Logo Daihatsu
Menu

Cara Kerja Handbrake (Rem Tangan) Mobil & Menggunakannya

Otomotif

2023-05-08

Cara Kerja Handbrake (Rem Tangan) Mobil & Menggunakannya

Handbrake mobil merupakan istilah lain dari rem tangan. Sesuai dengan namanya komponen ini memiliki fungsi untuk menghentikan laju mobil dengan cara menahan beban. Bahkan di dunia balapan, tidak sedikit pembalap yang menggunakan komponen ini untuk melakukan aksi drifting atau sliding. Sebelum Anda menggunakannya, sebaiknya Anda perlu mengenali bagaimana cara kerja dan tips menggunakan komponen rem tangan dengan benar Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut ini.

Cara Kerja Handbrake

Menurut cara kerjanya handbrake ternyata dibagi menjadi dua jenis yaitu rem roda belakang dan rem center brake. Untuk jenis rem roda belakang baru akan bekerja ketika Anda menarik, menekan, dan mengangkat rem. Ketika rem Anda tarik, tekan, dan angkat maka timbul gaya tarik yang nantinya akan disalurkan ke bagian rem melalui kabel rem parkir. 

Pada jenis handbrake ini gaya pengereman dapat disesuaikan dengan kedua roda mobil sehingga seimbang. Hal tersebut dapat terjadi karena pada jenis ini terdapat kabel equalizer. Sedangkan untuk jenis rem center brake memiliki cara kerja layaknya rem tromol. Ketika Anda mengaktifkan handbrake jenis ini, maka pengereman terjadi pada poros propeller dan transmisi.

Baca Juga : Catat, Ini Penyebab Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

Tips Menggunakan Handbrake yang Benar

Penggunaan handbrake ternyata tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan atau sembarangan. Sebab dapat menimbulkan masalah yang cukup serius seperti mempercepat keausan kampas rem. Selain itu kampas rem juga bisa copot dan menempel pada bagian tromol. Lantas bagaimana cara menggunakan komponen ini yang benar? Untuk selengkapnya perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Hindari menginjak pedal gas sebelum melepas rem

Tips pertama, Anda tidak dianjurkan untuk menginjak pedal gas sebelum kondisi rem dilepaskan. Sebaiknya Anda lepaskan terlebih dahulu handbrake kemudian injak bagian pedal gas mobil. Kondisi ini berlaku ketika mobil Anda sedang berada di tanjakan. Metode ini akan menjaga umur kabel rem sehingga tidak gampang putus. 

2. Hindari memarkir mobil dalam waktu yang cukup lama

Tips kedua, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan handbrake ketika sedang memarkir mobil dengan waktu yang cukup lama. Kondisi ini dapat merusak handbrake dan komponen sistem pengereman lainnya. Sebaiknya, Anda gunakan mode parkir dengan mengubah posisi transmisi Anda ke tanda P. Hal tersebut tidak akan mengunci ban, aman, dan tidak merusak komponen mobil lainnya.

Baca Juga : Tips Merawat Rem Mobil Agar Tetap Pakem

3. Memastikan terdengar bunyi klik selama empat hingga tujuh kali

Jika Anda menggunakan handbrake model stik, maka Anda perlu memastikan apakah handbrake ini berbunyi sebanyak empat hingga tujuh kali klik ketika menarik tuas. Sebab jika bunyinya melebihi aturan tersebut maka dipastikan kondisi setelan rem kurang pas.

4. Hindari menarik atau menginjak handbrake secara berlebihan

Tips selanjutnya, Anda tidak dianjurkan untuk menarik atau menginjak handbrake secara berlebihan. Sebaiknya Anda tarik atau injak dengan sudut 45 derajat sehingga mobil dapat terkunci dengan baik. 

5. Hindari menggunakan handbrake ketika mobil sedang berhenti atau sedang menunggu lampu hijau

Tips terakhir Anda tidak dianjurkan menggunakan handbrake ketika mobil sedang berhenti baik di pinggir jalan ataupun sedang menunggu lampu hijau. Sebaiknya Anda gunakan mode netral ketika mobil berhenti sebentar agar kondisi kampas rem awet. Tips ini berlaku untuk handbrake jenis stik, tombol, hingga pedal. 

Demikian beberapa tips yang bisa Anda contoh ketika hendak menggunakan handbrake. Penggunaan handbrake juga bisa Anda lakukan ketika kondisi jalanan lumpuh akibat kemacetan. Metode ini dapat menjaga performa dari sistem pengereman agar tidak loyo akibat penggunaan rem kaki yang terlampau lama. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

11 Rekomendasi Parkiran Mobil di Malioboro, Cek Dulu Sebelum ke Sana!

2023-10-30

Ketika berlibur ke Yogyakarta menggunakan mobil, kurang lengkap rasanya bila tak berkunjung ke Malioboro. Seperti diketahui, Malioboro merupakan salah satu kawasan

thumbnail

Tanda-tanda Selang Rem Perlu Diganti

2022-05-13

selang rem adalah salah satu komponen paling penting dalam sistem pengereman mobil, jika komponen yang satu ini mengalami kerusakan maka efektivitasnya pun akan tergangg

thumbnail

Plat BA Daerah Mana Saja? Ini Cakupan Wilayahnya!

2024-02-22

Memahami asal daerah kendaraan plat BA sangatlah perlu, terutama jika Anda hendak membeli kendaraan dari daerah tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui status

thumbnail

Yuk Kenali Pengertian dan Fungsi Charcoal Canister pada Mesin Mobil

2021-01-06

Seperti yang telah diketahui, bahwa bahan bakar merupakan hal penting dalam sebuah kendaraan. Tanpa adanya bahan bakar, kemungkinan besar kendaraan tidak akan bisa berge