Logo Daihatsu
Menu

Sudah Tahu Apa Itu Tune Up Mobil? Berikut Penjelasannya

Otomotif

2024-01-09

tune up mobil

Sebagian besar pemilik mobil, pastinya telah mengenal istilah tune up. Meski tidak jauh beda dengan servis, namun dalam pengerjaannya antara kedua kegiatan ini sangatlah berbeda satu sama lain. Tune up dilakukan guna meningkatkan performa kendaraan kesayangan.

Asal usul kata "tune up" dapat ditarik dari gabungan kata "tune" dan "up," yang bermakna melakukan penyesuaian kembali atau memulihkan kinerja. Secara keseluruhan, tune up merujuk pada proses penyetelan ulang dan pembersihan semua komponen serta sistem dalam mesin mobil untuk mengembalikan atau bahkan meningkatkan performanya. Jika terdapat komponen yang tidak optimal, dilakukan pemeriksaan dan penggantian sesuai kebutuhan.

untuk itu, agar anda mendapat pemahaman yang mendalam mengenai tune up mobil, berikut kami berikan informasi mengenai pengertian tune up mobil, biayanya, serta cara melakukannya.

Pengertian Tune Up Mobil

Tune up mobil adalah perawatan rutin pada mobil yang dirancang untuk memastikan kinerja optimal dan efisiensi mesin. Tahapan tune up melibatkan pemeriksaan serta penyesuaian komponen, seperti busi, filter udara, filter bahan bakar, dan sistem pengapian, guna memastikan kinerja yang optimal dan efisien dari mobil.

Sebagai tambahan, tune up juga melibatkan kemungkinan penggantian bagian-bagian yang mengalami keausan atau kerusakan, seperti busi, kabel busi, rotor, atau kapasitor pengapian.

Dengan menjalankan tune up secara teratur, mobil dapat tetap dalam kondisi prima, mengurangi risiko terjadinya kerusakan mesin yang lebih serius di masa depan.

Tune up sendiri dikerjakan dengan tujuan agar performa mobil tetap terjaga dan maksimal. Bisa dibilang, tune up ini merupakan perawatan pada seluruh kondisi engine bagian dalam kendaraan termasuk juga kondisi sistem pembakaran.

Biaya Tune Up Mobil

Biaya yang dibebankan kepada Anda saat melakukan tune up di bengkel umum biasanya berkisar Rp. 350.000. Namun, harga tersebut hanya berlaku untuk tune up standar. Jika ternyata mobil Anda memerlukan perawatan khusus tentu biaya yang harus dibayar bisa lebih mahal.

Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya proses pengerjaan tune up dan cara pengerjaannya memiliki standarisasi dan SOP tersendiri di tempat servis resmi. Untuk itu, biaya yang dibebankan jauh lebih tinggi ketimbang di bengkel umum. Di samping itu, cara tune up mobil pada tempat servis resmi dikerjakan oleh orang yang ahli dan biasa mengurus mobil sejenis.

Cara Tune Up Mobil Injeksi

Dalam prosesnya tune up akan melalui beberapa tahapan. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu memeriksa baterai atau aki. Hal ini perlu dilakukan guna memeriksa penyangganya, hubungan terminal, serta batas air aki. Bila telah mengecek keadaan baterainya, selanjutnya memeriksa saringan udara di dalam engine mobil.

Untuk bisa memeriksa saringan udara, Anda perlu membukanya terlebih dahulu kemudian membersihkannya dengan cara menghembuskan udara bertekanan dari arah sebelah dalam. 

Berikutnya adalah memeriksa tali kipas dari adanya keausan, retak, ataupun ketegangan. Untuk mengecek kelenturannya, bisa dilakukan dengan memberikan tekanan sebesar 10 kilogram di tengah pompa.

Jika kondisi tali kipas telah aman, selanjutnya memeriksa keadaan busi yang berada di dalam engine. Periksa elektroda tengah yang terdapat di setiap busi untuk hindari pengikisan, pecah, atau porselen pada busi rusak. 

Kemudian yang terakhir yaitu memeriksa kabel tegangan tinggi dengan cara melepaskannya dari tutup distributor dikala melepas kabel busi.

Tune Up Mobil Manual

Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya tune up mobil injeksi dengan mobil manual ternyata berbeda. Biasanya sebelum melakukan tune up, terdapat pemeriksaan di beberapa komponennya seperti air radiator, oli mesin, dan kondisi visual mesin. 

Bila proses pemeriksaan telah usai, tune up akan dilakukan secara berurutan dan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

Langkah pertama yaitu dimulai dengan membersihkan saringan udara atau air filter yang berada di dalam mobil. Bongkar saringan udara tersebut, lalu bersihkan komponen di dalam saringan dengan menggunakan udara bertekanan. 

Berikutnya yaitu memeriksa kondisi sistem pendinginan, dengan cara mengecek ketinggian air pendingin apakah telah sampai garis penuh atau belum.

Bagian yang perlu tune up selanjutnya yaitu tutup radiator dengan menggunakan radiator cup tester. Usai bagian tersebut diperiksa, yang terakhir adalah memeriksa tali kipas, baterai, distributor, dan tekanan kompresi. 

Baca Juga: Bahaya Jika telat ganti Oli Mobil

Waktu yang Dibutuhkan Tune Up

Menjadi kegiatan yang wajib untuk dilakukan, tune up merupakan salah satu aktivitas perawatan rutin pada setiap kendaraan roda empat. Sejatinya, melakukan tune up tidak bisa sembarangan waktu. 

Waktu yang paling tepat untuk melakukan tune up adalah saat kendaraan kesayangan telah mencapai batas kilometer untuk melakukan servis atau maksimal setahun sekali.

Mengingat banyaknya yang harus diperiksa, Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tune up kurang lebih satu jam. Proses selama satu jam ini sudah termasuk tune up mesin, bensin dan berbagai tahapan lainnya.

Itu dia informasi lengkap mengenai apa itu tune up mobil, biayanya, serta cara melakukannya. Secara umum, tune up mobil adalah proses perawatan rutin yang bertujuan meningkatkan performa mesin yang melibatkan pemeriksaan dan penyesuaian komponen, seperti busi, filter udara, dan sistem pengapian.

Tune up menjaga mobil dalam kondisi optimal. Meskipun biaya bervariasi antara bengkel umum dan servis resmi, melakukan tune up secara teratur membantu mencegah kerusakan serius. Waktu yang tepat adalah saat mencapai batas kilometer servis atau setahun sekali. Dengan investasi biaya dan waktu yang terbatas, tune up memastikan mobil tetap handal dan efisien.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa Arti Masa Inden pada Pembelian Kendaraan Mobil? Yuk Cek!

2023-07-06

Ketika hendak membeli kendaraan bermotor seperti mobil, terkadang pihak dealer mobil menyuruh pembeli untuk ind

thumbnail

Cara Mengecek Oli Transmisi Mobil Matik Paling Gampang, Bisa Dilakukan Sendiri!

2020-12-22

Cara mengecek oli transmisi mobil merupakan satu hal yang harus dilakukan secara berkala untuk mengetahui apakah perlu dilakukan penggantian oli atau tidak. Transmisi ma

thumbnail

Berapa Denda Jika Tidak Pakai Sabuk Pengaman Mobil?

2022-08-08

Pengemudi kendaraan roda 4 atau lebih wajib menggunakan sabuk pengaman. Jika tidak mereka akan mendapatkan sanksi dan denda tidak pakai sabuk pengaman mobil.Sudah umum jika

thumbnail

Inilah Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Bagian Dalam yang Buram dengan Langkah Praktis

2021-08-01

Kaca mobil mudah mengalami buram atau berminyak karena disebabkan oleh berbagai hal. Jika tak kunjung dibersihkan, nantinya kaca lampu mobil cepat berjamur. Nah, pada ar