Logo Daihatsu
Menu

Mengetahui Pengertian dan Fungsi Shift Fork pada Mobil

Otomotif

2021-02-25

fungsi shift fork

Bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor, tentu sudah tidak asing lagi dengan sistem transmisi. Sistem penggerak ini selalu ada pada kendaraan, tidak terkecuali mobil. 

Pada mobil sendiri ada jenis, yaitu transmisi manual dan otomatis. Di transmisi manual terdapat komponen shift fork yang cukup vital. Apa pengertian dan fungsi shift fork ini? Simak ulasan berikut.

Pengertian dari Transmisi Manual

Karena menjadi salah satu komponen dari sistem transmisi manual, untuk mengetahui pengertian dari shift fork maka Anda perlu mengenal dan memahami pengertian dari sistem transmisi manual itu sendiri. 

Apabila ditinjau secara umum, transmisi sendiri merupakan komponen mesin yang mempunyai tujuan untuk merubah kecepatan serta tenaga putar mesin.

Dimana tenaga tersebut tertuju pada roda, yang nantinya dapat digunakan untuk membuat kendaraan bergerak. 

Sistem transmisi manual ini terdiri atas gabungan roda roda gigi, yang mampu memindahkan momen engkol dan putaran menuju roda roda penggerak. Sistem satu ini meliputi unit kopling, diferensial, dan poros serta roda kendaraan.

Komponen Transmisi Manual

Pengertian dan fungsi shift fork dapat Anda pahami secara jelas, dengan mengenal masing masing komponen yang ada pada transmisi tersebut. Yang pertama ada transmission case, atau bisa juga disebut sebagai input transmisi. 

Komponen ini bertugas dalam menerima output, yang bersumber dari unit kopling. Bisa dibilang bahwa bagian ini adalah tempat berdiamnya komponen lain.

Berikutnya ada transmission gear atau roda gigi transmisi, yang bertugas sebagai perubah input menjadi output torsi dari sistem permesinan. Sehingga dapat menghasilkan transmisi yang sepadan dengan kebutuhan kendaraan. 

Selanjutnya ada gigi penyesuai atau synchroniser, yaitu komponen pelengkap untuk membantu pemindahan kecepatan di kondisi putaran yang tinggi.

Kinerja transmisi manual bisa lebih ringan meski dalam keadaan putaran super tinggi, dengan adanya synchroniser tersebut. Lalu pengertian dan fungsi shift fork sendiri selalu digabungkan bersama gear shift level

Komponen ini dikenal sebagai tuas pemindah persneling, dan garpu pemindah yang keduanya sangat penting dalam transmisi kendaraan.

Sebab fungsi dari komponen ini yaitu menggerakkan serta mengoperasikan semua proses dari sistem transmisi. Komponen kelima ada reverse gear, yaitu komponen yang bertugas dalam merubah arah dari output shaft agar membuat kendaraan dapat berjalan mundur. 

Kemudian ada pula hub sleeve, yang membuat output shap memungkinkan untuk berhenti dan berputar. Selanjutnya komponen yang terakhir dan tidak kalah penting yakni main bearing dan output shaft. 

Dimana fungsi dari main bearing adalah sebagai bantalan dari output shaft, sedangkan output shaft tugasnya mentransferkan torsi yang berasal dari sistem transmisi ke gigi terakhir. Biasanya komponen satu ini disebut pula sebagai poros output.

Baca Juga: Kenali 10 Gejala Transmisi yang Bermasalah agar Terhindar dari Kerusakan Parah

Cara Kerja dari Transmisi Manual

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi shift fork serta berbagai komponen lainnya, maka Anda juga perlu memahami bagaimana cara kerja dari keseluruhan sistem transmisi ini yang tentunya melibatkan seluruh komponennya. 

Cara kerjanya yaitu pertama dalam kondisi netral atau N, maka mesin tidak akan disalurkan pada bagian poros output.

Hal tersebut terjadi karena synchromesh berada pada kondisi tidak terhubung dengan roda gigi tingkat, atau berada pada kondisi bebas. Lalu ketika tuas transmisi ditekan, maka pemutar shift drum akan mengaitkan dan melakukan dorongan sehingga berputar. 

Shift drum ini kemudian terpasang dengan garpu pemilih gigi (shift fork) dan melakukan penguncian. Jika sudah begitu, maka kendaraan Anda akan bergerak sesuai dengan kecepatan putaran gigi yang telah dipilih. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Parkir Mobil Menanjak dan Cara Melakukannya

2021-01-02

Parkir mobil menanjak adalah hal yang sebetulnya berbahaya, karena akan merusak sejumlah komponen mobil. Sayangnya, hal itu masih dilakukan karena sejumlah faktor. Mulai

thumbnail

Komponen AC Mobil yang Perlu Sahabat Ketahui!

2021-02-18

Menurut sejarahnya, AC mobil pertama kali digunakan pada 1939 oleh pabrik mobil asal Amerika, Packard. Pada saat itu, AC masih menjadi perangkat opsional dalam mobil. Se

thumbnail

Mobil Macet di Rel Kereta Api, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

2020-12-15

Sahabat sering mendengar kasus kecelakaan yang melibatkan mobil dan kereta api? Mobil macet di rel kereta api merupakan salah satu kecelakaan yang sering terjadi bahkan

thumbnail

Cara Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Awet dan Terlihat Kinclong

2020-11-17

Tak sedikit orang yang menyukai mobil putih. Hal ini karena, warna tersebut mampu membuat mobil terlihat lebih elegan, apalagi jika disejajarkan dengan mobil berwarna ge