Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Nama Komponen Mesin Mobil, Fungsi dan Gambarnya Lengkap!
30 Juli 2023
Nama Komponen Mesin Mobil, Fungsi dan Gambarnya Lengkap!

Paham akan nama komponen mesin mobil dan gambarnya dapat menguntungkan. Seperti diketahui, mesin mobil merupakan penentu pengoptimalan performa mobil dan kenyamanan saat akselerasi. Dengan memahami komponen mesin mobil dengan baik, pemilik mobil akan mengetahui betapa pentingnya komponen tersebut, beserta cara merawatnya dengan baik. Berikut beberapa komponen mesin mobil yang wajib Anda ketahui.

Komponen-Komponen Mesin Mobil yang Wajib Diketahui

Ada beberapa komponen-komponen mesin mobil yang wajib diketahui oleh semua pemilik mobil. Berikut nama komponen selengkapnya.

1. Kepala silinder

Komponen kepala silinder ini terpasang bersama blok silinder, dan berfungsi sebagai wadah mekanisme katup mesin jenis empat tak dan wadah busi. 

2. Cylinder head cover

Komponen ini berfungsi sebagai penutup dari kepala silinder.

3. Katup hisap

Komponen ini merupakan bagian dari komponen kepala silinder. Fungsi utama dari katup hisap sebagai pembuka saluran udara sehingga ruang pembakaran mesin dapat terisi udara sesuai dengan kebutuhannya. 

4. Katup buang

Komponen ini juga termasuk ke dalam bagian komponen kepala silinder dan berfungsi membuang sisa-sisa gas hasil pembakaran dalam ruang bakar. Emisi gas buang tersebut nantinya akan diteruskan ke knalpot dan dibuang.

5. Rocker arm

Komponen rocker arm masih termasuk bagian dari kepala silinder ini, berfungsi sebagai pengontrol celah katup.

6. Poros nok

Komponen kepala silinder ini, berfungsi sebagai pengontrol dan penggerak katup hisap dan katup buang agar terbuka di waktu yang tepat.

7. Intake Manifold

Fungsi komponen intake manifold yaitu sebagai pintu saluran udara saat udara masuk ke bagian ruang silinder.

8. Exhaust Manifold

Selain intake manifold, juga ada exhaust manifold yang berfungsi sebagai pintu saluran pembuangan emisi gas buang sisa pembakaran di ruang bakar yang akan dikeluarkan melalui knalpot.

9. Busi

Komponen dari bagian kepala silinder ini berfungsi sebagai penghasil bunga api pada saat proses pembakaran.

10. Blok silinder

Komponen blok silinder ini berfungsi sebagai penopang beberapa komponen mesin lainnya, mulai dari gasket, oil pulley, drain plug, flywheel, piston, ring, piston, hingga poros engkol. Blok silinder juga berfungsi sebagai jalur pada saat proses turun-naik piston.

11. Piston

Piston merupakan komponen dari bagian blok silinder, yang berfungsi sebagai pengontrol volume pembakaran bahan bakar dalam ruang silinder.

Baca Juga : Daftar Ukuran Diameter Piston Mobil Terlengkap

12. Ring piston

Ring piston berfungsi menjaga kerapatan antara piston dengan dinding ring piston agar tidak ada kebocoran ketika proses kompresi mesin berlangsung.

13. Gasket

Komponen gasket berfungsi menjaga kerapatan sambungan antara blok silinder dengan kepala silinder. Dengan begitu, pelumas yang terdapat di dalam komponen blok dan kepala silinder tidak merembes atau bocor.

14. Poros engkol

Fungsi dari komponen mobil poros engkol ini, mengubah energi naik-turun piston menjadi energi putaran.

13. Drain plug

Komponen selanjutnya yaitu drain plug. Komponen ini berfungsi mengeluarkan oli mesin ketika mobil sedang dalam penggantian oli.

15. Flywheel

Komponen flywheel berfungsi menghubungkan energi mesin ke bagian kopling agar putaran mesin menjadi stabil.

16. Batang penggerak

Berfungsi meneruskan bagian piston ke bagian poros engkol.

17. Oli pan (carter)

Berfungsi sebagai wadah penampung oli mesin agar oli mesin tersebut tetap di dalam mesin mobil. Nantinya, oli tersebut digunakan untuk melumasi dan mendinginkan komponen-komponen mobil yang lain.

18. Pulley mesin

Berfungsi sebagai penghubung energi kopling, dan sebagai tempat penyimpanan energi mesin. Energi tersebut nantinya akan digunakan untuk menstabilkan putaran mesin.

19. Baterai atau aki

Komponen ini berfungsi sebagai penyimpan dan penyuplai energi aliran listrik yang dihasilkan dari elektroda. Nantinya, energi yang disimpan, akan dialirkan ke semua komponen mesin mobil agar dapat bekerja sebagaimana mestinya.

20. Karburator

Komponen karburator ini berfungsi mengontrol pencampuran bahan bakar dengan udara agar mendapatkan skala perbandingan yang tepat sehingga mesin dapat bekerja dengan optimal.

Demikian beberapa nama komponen-komponen pada mesin mobil yang perlu Anda ketahui. Sebenarnya, masih banyak lagi komponen mesin yang lainnya yang masih belum di ulas. Supaya kinerja mesin mobil Anda optimal, Anda perlu merawat komponen mesin secara rutin. 

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku