Yang membedakan tentunya adalah fungsinya. Umumnya USB Cowok akan dicolokkan pada suatu perangkat. Namun USB Cewek merupakan plug atau ujung yang bisa dicolokkan dan dihubungkan dengan USB cowok lain. 

Untuk USB charger smartphone sendiri, biasanya hanya dilengkapi dengan USB cowok bergantung jenis plug perangkat. Seperti USB C, USB 2, USB 3, atau bahkan microUSB. Yang membedakan adalah ketipisan bentuk dari kepala itu sendiri.

Tidak hanya itu saja, USB type A, Micro USB, dan jenis lainnya juga memiliki urutan warna kabel yang berbeda. Karena itulah Anda perlu memahami urutan warna kabel USB charger sebelum melakukan modifikasi atau perbaikan. Pada rangkaian kabel tersebut terdiri dari VCC merah, D- putih, D+ Hijau, dan GND hitam. 

Perbedaan warna dan juga sinyal yang diberikan oleh setiap rangkaian kabel tersebut akan bervariasi pada setiap tipe USB. Hal tersebut terbukti dengan penggunaan jalur nomor pada rangkaian. 

Jika umumnya USB menggunakan urutan VCC +, D-, D+ kemudian GND, hal tersebut akan bertolak belakang dengan micro USB yang juga diikuti dengan jalur Sense.

Baca juga: Perempuan Bekerja Harus Punya 7 Benda Ini di Mobilnya!

Menghubungkan Dua Tipe USB Yang Berbeda 

Salah satu hal yang paling banyak dilakukan adalah menghubungkan dua tipe USB yang berbeda. Sebagai contoh, Anda perlu mengetahui bahwa micro USB memiliki tambahan aliran bernama Sense yang mana tidak ada di USB A. 

Lalu apa yang harus dilakukan? Maka ketahui urutan warna kabel USB charger, sambungkan dengan jalur yang tepat, dan abaikan kabel sense. 

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jalur. Untuk micro USB, urutan kabelnya adalah VCC merah, D- biru, D+ hijau, Sense, dan GND hitam. Jalur yang digunakan oleh USB (A) justru kebalikan dari Micro USB, yang mana dimulai dari GND, D+, D-, dan juga VCC. Karena itulah Anda harus bisa menyambungkan urutan kabel dengan benar.

Baca juga: 20 Rekomendasi Parfum Mobil Dengan Wangi yang Tahan Lama

Memodifikasi Kabel USB Agar Semakin Panjang 

Anda juga harus tahu tentang jalur negatif dan positif. Umumnya jalur positif akan dipasang pada sisi kanan, sedangkan jalur negatif di sebelah kiri. untuk memodifikasi kabel, pastikan Anda telah memasang urutan warna kabel USB charger dengan benar, begitu pula dengan posisi jalur positif negatif. Sebagai informasi, semakin panjang kabel maka akan semakin voltase kabel. 

Sebenarnya, memodifikasi atau memperbaiki kabel USB dianggap susah susah gampang. Apalagi mengingat komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting dan berkarakter unik pada setiap serinya. Yang paling penting adalah mengetahui rangkaian dan urutan warna kabel. Hal tersebut dikarenakan setiap alirannya memiliki fungsi yang berbeda. 

Baca juga: 4 Fungsi Televisi Head Unit Din yang Perlu Kamu Ketahui!


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Keuntungan Budidaya Kutu Air, Tips, dan Caranya

2021-02-23

Kutu air adalah hewan kecil yang masih satu jenis dengan udang dan seringkali digunakan untuk pakan ikan hias. Sahabat pasti berpikir kutu air itu penyakit gatal yang ad

thumbnail

Apa Itu Aux? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya di Mobil

2022-11-18

Di dalam sebuah mobil sudah pasti tersedia fitur multimedia sebagai pusat hiburan pengendara seperti tape,

thumbnail

5 Hal Penting untuk Menghindari Bahaya dari Komposisi Parfum Mobil

2021-01-14

Parfum mobil merupakan salah satu aksesori paling populer yang dipakai untuk menjaga aroma di dalam kabin mobil. Aroma parfum memang bisa membuat orang yang mengendarain

thumbnail

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

2021-05-31

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang diperoleh dari kulit bagian dalam beberapa jenis pohon Genus Cinnamomum. Kayu manis banyak diburu di dalam maupun luar negeri dan