Logo Daihatsu
Menu

14 Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Diam & Solusinya

Otomotif

2022-08-16

mesin mobil bergetar saat diam

Pada pembahasan sebelumnya kita sudah mengetahui penyebab mesin mobil bergetar saat RPM rendah. Kali ini kita akan membahas penyebab mesin mobil bergetar saat diam dan cara mengatasinya. Untuk itu simak postingan ini sampai tuntas.

Mesin bergetar ketika mobil dinyalakan untuk pertama kalinya merupakan hal yang lumrah. Namun bila mesin mobil bergetar dalam kondisi diam, itu tandanya mesin mobil sedang bermasalah. Simak dibawah ini.

Faktor Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Kondisi Mobil Diam

Jika Anda mendapati mesin mobil bergetar saat diam, biasanya terjadi karena terdapat kerusakan di dalam engine mounting. Selain itu, ada penyebab lainnya seperti dibawah ini:

1. Busi Rusak

Busi pada mobil berbeda dengan motor, jumlah busi mobil lebih banyak sehingga mesin mobil menjadi tidak stabil bahkan bergetar ketika ada salah satu busi mobil rusak

2. Kesalahan Penyetelan Mesin

Penyebab lainnya, adalah adanya kesalahan pada saat penyetelan mesin. Hal tersebut biasanya terjadi karena teknisi lalai atau melakukan kesalahan pada saat proses pengembalian komponen yang sebelumnya dibongkar untuk perbaikan atau mengganti komponen yang rusak. 

3. Karet pada Kap Mesin Rusak

Penyebab lainnya, adalah rusaknya karet kap mesin. Pada dasarnya karet ini memiliki fungsi sebagai penahan getaran mobil, namun jika karet ini sudah aus maka akan sulit untuk meredam getaran yang ditimbulkan dari mesin.

4. Gangguan pada Engine Mount

Engine mount merupakan komponen penahan posisi mesin mobil agar tidak bergeser dan stabil ketika mobil melaju kencang.

Namun jika mobil pernah terguncang keras, kekuatan cengkeraman akan menurun. Hal tersebut akan membuat mesin bergeser dan bergetar.

5. Piston Aus

Selanjutnya, hal tersebut bisa juga disebabkan oleh piston yang aus karena terlalu sering mengendarai mobil dengan ugal-ugalan dengan RPM yang tinggi. 

6. Velg Ban Bengkok

Penyebab lainnya adalah velg ban bengkok. Velg yang bengkok bisa terjadi karena kecelakaan hingga salah memasang velg saat memodifikasi mobil. Akibatnya beban mobil tidak bisa ditahan dengan baik saat berjalan.

7. As Roda Aus

Penyebab mesin mobil bergetar saat diam selanjutnya dikarenakan oleh as roda yang sudah aus. Selain velg, as roda mobil yang aus membuat perputaran ban menjadi tidak sempurna. 

8. Ban Mobil Aus

Penyebab selanjutnya adalah ban mobil yang aus. Selain as roda yang aus, ban mobil yang aus juga bisa membuat mesin bergetar padahal dalam kondisi diam sekalipun.

Umur ban mobil bisa diketahui dari kondisi ban yang sudah aus dan harus diganti. Jika ban mobil yang aus dipaksakan untuk dipakai, justru akan membahayakan penumpang mobil.

9. Propeller Shaft Bermasalah

Propeller shaft biasanya digunakan pada mobil dengan sistem penggerak roda belakang. Jika komponen ini bermasalah, mobil akan berjalan tidak seimbang meski melintasi jalur lurus dengan kecepatan rendah.

10. Distribusi BBM Tidak Lancar

Penyebab lainnya karena distribusi bbm tidak lancar terutama pada mobil injeksi. Biasanya masalah ini terjadi pada mobil yang memakai sistem injeksi.

11. Kampas Kopling Habis

Kampas kopling yang habis menyebabkan permukaan flywheel tidak rata sehingga mesin mobil bergetar.

12. Kampas Rem Tipis

Kampas rem tipis selain berbahaya jika digunakan saat mengerem mobil, juga membuat mesin mobil bergetar meski mobil dalam keadaan tidak bergerak. 

13. Fan Rotor AC Rusak

Sering mengalami mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan? Hal ini karena fan rotor AC rusak. Jika tidak segera ditangani, berputarnya kipas AC akan menjadi tidak normal. Sehingga hal ini mengakibatkan mesin mobil menjadi bergetar.

14. Shockbreaker Rusak

Shockbreaker berfungsi menjaga keseimbangan dan kestabilan mobil saat berjalan. Jika komponen ini rusak maka mesin mobil bergetar secara tidak normal dan mobil berjalan tidak seimbang. 

Cara Mengatasi Mesin Mobil Bergetar Saat Diam

Setelah mengetahui apa saja penyebab seperti di atas, berikut cara mengatasinya.

1. Rajin Mengecek Komponen pada Mobil

Langkah pertama, Anda bisa melakukan pengecekan beberapa komponen mobil agar mengetahui komponen apa saja yang bermasalah dan rusak. 

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

2. Ganti Komponen yang Rusak dengan yang Baru

Selanjutnya Anda dapat mengganti komponen-komponen yang sudah mulai aus atau rusak, seperti mengganti busi, karet kap mesin, ban, velg bengkok, kampas rem, kampas kopling, shockbreaker, as roda, piston, engine mount, fan motor AC, dengan komponen yang baru.

3. Servis Secara Berkala ke Bengkel Resmi

Jika masalah tidak bisa Anda atasi secara mandiri, sebaiknya konsultasikan dengan teknisi ahli atau servis mobil Anda secara berkala ke dealer Daihatsu terdekat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kapan Harus Ganti Engine Mounting? Berikut Jawabannya!

2022-08-16

Seperti halnya komponen mobil lainnya, engine mounting juga harus rutin diganti. Jika tidak, hal itu bisa mempengaruhi performa dari mobil itu sendiri. Lantas, kapan har

thumbnail

Tips Memilih Service Mobil Panggilan

2022-08-16

Pertanyaan terkait cara memilih service mobil panggilan belakangan ini semakin sering terdengar. Selain disebabkan karena kondisi pandemi yang mengharuskan para pemilik

thumbnail

Performa Aki Mobil Drop? Ini Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi

2022-08-16

Agar kendaraan dapat berjalan dan bekerja optimal, maka dibutuhkan aki. Komponen tersebut berfungsi sebagai suplai utama untuk kelistrikan mobil, seperti lampu dan bagia

thumbnail

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter Karena Alarm

2022-08-16

Seringkali, mobil tidak bisa distarter dengan lancar, karena a