Logo Daihatsu
Menu

Kenali Perbedaan Mobil Matic dan Manual Sebelum Membelinya

Otomotif

2022-12-28

Kenali Perbedaan Mobil Matic dan Manual Sebelum Membelinya

Saat hendak membeli mobil ada banyak pertimbang yang perlu dipikirkan sebelum benar-benar membelinya. Salah satu hal yang paling sering ditanyakan adalah perbedaan mobil matic dan manual.

Secara fisik perbedaan mobil matic vs manual memang tidak terlihat jelas. Anda dapat mengetahui perbedaan mobil matic dan manual ketika sudah masuk ke dalam mobil pada posisi kabin pengemudi. Anda akan menemukan perbedaan pedal dan tuas pada kabin pengemudi.

5 Perbedaan Mobil Matic dan Manual, Yuk Ketahui!

Untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai perbedaan mobil matic dan manual, berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Perbedaan Cara Mengemudi

Cara mengemudi mobil jenis manual dan matic tidaklah sama. Hal ini dikarenakan mobil matic dan manual memiliki perbedaan dalam segi engine. Jika diperhatikan, mobil matic hanya memiliki dua pedal saja, yaitu rem dan gas. Sedangkan mobil manual memiliki tiga pedal, yaitu rem, gas dan kopling.

Transmisi pada mobil manual perpindahan gigi dilakukan dengan menginjak pedal kopling dan mengganti tuas persneling. Sedangkan pada mobil matic perpindahan gigi terjadi secara otomatis ketika kecepatan meninggal saat menginjak pedal gas.

2. Bahan Bakar

Selain perbedaan cara mengemudi, mobil manual dan matic memiliki perbedaan dari segi pemakaian bahan bakar. Mobil manual lebih irit bahan bakar daripada mobil matic. Penyebab borosnya bahan bakar pada mobil matic adalah rotasi per menit pada mobil matic lebih tinggi ketimbang mobil manual.

Tetapi tidak semua mobil matic boros bahan bakar. Beberapa tipe mobil matic juga mengeluarkan tipe matic yang irit bahan bakar seperti Daihatsu Sirion keluaran terbaru.

3. Kenyamanan

Perbedaan cara mengemudi mobil matic dan manual tentu saja juga mempengaruhi dari segi kenyamanan saat mengemudi. Mobil manual membutuhkan koordinasi tangan dan kedua kaki saat mengemudi. Bagi orang yang baru saja belajar mengemudi mobil, hal ini akan sedikit menyulitkan. Karena harus dapat mengkoordinasikan tangan dan kaki dengan benar saat akan mengganti kopling. Jika digunakan di area perkotaan yang macet tentu ini sangat melelahkan.

Sedangkan mobil matic dapat dikemudikan hanya dengan satu kaki dan tidak perlu koordinasi antara tangan dan kaki saat akan mengganti kopling. Bagi pengemudi pemula pun akan mudah untuk dioperasikan. 

Baca Juga : Perbedaan Mobil SUV Dan MPV yang Wajib Dipahami

4. Perawatan

Biaya perawatan mobil menjadi hal yang perlu dipertimbangkan ketika hendak membeli mobil. Jangan sampai membeli mobil yang sulit mencari spare part mobil atau pun sulit perawatannya.

Mobil matic memiliki komponen dan sistem mekanikal yang lebih rumit dibandingkan mobil manual. Hal ini menyebabkan biaya perawatan mobil matic lebih mahal dari pada mobil manual. Belum lagi spare part pada mobil matic juga lebih mahal dibanding mobil manual. Jika diperkirakan biaya perawatan mobil matic berkisar antara 700 ribu hingga satu juta lima ratus, tergantung dari jenis mobilnya.

Sedangkan mobil manual memiliki biaya perawatan yang lebih rendah dari pada mobil matic. Perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan untuk perawatan mobil manual berkisar antara lima ratus ribu hingga satu juta.

Meski terlihat biaya perawatan mobil matic lebih mahal, mobil manual sebenarnya memiliki jangka waktu yang lebih cepat untuk diservis. Contohnya, pergantian oli mesin pada mobil manual disarankan setiap 10.000 km. Sedangkan mobil matic disarankan mengganti oli mesin setiap 40.000 km.

5. Harga

Dari segi harga mobil matic dan manual memiliki sedikit selisih harga. Seperti pada mobil Ayla, perbedaan harga antara mobil matic dan manual memiliki selisih sepuluh hingga tiga puluh juta dari harga mobil manual.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ciri-ciri Velg Mobil Penyok, Cara Merawat, dan Memperbaikinya

2021-03-02

Ban mobil dan velg menjadi komponen penting yang harus dijaga fungsinya. Ya, pada setiap mobil roda empat atau lebih, velg harus berfungsi baik agar bisa menopang beban

thumbnail

Komponen Propeller Shaft - Mengenal Fungsi dan Cara Kerjanya

2020-12-07

Dalam mengemudi kendaraan roda empat, terdapat komponen utama yang digunakan untuk meneruskan tenaga atau memindahkan putaran mesin melalui transmisi ke gardan. 

thumbnail

5 Merek Alat Pengukur Tekanan Ban yang Bagus

2020-12-22

Alat pengukur tekanan ban adalah aksesoris tambahan yang berfungsi mengontrol tekanan ban mobil agar tetap ideal. Kegunaannya apalagi kalau bukan menunjang keawetan ban