Logo Daihatsu
Menu

Standar Ukuran Parkir Mobil yang Ideal di Rumah, Ketahui Disini!

Otomotif

2022-09-14

Standar Ukuran Parkir Mobil yang Ideal di Rumah, Ketahui Disini!

Ketika Anda memiliki mobil selayaknya Anda juga memikirkan ukuran lahan parkir atau garasi mobil Anda. Jangan sampai tetangga Anda terganggu oleh ulah Anda yang parkir sembarangan di bahu jalan. Oleh karena itu, Anda wajib membuat lahan parkir mobil atau garasi mobil di rumah. 

Sebelum Anda membuat garasi atau lahan parkir. Sebaiknya Anda mengetahui berapa standar ukuran parkir mobil yang ideal di rumah? Karena jika Anda asal menentukan ukuran, bisa saja mobil Anda susah di parkir karena ruangan terlalu sempit.

Bisa-bisa mobil kesayangan Anda malah tergores. Namun, jika ukurannya terlalu besar dapat memakan banyak ruang sehingga kurang efektif. Berikut ukuran ideal parkir mobil di rumah. 

Baca Juga : Bahaya Sering Parkir Langsung Terkena Terik Sinar Matahari

Berapa Ukuran Garasi Parkir Mobil di Rumah? Ini Standarnya!

Sebelum Anda menentukan berapa ukuran ideal parkir mobil di garasi rumah. Sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut.

1. Mengetahui Ukuran Sesuai Jenis Mobil

Setiap mobil yang beredar di pasaran tentu memiliki bentuk dan dimensi yang berbeda. Berikut beberapa dimensi mobil dilihat dari jenis mobilnya. 

  • Mobil jenis SUV dan Van

Mobil jenis ini biasanya memiliki dimensi ukuran, panjang 4,9 meter hingga 5,8 meter. Lebarnya sebesar 1,8 meter hingga 2,1 meter, dan tingginya mencapai 1,5 meter hingga 1,8 meter.

  • Mobil dengan ukuran mini dan mobil sport

Mobil jenis ini memiliki panjang 4,3 meter hingga 4,9 meter, lebar 1,5 meter hingga 1,8 meter, dan tingginya mencapai 1,2 meter hingga 1,5 meter.

  • Mobil ukuran jumbo dan mobil mewah

Mobil jenis ini biasanya memiliki ukuran panjang sebesar 4,9 meter hingga 5,5 meter. Lebarnya mencapai 1,8 meter hingga 1,9 meter, serta tingginya mencapai 1,4 hingga 1,5 meter.

Baca Juga : Cara Parkir Mobil Aman Tanpa Merusak Transmisi Otomatis Mobil

2. Mengetahui Rumus Batas Minimum Ruang Garasi 

Tempat parkir mobil di rumah atau sering disebut juga dengan garasi harus diketahui dengan benar rumus batas minimum ruang garasi. Pastikan Anda tidak membuat garasi atau parkir mobil lebih kecil dari ukuran batas minimum yang ditentukan. Berikut ukuran batas minimum ruang garasi.

Untuk ukuran panjang garasi maka tambahkan 100 cm hingga 120 cm dari ukuran mobil Anda. Untuk lebar garasi tambahkan 100 cm dari ukuran mobil Anda. Agar kaca mobil tidak pecah dan terdapat goresan di mobil ketika dimasukkan atau dikeluarkan. Tambahkan 100 cm dari ukuran tinggi mobil Anda. 

3. Mengetahui Rumus Ukuran Garasi Untuk Dua Mobil

Jika Anda memiliki dua mobil sekaligus, Anda bisa menggunakan rumus ini. Rumus ini dikenal dengan rumus 3x76. Artinya, Anda harus berikan jarak minimal 76 cm antara spion mobil pertama ke dinding garasi.

Kemudian jarak minimal spion mobil kedua ke spion mobil pertama berjarak 76 cm. Dan berikan jarak antara dinding garasi ke spion mobil kedua minimal 76 cm.

4. Mengetahui Rata-Rata Ukuran Ideal Garasi

Terdapat dua ukuran rata-rata untuk garasi, yaitu untuk satu mobil dan dua mobil. Berikut ini selengkapnya :

Garasi satu mobil

Ukuran rata-rata garasi untuk satu mobil tergantung dari besar atau kecilnya dimensi mobil. Untuk mobil jenis hatchback, LCGC, atau city ukuran garasi yang ideal adalah panjang (4,5 meter), tinggi (2,5 hingga 3 meter), dan lebar (2 meter).

Namun, untuk mobil dengan dimensi yang lebih besar biasanya ukuran idealnya adalah panjang (6 meter), tinggi (3 meter), dan lebar (2,6 meter). 

Garasi dua mobil

Ukuran ideal untuk garasi dua mobil biasanya berbentuk persegi dengan ukuran 6x6 meter atau 6,5 meter x 6,5 meter.

Itulah beberapa ukuran parkir mobil atau garasi yang ideal yang bisa Anda jadikan referensi. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal lainnya demi keamanan Anda ketika memarkirkan mobil kesayangan Anda.

Misalnya seperti memasang pembatas ban, memasang lantai garasi berbahan granit atau keramik. Tak hanya itu, Anda perlu memperhatikan desain garasi seperti memberikan pintu dorong, atau pintu geser garasi, memperhatikan sirkulasi udara dan pencahayaan garasi.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Menghasilkan Setelan Kopling Mobil yang Benar

2020-12-03

Menentukan setelan kopling mobil yang benar adalah hal yang ga

thumbnail

Pengendara Wajib Tahu! Yuk Simak Bagian-Bagian Mobil dan Fungsinya

2021-01-14

Bisa dibilang sebuah kendaraan akan sulit bergerak atau dinyalakan tanpa adanya beberapa komponen di dalamnya. Jika salah satu ba

thumbnail

Tips Merawat Rem Mobil Agar Tetap Pakem

2022-07-06

Kendaraan mobil merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh masyarakat saat ini untuk kebutuhan pribadinya. Namun, saat Anda memiliki sebuah mobil, tentu A

thumbnail

Kendaraan Tidak Bisa Jalan? Kenali Penyebab Kopling Selip pada Mobil Disini

2021-01-08

Sebagai pemilik mobil, pastinya Anda akan selalu menggunakannya kemanapun itu. Seringnya pemakaian inilah yang terkadang membuat kendaraan cepat alami kerusakan, terutam