Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Kapan Perlu Menggunakan Rem Tangan Mobil Matic? Simak Caranya
23 Januari 2024
Kapan Perlu Menggunakan Rem Tangan Mobil Matic? Simak Caranya

Sebagai pengguna mobil matic, sudah seharusnya memahami cara menggunakan rem tangan mobil matic yang benar. Meski sama-sama termasuk dalam fitur pengeraman, penggunaan rem tangan berbeda dengan rem kaki. Lantas kapan waktu yang tepat dalam menggunakan rem tangan? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut.

Kapan Perlu Menggunakan Rem Tangan Mobil Matic?

Bagi pengemudi mobil matic pemula, mengetahui kapan waktu yang tepat menggunakan rem tangan sangatlah tepat. Lantas kapan rem tangan tersebut perlu digunakan? Jika dilihat dari fungsi diciptakannya rem tangan, fitur ini seharusnya digunakan ketika memarkir mobil, sebab rem tangan juga sering disebut juga dengan rem parkir. 

Rem tangan sendiri diciptakan untuk memarkir mobil di kondisi permukaan jalan yang kurang rata. Selain itu, rem tangan juga digunakan saat kondisi darurat sebagai alternatif pengereman selain rem kaki. Contohnya, ketika berada di jalanan dengan kondisi lalu lintas yang macet total. 

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil Matic yang Benar

Ada beberapa cara menggunakan rem tangan pada mobil matic yang perlu Anda ketahui. Berikut cara selengkapnya.

1. Cara menggunakan rem tangan saat parkir non paralel

Berikut cara yang tepat saat memarkir mobil non paralel di permukaan jalan yang menanjak atau menurun menggunakan rem tangan. 

  • Tarik tuas rem tangan terlebih dahulu sebelum memindahkan tuas ke posisi P (Parkir). Kondisi ini dilakukan untuk mematikan mesin. Saat tuas transmisi berada pada posisi P, maka parking pawl (pengait) akan berfungsi sebagai pengunci mobil sehingga mobil tidak dapat bergerak. Apabila rem tangan belum diaktifkan, ketika memindahkan tuas ke posisi P, maka parking pawl akan menahan perpindahan transmisi. Akibatnya transmisi menjadi berat dan parking pawl mudah aus.
  • Ketika tuas sudah Anda pindahkan ke posisi P, selanjutnya Anda langsung mematikan semua sistem elektronik mobil. Baik mulai audio, head unit, lampu, hingga AC agar aki tidak soak. 
  • Selanjutnya, tutup semua jendela pintu mobil, kemudian mematikan mesin.

2. Cara menggunakan rem tangan saat parkir paralel 

Berikut cara yang tepat menggunakan rem tangan ketika hendak parkir mobil secara paralel

  • Lakukan cara mematikan mobil, seperti cara penggunaan rem tangan saat parkir non paralel.
  • Kemudian cabut kunci kontak apabila mobil Anda masih menggunakan fitur anak kunci.
  • Kemudian gunakan fitur shift lock, dengan cara menekan tombol tersebut. Pada kondisi tersebut, jangan lupa geser tuas transmisi ke posisi N (Netral) agar mobil mudah digeser.

3. Cara menggunakan rem tangan saat di tanjakan

Ketika mobil berada di tanjakan, dan Anda ingin menggunakan rem tangan, maka Anda perlu memperhatikan beberapa langkah berikut.

  • Ketika mobil hendak menanjak di tanjakan, lepaskan rem tangan secara perlahan.
  • Kemudian baru injak pedal gas. Kondisi ini perlu Anda lakukan agar konfigurasi antara rem tangan dan gas seimbang. Dengan begitu, kabel rem tangan tidak mudah putus. Hindari menginjak pedal gas terlebih dahulu sebelum melepaskan rem tangan. Sebab dapat merusak kabel rem tangan dan oleng.
  • Apabila rem tangan mobil yang Anda gunakan tipe stik, pastikan tuas yang Anda tarik tepat pada posisi 45 derajat dan mengeluarkan bunyi klik sebanyak empat hingga tujuh kali. Apabila bunyi yang keluar lebih dari itu, maka setelan rem tangan tidak pas. 

Baca Juga : Rem Tangan Mobil untuk Roda Depan atau Belakang? Ketahui Disini!

Demikian ulasan lengkap mengenai kapan waktu yang tepat menggunakan rem tangan dan cara menggunakannya yang benar. Jangan lupa servis mobil Anda secara rutin di bengkel resmi Daihatsu. Sebab rem tangan perlu disetel secara berkala agar fungsi rem tangan maksimal dan terhindar dari keausan. 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku