Logo Daihatsu
Menu

3 Cara Mematikan Lampu ABS yang Menyala pada Mobil

Otomotif

2022-10-25

Cara Mematikan Lampu ABS dan Rem Tangan yang Menyala pada Mobil

Pada masa sekarang, penggunaan teknologi ABS (Anti-lock Brake System) sudah merata. Hampir semua produsen mobil menyematkan fitur teknologi tersebut kepada mobil produksinya demi meningkatkan keselamatan. 

Fungsi utama ABS pada mobil adalah tidak mengunci sistem pengereman dan ban ketika kondisi mobil melakukan pengereman mendadak. Jadi, Anda tetap bisa mengendalikan mobil dengan baik tanpa tergelincir saat mengerem. 

Ketika Anda menggunakan fitur ABS, maka otomatis lampu indikator fitur tersebut menyala. Lantas bagaimana jika lampu ABS menyala terus? Bagaimana cara mematikan lampu ABS dan rem tangan yang selalu menyala pada mobil? Selengkapnya, perhatikan cara-cara berikut.

Cara Mematikan Lampu ABS Menyala pada Mobil Terus Menerus

Berikut beberapa cara yang perlu Anda ketahui, bagaimana mengatasi lampu ABS yang menyala secara terus-menerus.

1. Cek Bagian Sensor Lampu Indikator

Cara pertama, Anda bisa mengecek terlebih dahulu bagian sensor lampu indikator ABS. Cek bagian kabel sensor yang terletak di roda depan mobil apakah ada masalah atau tidak.

Selanjutnya cek kerja sensor lampu indikator yang mendeteksi kondisi brake pads yang mulai menipis. Kondisi sensor inilah yang membuat lampu indikator ABS menyala karena permukaan minyak rem turun drastis.

2. Membersihkan Throttle Body

Cara kedua, Anda bisa membersihkan bagian throttle body menggunakan pembersih khusus mobil. Semprot cairan tersebut ke selang saluran udara yang berada pada mesin mobil. Setelah proses pembersihan, mesin mobil akan batuk-batuk sebentar hingga kondisi mesin kembali normal.

3. Mengunjungi Bengkel Resmi

Jika lampu indikator ABS tetap menyala terus, Anda bisa meminta bantuan bengkel resmi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Anda bisa mengunjungi dealer Daihatsu terdekat untuk melakukan perawatan mobil Daihatsu kesayangan Anda.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Aki Menyala

Cara Mematikan Lampu Rem Tangan yang Terus Menyala

Berikut beberapa cara yang perlu Anda ketahui untuk mematikan lampu rem tangan mobil yang terus menyala, antara lain :

1. Cek Kondisi Volume Minyak Rem

Jika lampu rem tangan terus menerus menyala, bisa jadi kondisi volume minyak rem Anda mulai habis. Anda bisa menambahkan minyak rem hingga melebihi batas minimum kebutuhan.

2. Ganti Kampas Rem

Kondisi kampas rem yang sudah mulai aus dapat menyebabkan penurunan permukaan minyak rem secara drastis pada tabung reservoir.

Hal tersebut dapat memicu lampu rem tangan menyala secara terus menerus. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa segera ganti kampas rem yang sudah aus dengan yang baru.

Penyebab Lampu ABS dan Rem Tangan Menyala Terus

Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan lampu ABS dan rem tangan menyala terus.

Penyebab Lampu ABS Menyala Terus

  • Unit kontrol bermasalah
  • Volume minyak rem hampir habis
  • Speed sensor bermasalah
  • Adanya gangguan pada sistem mesin khususnya bagian instalasi kabel
  • Solenoid bermasalah
  • Pengecekan bohlam standar
  • Malfungsi pemompaan

Baca Juga : Penyebab Indikator Eco Daihatsu Terios Tidak Menyala

Penyebab Lampu Rem Tangan Menyala Terus

  • Volume minyak rem hampir habis 
  • Kampas rem sudah tipis atau aus
  • Kebocoran minyak rem
  • Lupa melepas parking brake atau handbrake

Demikian ulasan lengkap mengenai cara mematikan lampu rem tangan dan lampu abs menyala terus. Pastikan Anda selalu rutin mengecek dan melakukan perawatan terhadap komponen sistem pengereman mobil.

Hal tersebut wajib Anda lakukan, mengingat fungsi sistem pengereman yang begitu penting bagi kenyamanan dan keselamatan pengguna mobil. 

Jangan lupa kunjungi bengkel atau dealer Daihatsu terdekat ketika hendak melakukan perawatan dan penggantian komponen mobil. Daihatsu akan memberikan Anda pelayanan terbaik dalam mengatasi permasalahan mobil Anda. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Menjaga Rem Tangan Bekerja dengan Baik

2020-12-08

Rem tangan sering juga disebut sebagai rem parkir (parking brake). Kenapa? Berbeda dengan rem biasa, parking brake emang bakal berguna banget ketika mobil kamu sedang pa

thumbnail

Fungsi Fogging Mobil dan Tips Melakukannya

2020-12-07

Ketika mendengar kata fogging, mungkin sebagian besar akan langsung teringat dengan metode pengasapan untuk memberantas sarang nyamuk. 

thumbnail

Serba-serbi Alarm Mobil, Cara Kerja sampai Tips Memilihnya

2020-12-03

Alarm mobil merupakan suatu perangkat yang digunakan pada kendaraan sebagai bagian dari sistem keamanan. Keberadaan dari alarm mobil bisa dikatakan penting karena memiliki berbagai fungsi. 

thumbnail

Begini Prosedur Serah Terima Mobil Baru dari Dealer yang Benar dan Aman bagi Konsumen

2021-12-20

Membeli mobil dari dealer bukan jaminan bahwa kemudian urusan Anda selesai. Namun, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan terjadi prosedur serah terima