Logo Daihatsu
Menu

5 Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes dan Cara Mengatasinya

Otomotif

2022-12-28

5 Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes dan Cara Mengatasinya

Ban tubeless diklaim mampu menghemat biaya perawatan ban yang diakibatkan kebocoran ban. Meski terbilang efektif, terkadang ban tubeless juga kempes walaupun baru digunakan pertama kali. Lantas apa sebenarnya penyebab ban tubeless sering kempes? Bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut? Selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

Meski ban tubeless di desain tidak memiliki ban dalam, ternyata ban tubeless bisa saja kempes. Berikut beberapa hal yang menyebabkan ban tubeless sering kempes, antara lain :

1. Ban tubeless kurang berkualitas

Penyebab ban tubeless sering kempes yaitu karena kualitas ban yang jelek. Ketika Anda hendak membeli ban tubeless, sebaiknya Anda mencari referensi terlebih dahulu merk ban tubeless yang terbaik agar tidak salah pilih. Ban tubeless yang kurang berkualitas dapat menyebabkan ban tubeless menjadi kempes.

2. Adanya benda tajam menancap di permukaan ban

Penyebab ban tubeless sering kempes selanjutnya yaitu karena ada paku atau benda tajam yang menancap di permukaan ban. Meski ban tubeless memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan ban biasa dalam saat tertusuk benda tajam.

Ban tubeless bisa mengalami bocor seiring berjalannya waktu. Kondisi tersebut bisa jadi disebabkan permukaan ban tubeless sudah gundul.

3. Pentil ban tubeless sudah longgar dan aus

Pentil ban tubeless yang sudah longgar atau sudah aus juga berpotensi menyebabkan ban mudah kempes. Hal tersebut terjadi akibat tekanan angin di dalam ban tidak dapat tersimpan dengan baik.

4. Velg mobil kotor

Kondisi velg mobil yang kotor dipenuhi pasir dan debu juga dapat menyebabkan ban tubeless kempes. Pasir dan debu yang menempel di velg juga akan membuat permukaan ban kotor dan meningkatkan gesekan ketika berjalan. Akibatnya permukaan ban cepat aus dan mudah mengalami kebocoran.

5. Velg mobil bengkok

Penyebab ban tubeless sering kempes yang terakhir yaitu karena velg mobil yang bengkok. Kempesnya ban tubeless bisa saja disebabkan karena kebocoran halus. Kebocoran tersebut biasanya terjadi akibat kondisi velg mobil yang bengkok. 

Baca Juga : Serba-Serbi Ban Tubeless, Mulai dari Fungsi, Kelebihan, hingga Rekomendasi Produknya

Cara Mengatasi Ban Tubeless yang Sering Kempes

Diatas kita sudah mengetahui beberapa penyebab ban tubeless sering kempes, Nah berikut beberapa cara yang bisa Anda praktikan untuk mengatasi permasalahan ban tubeless sering kempes, antara lain :

1. Rajin membersihkan permukaan ban dan velg

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ban dan velg yang terlalu kotor dapat menyebabkan kondisi ban mudah kempes. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa melakukan perawatan rutin seperti membersihkan permukaan ban dan velg yang kotor.

2. Memperhatikan kondisi velg

Selain membersihkan bagian velg yang kotor. Anda harus memperhatikan kondisi velg apakah masih normal atau bengkok. Bila velg sudah bengkok, Anda wajib segera menggantinya untuk menghindari sayatan atau tekanan pada ban mobil.

3. Hindari jalanan dengan medan berat atau jalanan rusak

Kondisi jalanan dengan medan berat atau rusak, kerap kali memperpendek usia ban mobil, termasuk ban tubeless. Agar permukaan ban tubeless Anda tidak mudah gundul, dan aus sebaiknya Anda memilih alternatif jalanan yang rata.

4. Rajin memeriksa kondisi tekanan angin dan pentil ban

Rajin memeriksa kondisi tekanan angin pada ban tubeless dapat mengurangi risiko kebocoran pada ban. Dengan memeriksa kondisi tekanan angin, Anda juga dapat mengetahui kondisi pentil ban mobil bermasalah atau tidak. Pastikan Anda selalu mengisi tekanan angin sebelum mengemudikan mobil.

5. Hindari membawa beban yang berlebihan 

Membawa barang yang terlalu berat, atau membawa penumpang yang terlalu banyak dapat meningkatkan beban mobil. Kondisi tersebut dapat memberikan tekanan yang berlebihan terhadap ban tubeless sehingga mudah bocor atau kempes.

Baca Juga : Ban Tubeless Jauh Lebih Baik Dibanding Ban Biasa?

6. Servis mobil secara berkala

Untuk menghindari ban tubeless sering kempes, Anda bisa mengunjungi bengkel atau dealer Daihatsu terdekat untuk memeriksa kondisi ban dan komponen mobil lainnya. Servis secara rutin dan berkala dapat meningkatkan keamanan, dan kenyamanan Anda dalam bermanuver. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bagaimana Cara Kerja Sistem Pengisian Tegangan Baterai Mobil?

2020-11-27

Tidak bisa dipungkiri jika mobil bak sebuah alat yang penuh dengan komponen kompleks di dalamnya, seperti contohnya sistem pengisian. Peranti yang berfungsi mengisi tega

thumbnail

Bahaya Sering Parkir Langsung Terkena Terik Sinar Matahari pada Interior Mobil

2022-02-14

Ada kalanya Anda akan dihadapkan pada situasi ketika Anda kesulitan untuk mencari tempat parkir. Satu faktor yang cukup penting tapi sering dilupakan oleh para pengemudi

thumbnail

Tips Mengendarai Mobil Saat Banjir

2020-11-17

Melewati jalanan yang banjir saat berkendara adalah hal yang gampang-gampang susah. Perlu langkah tersendiri supaya kita bisa melewati jalanan yang banjir, namun tidak bikin mobil kita terjadi masa

thumbnail

Penyebab Stang Piston Mobil Bisa Bengkok

2022-04-12

Stang piston atau disebut dengan connecting rod pada setiap kendaraan memiliki fungsi yang penting. Memiliki fungsi sebagai lengan untuk mengubah gaya naik turun