Logo Daihatsu
Menu

Ketahui Sparepart AC Mobil dan Fungsinya, Terlengkap!

Otomotif

2023-05-08

Ketahui Sparepart AC Mobil dan Fungsinya, Terlengkap!

AC mobil merupakan komponen mobil yang berfungsi menyejukkan suhu di dalam kabin. Dengan begitu kenyamanan pengendara maupun penumpang mobil bisa selalu terjaga dari panasnya suhu di luar mobil. Komponen yang satu ini bisa berfungsi dengan baik apabila sparepart AC di dalamnya berfungsi dengan prima. Berikut akan dijelaskan beberapa sparepart dari AC mobil, lengkap beserta fungsinya. 

Sparepart AC yang Perlu Diketahui beserta Fungsinya

Ada beberapa sparepart dari AC mobil yang wajib Anda ketahui, agar Anda bisa menggantinya ketika AC sedang bermasalah. Berikut sparepart selengkapnya beserta fungsinya.

1. Kompresor AC

Komponen kompresor AC ini berfungsi memompa gas freon supaya sirkulasi freon lancar. Dengan begitu freon dapat disalurkan ke seluruh komponen AC mobil lainnya. 

2. Kondensor

Komponen kondensor AC berfungsi memindahkan panas dari refrigerant atau freon ke udara yang berada di kabin mobil. Kemudian untuk mendinginkan kabin maka kondensor membutuhkan bantuan cooling fan.

3. Magnetic clutch

Komponen ini berfungsi sebagai pengatur waktu kerja kompresor beserta waktu berhenti bekerja. Ketika kompresor dalam mode kerja, tekanan freon yang dikeluarkan oleh kompresor semakin meningkat. Kondisi ini tentunya menimbulkan risiko seperti mempersingkat usia kompresor. Oleh karena itu, magnetic clutch diciptakan untuk memutus koneksi antara bagian pulley pada kompresor dengan bagian poros kompresor. 

4. Receiver dryer

Komponen ini berfungsi sebagai filter debu atau kotoran agar tidak masuk ke dalam sistem pendingin AC. 

5. Cooling unit (evaporator)

Komponen ini berfungsi memastikan sirkulasi udara yang ada dalam kabin mobil dapat berjalan dengan baik. 

6. Cooling fan

Komponen ini berfungsi sebagai pendingin kondensor AC mobil. 

7. Expansion valve

Komponen ini berfungsi mengubah bentuk freon yang cair menjadi gas dengan metode spray layaknya parfum. 

8. Freon

Komponen ini merupakan komponen terpenting AC. Sebab freon bisa dibilang sebagai bahan utama pendingin AC. Komponen ini memiliki wujud gas dan memiliki suhu 0 derajat celcius.

Baca Juga : Jenis-Jenis Freon AC pada Mobil yang Wajib Kamu Tahu

9. Blower

Komponen ini berfungsi sebagai penghembus udara ke bagian evaporator.

10. Relay

Komponen AC ini berfungsi sebagai distributor arus listrik yang berasal dari komponen AC lainnya seperti blower, magnetic clutch, dan sebagainya agar bisa menyala.

11. Pressure switch

Komponen ini berfungsi sebagai pengaman sistem AC mobil agar kinerja yang dihasilkan maksimal. 

12. Low pressure hose

Komponen ini berfungsi sebagai penyalur freon yang sudah berwujud gas. Freon yang berasal dari komponen evaporator ini nantinya akan dikembalikan ke komponen kompresor AC.

13. High pressure hose

Komponen ini berfungsi sebagai penyalur freon berwujud cair. Untuk bentuknya sendiri, komponen ini memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan komponen low pressure hose. Ukuran diameter yang kecil tersebut diciptakan bukan tanpa alasan tetapi memang sengaja di desain untuk mengoptimalkan proses spraying freon. 

14. Thermostat

Komponen thermostat ini berfungsi sebagai pengontrol suhu di dalam kabin mobil dan komponen evaporator.

15. Amplifier AC

Komponen ini berfungsi mengontrol tinggi rendah suhu pada kabin mobil agar suhu tersebut selalu stabil. 

16. Liquid hose

Komponen ini berbentuk menyerupai selang yang terbuat dari pipa. Fungsinya sendiri ialah untuk mengalirkan freon cair yang berasal dari expansion valve menuju bagian evaporator.

Baca Juga : Rangkaian Sistem Kelistrikan AC Mobil & Komponen di Dalamnya

17. Valve core

Komponen ini berfungsi sebagai penjaga aliran zat pendingin pada AC agar selalu lancar ketika AC bekerja.

Demikian beberapa sparepart dari AC mobil yang perlu Anda ketahui. Pastikan gunakan sparepart yang orisinil agar kinerja AC mobil selalu optimal.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Perbedaan BPKB dan STNK, Ini Fungsi dan Pembuatannya!

2024-01-21

BPKB dan STNK adalah dokumen penting yang diperoleh saat membeli kendaraan bermotor secara resmi. Meskipun kedua dokumen ini akrab di telinga pemilik kendaraan, tida

thumbnail

Bagaimana Cara Kerja Power Steering? Berikut Penjelasannya

2021-01-10

Power steering merupakan salah satu komponen pada mobil, yang sistem kerjanya dapat membantu pengemudinya bisa mudah menggerakkan mobil. 

thumbnail

Apa itu Water Repellent pada Mobil? Ternyata Berguna Saat Hujan!

2023-05-08

Berbicara mengenai perawatan mobil, Anda pasti pernah mendengar istilah water repellent. Lantas apa arti istilah tersebut? Agar Anda tidak penasaran, yuk ketahui inf

thumbnail

Deretan Warna Cat Mobil Paling Aman dari Risiko Kecelakaan

2022-01-30

Bukan hanya performa, ada yang perlu mendapat pertimbangan sebelum membeli kendaraan. Warna cat mobil paling aman dari kecelakaan, salah satunya.Produsen kendaraan banyak mengeluarkan produk