Logo Daihatsu
Menu

Lagu di Flashdisk Tidak Terbaca di Mobil? Ini Cara Mengatasinya

Otomotif

2023-01-16

Lagu di Flashdisk Tidak Terbaca di Mobil? Ini Cara Mengatasinya

Memutar lagu di perjalanan dalam mobil membuat jarak yang jauh tidak akan terasa sekaligus menghilangkan kebosanan. Musik bisa diputar lewat flashdisk dimana terkadang tidak bisa dibaca oleh sistem. Untuk itu, yuk ketahui penyebab serta cara mengatasinya flashdisk tidak terbaca di mobil pada pembahasan dibawah ini!

Penyebab Lagu di Flashdisk Tidak Terbaca Sistem di Mobil

Mendengarkan musik menjadi salah satu hobi yang menyenangkan dimana bisa menjadi teman saat belajar, berkumpul, sampai ketika di dalam mobil. Namun, apabila penyimpanan lagu di flashdisk tidak bisa terbaca di mobil, maka bisa cek sejumlah penyebabnya untuk kemudian mencari solusinya.

Selain dapat menyambungkan musik ke mobil menggunakan smartphone, flashdisk menjadi opsi karena dapat simpan dalam jumlah banyak. Ketika sistem tidak dapat membaca lagu, bisa jadi karena beberapa penyebabnya sebagai berikut.

1. Format flashdisk Tidak Sesuai

Gangguan pertama penyebab mp3 tidak dapat diputar dalam kendaraan Anda karena format dari flashdisk tidak sesuai. Beberapa format pada mobil yang sering digunakan dahulu yaitu NTFS (New Technology File System). Pada format flashdisk satu ini sudah jarang diterapkan pada mobil keluaran baru dimana sudah memakai sistem FAT32.

2. Gangguan Head Unit di Mobil

Head Unit merupakan peralatan yang mempunyai sistem operasi sehingga dapat membaca setiap masukan yang diberikan, termasuk flashdisk. Apabila mp3 Anda tidak dapat diputar, mungkin karena adanya error pada bagian satu ini. 

3. Format File Lagu Tidak Tepat

Penyebab berikutnya yang bisa membuat musik gagal dinyalakan di mobil adalah karena format file lagu tidak tepat. Seharusnya ketika memasukkan file lagu memakai format mp3. Apabila tidak sesuai, tentu saja sistem menjadi tidak bisa membacanya kemudian meneruskan output menjadi suara.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Tape Mobil Mati Total, Yuk Kenali Penyebabnya!

Cara Mengatasi Lagu dalam Flashdisk Tidak Terbaca pada Mobil

Setelah mengetahui beberapa penyebab sebelumnya, maka dapat mengatasinya permasalahan satu ini. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengikuti cara mengatasi gangguan flashdisk tidak terbaca di mobil sebagai berikut.

1. Ganti Flashdisk Lain

Cara mengatasi gangguan flashdisk yang gagal memutar lagu adalah dengan mencoba mengganti menggunakan flashdisk lainnya. Ini untuk mengetahui apakah terjadi error pada penyimpanan itu sendiri atau tidak. Jika sudah mengganti, namun tetap gagal bisa jadi karena masalah di komponen lainnya.

2. Format Ulang Flashdisk

Seperti pada penyebab yang menyatakan bahwa kegagalan memutar musik memakai jenis penyimpanan satu ini bisa jadi karena formatnya tidak didukung pada perangkat mobil. Apabila sebelumnya memakai NTFS, maka sekarang sudah beralih ke FAT32. Lakukan format ulang dengan back up data terlebih dahulu.

3. Gunakan Flashdisk dengan Kapasitas Kecil 

Perangkat memutar lagu dalam mobil terkadang kesulitan untuk membaca file dari flashdisk yang mempunyai kapasitas terlalu besar. Dengan demikian, cobalah mengganti flashdisk dengan ukuran lebih kecil. Ini akan memudahkan sistem menemukan file mp3 lalu kemudian memberikan output berupa suara secara optimal. 

Baca Juga : 4 Fungsi Televisi Head Unit Din yang Perlu Kamu Ketahui!

4. Memeriksa Bagian Head Unit

Gangguan yang membuat Anda gagal memutar musik sebelumnya adalah karena terjadinya error pada bagian Head Unit kendaraan. Komponen Tape di dalam mobil mempunyai Sistem Operasi dimana juga bisa mengalami masalah sehingga perlu melakukan reset Head Unit. Setelah itu, coba sambungkan flashdisk kembali untuk menyalakan lagu.

Dengan adanya cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di mobil, maka bisa mendengarkan kembali musik kesukaan selama dalam perjalanan. Meskipun perjalanannya jauh, ini menjadi hiburan paling menyenangkan untuk hilangkan bosan. Serta bisa juga untuk menghilangkan rasa ngantuk dan kesunyian selama diperjalanan.

Namun perlu diingat bahwa mendengarkan musik terlalu kencang tidak bagus selama perjalanan. Sebab apabila ada hal seperti bunyi klakson ataupun sirine bisa tidak terdengar oleh supir. Jadi selalu bijak dalam mengatur volume lagu pada saat berkendara.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes dan Cara Mengatasinya

2022-12-28

Ban tubeless diklaim mampu menghemat biaya perawatan ban yang diakibatkan kebocoran ban. Meski terbilang efektif, terkadang ban tubeless juga kempes walaupun baru di

thumbnail

Fungsi Master Silinder dan Cara Kerjanya, Yuk Simak!

2023-11-22

Master silinder merupakan komponen mobil yang memiliki fungsi penting dalam sistem pengereman mobil. Komponen ini memiliki cara kerjanya yang sederhana dalam menjala

thumbnail

Tips Menaruh Tutup Tangki saat Isi BBM Agar Tidak Kelupaan

2022-04-07

Setiap pabrikan mobil tentu memiliki desain tersendiri dalam menentukan letak tangki dan posisi tutup tangki BBM (bahan bakar minyak). Sayangnya, terkadang saat Anda mel

thumbnail

Keuntungan Memilih Mobil dengan Fitur Airbag

2020-12-04

Airbag adalah salah satu fitur penting dalam berkendara. Komponen ini merupakan fitur keselamatan pada mobil untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecela