Logo Daihatsu
Menu

Modifikasi Mobil Daihatsu Taruna yang Unik dan Inspiratif

Otomotif

2023-09-29

Modifikasi Mobil Daihatsu Taruna yang Unik dan Inspiratif

Memberikan Daihatsu Taruna modifikasi dapat membuat kendaraan Anda terlihat menjadi up to date. Berikut ini adalah beberapa inspirasi modifikasi unik dan menarik yang dapat diterapkan pada mobil kesayangan Anda.

Modifikasi Mobil Daihatsu Taruna yang Unik dan Inspiratif

Berikut adalah berbagai macam inspirasi Daihatsu Taruna modifikasi yang menarik untuk Anda terapkan.

1. Model Offroad

Hadir sebagai mobil dengan model SUV, Taruna mungkin terlihat kurang begitu gahar saat melaju. Namun, dengan menerapkan model Offroad pada kendaraan tersebut, maka Taruna dapat diubah jadi mobil Offroad yang gagah.

Meskipun telah menjadi gahar, bukan berarti mobil ini harus digunakan di jalur ekstrem. Anda masih bisa memakainya secara aman dan nyaman di jalanan perkotaan yang landai.

Poin plus dari modifikasinya ini adalah mobil jadi bisa lebih fleksibel dalam menghadapi berbagai medan jalanan. Hal ini tentu sangat cocok dengan kondisi jalan Indonesia yang terkadang berlumpur, terendam air, dan kurang rata.

Hal yang menjadi fokus dalam penerapan gaya off road ini adalah di bagian kaki-kaki. Artinya, untuk gaya ini, bagian bodi ataupun suspensi akan ditinggikan dengan mengganjal plat body lift atau mengganti bagian suspensi off road.

Berikutnya, bisa lanjut mengganti velg dengan ukuran lebih besar. Untuk sentuhan akhir, Anda bisa memakaikan aksesoris-aksesori khas dari mobil off road seperti lampu tembak, pelindung depan, hingga kawat towing.

2. Modifikasi 4x4

Selanjutnya, Daihatsu Taruna modifikasi 4x4 juga dapat dijadikan sebagai inspirasi Anda. Sebenarnya, model ini tidak terlalu berbeda jauh dengan gaya offroad yang sudah dibahas sebelumnya.

Gaya 4x4 ini sudah merupakan hal wajib saat Anda menginginkan gaya offroad pada kendaraan. Jadi, sistem penggerak roda belakang dari Taruna akan diganti jadi sistem penggerak 4x4 dengan memasang gardan dari komponen mobil jenis lain.

Biasanya, supaya dapat mengubah sistem penggerak pada mobil Taruna tersebut, orang-orang menggunakan bagian gardan dari Chevrolet Trooper. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa pemasangan ini tidak plug and play.

Artinya, diperlukan penyesuaian dengan cara custom supaya komponen bisa dipasang. Untuk membuat proses pasang tersebut menjadi aman, Anda dapat menyerahkan proses tersebut pada bengkel spesialis custom 4x4 supaya perubahan ke penggerak 4x4 bisa berjalan lancar.

Baca Juga : Jenis-Jenis Ban Mobil Offroad Serta Rekomendasi Merknya

3. Modifikasi Ceper

Inspirasi berikutnya ini merupakan kebaikan dari modifikasi yang sebelumnya. Pasalnya, untuk gaya ini mengusung tema ceper dengan memendekkan bodi mobil sampai posisinya mendekati permukaan aspal.

Proses pembuatan gaya ceper ini bisa dilakukan dengan memotong ulir per standar. Namun, cara ini terbilang cukup berisiko karena potongan ulirnya harus mempunyai ukuran tepat agar tidak membuat kendaraan mengalami bantingan keras.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat Daihatsu Taruna modifikasi ceper ini adalah dengan mengambil komponen dari jenis mobil lain. Namun, pengambilan komponennya tersebut harus cocok supaya bisa berjalan lancar saat dipasang.

Apabila posisi bodi sudah berhasil dibuat ceper, maka berikutnya tinggal memasang velg berdiameter lebih besar dibanding aslinya. Akan tetapi, pemilihan ini harus tepat dan dilakukan secara custom supaya bisa dipasang dengan tepat.

Sebagai proses finishing, Anda dapat menghilangkan aksen yang kurang cocok pada bagian cat body dengan tema. Sebagai contoh, penggunaan warna silver bisa diubah menyesuaikan warna dari bodi kendaraan.

Demikianlah tadi inspirasi Daihatsu Taruna modifikasi yang dapat Anda coba terapkan. Hal yang perlu diperhatikan, pastikan semua proses custom gaya mobil tersebut dilakukan secara teliti supaya tetap bisa dikendarai dengan nyaman dan pastinya aman.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Punya Daya Tahan Tinggi, Ini 5 Fungsi Utama Silinder Head

2021-01-07

Setiap komponen yang ada pada mesin memiliki peran penting bagi kinerjanya, termasuk kepala silinder. Penamaan head cylinder sendiri disesuaikan dengan pos

thumbnail

Telat Perpanjang SIM? Ini Cara Mengatasinya, Mudah Kok!

2023-05-11

Telat perpanjang SIM bukanlah permasalahan yang baru bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya mobilitas harian yang terlalu tinggi membuat sebagian masyarakat lupa untuk

thumbnail

Ecu Mobil: Fungsi, Komponen, dan Gejala Kerusakannya

2022-09-26

Dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat, sekarang ini produsen mobil banyak yang menggunakan teknologi elektrik.

thumbnail

Ganti Oli Mobil Berapa KM? Ini Waktu yang Tepat

2023-12-17

Pemahaman mengenai pentingnya pergantian oli secara rutin pada kendaraan menjadi kunci untuk mencegah potensi kerusakan pada mesin. Sahabat perlu tahu kapan waktu yang tepat, berapa kilometer yang