Logo Daihatsu
Menu

Tips Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Otomotif

2022-06-29

Mika Lampu Kusam

Salah satu interior mobil yang vital adalah bagian mika lampu. Terutama saat berkendara di malam hari, penerangan yang baik sangatlah dibutuhkan. Lantas bagaimana jika mika lampu kusam? Tentu akan membuat cahaya lampu kurang maksimal. Selain itu, tampilannya pun menjadi kurang enak dipandang. 

Beberapa faktor seperti debu, polusi dan sinar matahari dapat membuat mika lampu kusam. Oleh karenanya, sebagai pemilik mobil harus memberi perawatan agar terhindar dari hal tersebut. Perawatannya sederhana, namun perlu dilakukan secara teratur agar mika lampu tidak cepat kusam.

Pentingnya Membersihkan Mika Lampu Kusam pada Mobil

Mika lampu kusam atau terlanjur kuning mengakibatkan turunnya performa lampu dalam memberikan cahaya saat berkendara. Oleh sebab itu, kebersihan mika lampu menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Terutama lampu depan mobil yang harus bisa diandalkan saat berkendara di malam hari.

Ada beberapa faktor penyebab mika mobil kusam diantaranya cuaca panas, hujan, debu, polusi dan usia mobil Anda. Jangan biarkan mika lampu Anda usang akibat minimnya perawatan. Bahkan mencuci mobil seperti biasa tidak cukup, mika lampu masih dapat berubah warna seiring menuanya usia mobil. 

Anda bisa saja membawanya ke bengkel salon perawatan mobil untuk dibersihkan. Namun biaya yang harus dikeluarkan biasa tidak kecil. Jika memiliki waktu luang, Anda bisa mencoba untuk membersihkan secara mandiri. Meski hasilnya tidak sebagus jika dibawa ke bengkel, setidaknya dapat mengurangi kusam atau warna kuning pada mika lampu Anda.

Tips Membersihkan Mika Lampu Kusam pada Mobil

Sebagai komponen penting pada sebuah kendaraan, tak ada salahnya memberikan perawatan ekstra pada lampu mobil Anda. Jika mika lampu kusam atau terlanjur buram, segera ambil tindakan agar tidak semakin usang dan menguning. 

Setelah mengetahui pentingnya merawat mika lampu mobil, selanjutnya Anda dapat membersihkan mika lampu sendiri. Tak perlu mahal, Anda hanya membutuhkan alat dan bahan sederhana yang mudah ditemukan. Caranya cukup mudah, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba :

1. Cuci mika lampu mobil

Cara pertama yang bisa Anda coba yaitu mencuci mika lampu mobil. Pencucian lampu merupakan tahap awal dari tahap pembersihan selanjutnya supaya hasil lebih maksimal. Gunakan sabun khusus cuci mobil dan keringkan dengan lap halus yang kering. 

Hal tersebut berguna untuk membersihkan debu, polusi, kotoran dan minyak yang menempel selama Anda berkendara di jalanan. Anda juga bisa menggunakan kanebo agar air cucian terserap sempurna agar lebih cepat kering. 

2. Bersihkan dengan ramuan khusus

Cara kedua yaitu dengan membuat racikan cairan pembersih khusus. Cukup siapkan amplas, pertamax/pertalite dan sabun cuci piring. Selanjutnya campurkan bahan tersebut dengan perbandingan 6 : 4 atau 7 : 3. 

Amplas yang tadi disiapkan dapat Anda celupkan pada ramuan tadi dan gosok secara perlahan. Kemudian siram dengan air bersih dan ulangi lagi jika diperlukan. Jika sudah bersih, bilas dan keringkan dengan lap atau kanebo. 

3. Gosok dengan pasta gigi

Tips selanjutnya yang bisa dicoba yaitu dengan menggosokkan pasta gigi pada mika lampu mobil. Perlu diketahui, pasta gigi memiliki kandungan bahan kimia semacam soda kue yang mampu mengangkat kotoran dengan lebih baik daripada sabun.

Pada permukaan mika lampu yang menguning, oleskan pasta gigi secara merata di bagian yang diinginkan. Tunggu beberapa saat, lalu gosok menggunakan lap kering, kanebo atau microfiber. Setelah itu bilas menggunakan air hangat lalu keringkan.

 

4. Gunakan compound

Anda bisa memakai compound untuk membersihkan kaca lampu depan. Caranya dengan meratakan compound pada area yang kusam, lalu gosoklah secara memutar dan perlahan searah jarum jam atau berlawanan dengan jarum jam. 

Gunakan lap lembut atau microfiber agar tidak meninggalkan bekas goresan atau lecet saat menggosok. Lakukan dengan hati-hati, sebab compound merupakan bahan keras yang dapat mengikis permukaan mika lampu.

Kondisi mika lampu kusam dapat menghalangi pencahayaan mobil. Hal ini cukup bahaya jika nekat berkendara di malam hari atau saat hujan. Anda dapat membersihkan sendiri mika lampu yang menguning atau kusam jika memiliki budget terbatas. Cara diatas dapat Anda terapkan.

Namun jika sudah terlanjur kusam dan usang sebaiknya diganti dengan yang baru. Terutama jika usia mobil sudah lebih dari 10 tahun. Pastikan Anda mengganti mika lampu mobil Daihatsu Anda di sparepart resmi mobil Daihatsu di sini!

 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bahaya Isi Ulang Air Aki Mobil Pakai Air Zuur

2022-06-29

Tahukah Anda bahwa ternyata sangat bahaya isi ulang aki pakai air zuur, mengapa? Karena air zuur mengandung asam sulfat. Kandungan asam sulfat  ini bisa berbahaya,

thumbnail

Kenali Penyebab Rusaknya Aki Mobil

2022-06-29

Pernah nggak sih aki mobil Sahabat tiba-tiba rusak atau soak padahal baru digunakan dalam hitungan bulan? Normalnya, masa aki  mobil mencapai 1 sampai 2 tahun. Apal

thumbnail

Mengupas Tuntas 6 Penyebab Aki Mobil Tekor Beserta Gejala Kerusakannya

2022-06-29

Aki merupakan bagian krusial dalam sebuah kendaraan yang bertugas untuk menghidupkan mesin. Apabila aki mengalami keausan, maka mobil tidak bisa distarter dan dikemudika

thumbnail

Tips Memperbaiki Karburator Mobil Sendiri

2022-06-29

Pada mobil, karburator memiliki peran penting terhadap kinerja mesin. Konsumsi bahan bakar atau tenaga mesin dapat dipengaruhi oleh kondisi karburator.