Logo Daihatsu
Menu

7 Jenis Karburator pada Mobil dan Cara Kerjanya

Otomotif

2023-07-04

7 Jenis Karburator pada Mobil dan Cara Kerjanya

Karburator merupakan komponen mobil yang berfungsi sebagai pengatur jumlah campuran udara dan bahan bakar pada silinder mesin. Mengetahui cara kerja dan jenis-jenis karburator sangat menguntungkan bagi Anda, karena Anda bisa lebih memahami proses penghasilan tenaga agar mobil bisa bergerak. Berikut jenis karburator selengkapnya beserta cara kerjanya.

Jenis-Jenis Karburator

Ada beberapa jenis karburator yang perlu Anda ketahui. Berikut jenis selengkapnya.

1. Jenis arus turun (down draft)

Jenis pertama ada karburator arus turun atau down draft. Untuk menggerakkan udara, karburator jenis ini menggunakan aliran vertikal dari atas ke bawah. Karburator jenis ini biasanya sering digunakan pada mobil berkapasitas besar.

2. Jenis arus naik (up draft flow)

Jenis kedua ada karburator arus naik atau up draft. Bisa dibilang jenis ini kebalikan dari karburator down draft. Untuk menggerakkan udara, karburator up draft menggunakan aliran vertikal dari bawah ke atas untuk menuju bagian intake. 

3. Jenis arus samping (side draft flow)

Jenis ketiga ada karburator jenis arus samping atau side draft flow. Sesuai dengan namanya, karburator ini menggunakan bagian samping sebagai pintu masuk bahan bakar atau udara. Nantinya, udara dan bahan bakar tersebut akan dicampur dan di distribusi ke bagian silinder untuk proses pembakaran mesin.

4. Karburator fixed venturi

Jenis keempat ada karburator fixed venturi. Jenis ini bisa Anda temukan pada mobil-mobil dengan tahun keluaran terbaru, karena bentuknya yang simpel. 

5. Karburator variable venturi

Jenis selanjutnya ada karburator variable venturi. Jenis ini memiliki bentuk yang sedikit lebih rumit dibandingkan jenis fixed venturi. Karburator jenis ini memanfaatkan bagian permukaan untuk mengatur jumlah udara yang akan masuk. Mekanisme kerja karburator ini terbilang cukup unik, karena pembukaan katup selalu selaras meski dalam kecepatan sedang atau rendah.

6. Karburator air valve venturi

Jenis selanjutnya, ada karburator jenis air valve venturi. Sesuai dengan namanya, karburator jenis memanfaatkan udara sebagai pengatur utama ketika katup udara terbuka. Permukaan dari karburator air valve ini mirip dengan karburator downdraft double barrel.

Baca Juga : 3 Cara Menyetel Karburator Mobil yang Benar agar Bensin Lebih Irit

7. Karburator barrel

Karburator barrel menggunakan barrel sebagai tumpuan utamanya. Karburator jenis barrel sendiri terbagi menjadi dua yaitu single barrel dan double barrel. Berikut penjelasan selengkapnya.

Karburator Single Barrel (Satu Barrel)

Dalam mekanisme kerjanya, karburator single barrel hanya memanfaatkan satu barrel sebagai tumpuan. Oleh karena itu, kinerja karburator ini sedikit lambat karena beban kerja yang ditanggung karburator cukup berat.

Karburator double barrel (dua barrel)

Sesuai dengan namanya, karburator jenis ini memanfaatkan dua barrel dan venturi dengan ukuran diameter yang cukup kecil dalam menjalankan fungsinya. Penggunaan dua barrel tersebut berdampak terhadap kinerja karburator yang lebih cepat dibandingkan jenis karburator single barrel. 

Demikian beberapa jenis karburator yang perlu Anda ketahui. Agar komponen ini bisa berfungsi secara maksimal. Anda bisa melakukan pengecekan dan perawatan karburator secara rutin. Anda bisa melakukan perawatan secara mandiri. 

Jika Anda berniat melakukan perawatan secara mandiri Anda bisa membuka bagian filter udara mesin menggunakan kunci ukuran 12 dan 10. Kemudian lepas bagian baut drain karburator menggunakan kunci ukuran 14. 

Selanjutnya lakukan penyetelan ulang karburator dan jangan lupa membersihkan bagian karburator dengan cairan pembersih karburator. Langkah selanjutnya Anda bisa mengecek ulang performa dari karburator dengan menyalakan mesin dalam kondisi idle untuk menentukan langsam atau tidak.

Jika Anda merasa masih kurang ahli dalam melakukan perawatan secara mandiri, Anda bisa mengunjungi bengkel Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa Fungsi Lampu Kota pada Mobil? Ternyata Penting Lho!

2022-08-18

Pada dasarnya setiap produsen mobil telah melengkapi setia kendaraan yang diproduksi dengan berbagai

thumbnail

Tarif Tol Jakarta Semarang Terbaru 2024, Semua Golongan!

2024-02-23

Bagi Anda warga Jakarta yang hendak berkunjung ke Kota Semarang, maka Anda perlu tahu tarif tol Jakarta Semarang terbaru 2024 sebelum melakukan perjalanan. Dengan be

thumbnail

Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri

2020-12-04

Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki k

thumbnail

Beginilah Fungsi dan Cara Kerja Alternator Mobil

2021-01-14

Sebagian besar pemilik mobil pastinya telah mengetahui bila di dalam kendaraannya terdapat beberapa komponen engine yang memiliki tugas masing masing.