Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Jenis Ban Mobil yang Cocok Saat Musim Hujan, Wajib Tahu!
22 Februari 2024
Jenis Ban Mobil yang Cocok Saat Musim Hujan, Wajib Tahu!

Memahami cara memilih jenis ban mobil saat musim hujan merupakan hal yang perlu dipahami oleh setiap pengemudi. Pasalnya menggunakan jenis ban yang tepat pada musim hujan mencegah risiko aquaplaning saat berkendara. Adapun jenis selengkapnya sebagai berikut.

Jenis-Jenis Ban Mobil yang Cocok Digunakan Untuk Musim Hujan

Memasuki musim hujan, para pengemudi mobil wajib mewaspadai kondisi jalanan yang licin. Sebab, kondisi mobil yang kurang prima dan jenis ban yang kurang cocok digunakan saat musim hujan dapat memicu kecelakaan. Agar risiko kecelakaan dapat dicegah, maka Anda perlu mengetahui jenis ban mobil apa yang cocok digunakan saat musim hujan. Adapun jenis-jenisnya sebagai berikut.

1. Ban Comfort

Ban Comfort atau All Season merupakan ban umum yang digunakan oleh para pengemudi untuk keperluan harian. Secara fisik ban ini mirip dengan jenis ban HT (High Terrain). Ban ini terbuat dari bahan karet tebal sehingga daya cengkram ban luar dan usia keausannya cukup lama. Ban comfort memiliki alur yang kecil, dan menyebar. Celah alur yang dimiliki sangat rapat sehingga sangat cepat dalam membuang air. 

Oleh karena itu, ban comfort sangat cocok digunakan di musim hujan karena dapat mencegah aquaplaning. Selain itu, ban comfort tidak berisik dan berdecit ketika digunakan pada permukaan jalanan yang basah. 

2. Ban HT (Highway Terrain)

Ban HT merupakan jenis ban yang didesain khusus untuk keperluan on road di aspal halus atau semi off road. Ban ini biasanya digunakan pada mobil jenis sedan, MPV, hingga city car. Pada musim hujan, ban ini sangat cocok digunakan karena memiliki karakteristik yang senyap sama seperti ban comfort.

3. Ban AT (All Terrain)

Ban AT (All Terrain) merupakan jenis ban yang diciptakan untuk keperluan off road ataupun on road. Desain ban AT sendiri merupakan kombinasi dari ban HT (Highway Terrain) dan MT (Mud-Terrain). Oleh karena itu, ban ini dapat digunakan di segala musim. Baik musim panas atau hujan. 

Cara Memilih Ban Mobil Untuk Musim Hujan

Setelah mengetahui jenis ban yang cocok untuk musim hujan. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui cara memilih ban untuk musim hujan yang benar. Adapun caranya sebagai berikut.

1. Pilih profil ban sesuai dengan anjuran pabrikan mobil

Setiap kendaraan yang dipasarkan tentu memiliki profil ban sendiri. Anda bisa melihat profil ban tersebut pada buku manual kendaraan yang diterbitkan oleh pihak pabrikan mobil. Pilih profil ban sesuai standar yang ditentukan atau di atas standar agar mobil tidak limbung ketika melewati jalanan yang basah.

2. Pilih ban dengan medium compound

Kompon ban merupakan bahan campuran untuk pembuatan ban. Kompon ban sendiri terbagi atas tiga jenis, yakni soft, medium, hingga hard compound. Jika Anda tinggal di Indonesia, yang cenderung memiliki dua musim, yakni musim hujan dan panas, Memilih ban dengan medium compound merupakan hal yang tepat, Sebab ban tidak terlalu keras, serta motif dan alurnya tidak terlalu jarang atau rapat.

3. Pilih ban dengan telapak motif bergaris dan alur jenis unidirectional

Pada musim hujan, genangan air kerap kali tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, Anda perlu ban mobil yang dapat memecah air ketika melintasi genangan air tersebut. Ban yang cocok untuk keperluan ini, merupakan ban dengan tapak ban motif bergaris dan alur ban dengan jenis unidirectional (searah). Selain itu, pastikan ketebalan tapak ban di atas 1,6 mm, void ratio berimbang, dan alur sirkumferensial lebih lebar dan banyak. 

Demikian jenis dan cara memilih ban mobil yang cocok untuk musim hujan. Apabila Anda berniat untuk mengganti ban pada musim hujan, Anda bisa berkonsultasi dengan bengkel resmi Daihatsu terdekat. 

Tips Sahabat Lainnya
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku