Logo Daihatsu
Menu

Inilah Bagian-Bagian Mesin Mobil, Fungsi dan Gambarnya

Otomotif

2023-07-30

Inilah Bagian-Bagian Mesin Mobil, Fungsi dan Gambarnya

Bagian-bagian mesin mobil penting untuk dipahami, terutama bagi Anda yang memiliki mobil. Dengan begitu, Anda bisa lebih memahami perawatan yang tepat pada bagian-bagian tersebut. Seperti diketahui mesin mobil, ibarat jantungnya mobil. Apabila, bagian tersebut bermasalah mobil, performa mobil bisa menurun drastis. Bahkan, mobil tidak bisa berjalan sama sekali. Yuk, langsung saja ketahui bagian mesin mobil selengkapnya di bawah ini.

Bagian-Bagian Mesin Mobil serta Fungsi dan Gambarnya

Ada beberapa bagian mesin mobil yang wajib Anda ketahui, agar Anda bisa menentukan langkah yang tepat ketika bagian tersebut bermasalah. Berikut bagian-bagian selengkapnya beserta fungsinya.

1. Head Cylinder (Kepala silinder)

Head Cylinder (kepala Silinder)

Bagian pertama ada, head cylinder atau kepala silinder. Bagian bisa Anda temukan di mesin mobil bagian atas, dan letaknya berdekatan dengan bagian lain seperti blok silinder. Kepala silinder ini berfungsi sebagai pendingin bagi komponen-komponen mesin di dalamnya agar tidak mudah memuai. Agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, kepala silinder sengaja dibuat dari material bahan aluminium dan besi. Di dalam kepala silinder terdapat beberapa komponen seperti katup hisap, katup buang, penutup kepala silinder, rocker arm, intake manifold, exhaust manifold, busi, hingga poros nok.

2. Blok silinder

Blok Silinder

Blok silinder terdapat di bagian atas mesin bersama dengan head cylinder. Blok silinder memiliki fungsi sebagai tempat turun-naik piston dan wadah yang menopang komponen mesin lainnya. Mulai dari piston, ring piston, poros engkol, gasket, drain plug, wadah penampung oli, pulley mesin, gasket, hingga flywheel ditopang oleh blok silinder.

3. Sistem pendingin

Sistem Pendingin Mobil

Sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil agar tidak mudah mengalami overheating. Dalam menjalankan tugasnya, sistem pendingin membutuhkan komponen pendingin mobil seperti radiator, cooling van, thermostat, v-belt, lower hose, upper hose, water jacket, sensor temperatur air, hingga tangki cadangan penampung air radiator.

4. Front engine compartment (ruang mesin depan)

Bagian selanjutnya ada, front engine compartment atau yang lebih dikenal dengan bagian ruang mesin depan. Bagian ini menampung beberapa komponen mesin mobil yang memiliki peranan krusial mulai dari timing chain cover, timing chain assembly, oil cap, driver belt, hingga motor starter. Bagian ini memiliki peranan penting saat menyalakan mesin, karena komponen seperti motor starter akan mengalirkan arus listrik dari aki sebagai tenaga.

5. Sistem pelumasan

Sistem Pelumasan Mobil

Bagian ini berfungsi sebagai sistem yang berperan penting terhadap kesuksesan pelumasan komponen mesin mobil. Dengan begitu, seluruh komponen mesin dapat di lumuri pelumasan dengan sempurna sehingga mencegah gesekan antar komponen yang terlalu besar. Kondisi ini dapat memperpanjang usia keausan komponen mesin mobil. Di dalam sistem pelumasan sendiri terdapat beberapa komponen seperti pompa oli yang bertugas memompa oli mesin. Filter oli dan filter kasa yang berfungsi menyaring semua debu dan kotoran yang terdapat pada oli. 

Baca Juga : Nama Komponen Mesin Mobil, Fungsi dan Gambarnya Lengkap!

6. Sistem pembuangan gas dan sistem bahan bakar

Bagian ini, berfungsi sebagai sistem yang bertanggung jawab untuk mendistribusikan bahan bakar ke komponen mesin dan membuang gas sisa pembakaran yang tidak terpakai. Di dalam bagian ini terdapat beberapa komponen sistem bahan bakar seperti tangki mesin, pompa bahan bakar, karburator, hingga saluran bahan bakar. 

7. Sistem pengisian

Sistem Pengisian Mobil

Bagian ini berfungsi sebagai penyalur energi listrik pada mobil sehingga mesin mobil bisa menyala, dan komponen mesin mobil dapat bergerak. Di dalam sistem ini, terdapat beberapa komponen penyuplai energi listrik seperti aki atau baterai mobil, regulator hingga alternator.

Demikian bagian-bagian pada mesin mobil yang perlu Anda ketahui. Agar performa mesin mobil Anda selalu optimal, Anda perlu mengecek dan merawat bagian-bagian tersebut secara rutin dan berkala. Anda bisa mengunjungi bengkel Daihatsu ketika mesin Anda bermasalah, agar mendapatkan penanganan yang terbaik dan tepat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Hujan dan Cara Mengatasinya

2024-02-22

Mengetahui penyebab mesin mobil mati saat hujan beserta cara mengatasinya merupakan hal yang perlu. Terutama di saat musim hujan seperti saat ini. Lantas apa saja pe

thumbnail

Ciri-Ciri Master Rem Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

2024-01-31

Ketika Anda mempunyai mobil, maka sangat penting agar memahami sejumlah informasi penting termasuk berkaitan dengan komponen di dalamnya. Salah satu komponen penting

thumbnail

Tips Merawat Power Window untuk Menghindari Kerusakan

2020-12-14

Tips Merawat Power Window untuk Menghindari Kerusakan - Penggunaan power window atau pengatur kaca otomatis pada mobil sangat penting untuk membantu pen

thumbnail

Penyebab Persneling Mobil Susah Masuk dan Cara Mengatasinya

2023-11-22

Apakah Anda pernah mengalami persneling mobil susah masuk ketika mesin menyala? Jika pernah, tentunya hal tersebut membuat Anda panik dan kebingungan bukan? Lantas m