Logo Daihatsu
Menu

Amankah Charger HP di Mobil? Ini Tipsnya!

Otomotif

2022-08-10

Amankah Charger HP di Mobil? Ini Tipsnya!

Anda sering melakukan charger HP di mobil? Jika iya, maka Anda wajib mengikuti panduan dibawah ini. Melakukan pengisian daya hanpdhone di mobil ada tips khusus yang harus diperhatikan, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Zaman sekarang hampir setiap waktu orang tidak lepas menggunakan HP. Hal tersebut karena HP dapat membantu aktivitas sehari-hari sebagai sarana komunikasi, hingga sarana mencari sebuah informasi.

Padatnya rutinitas harian menggunakan bantuan HP terkadang membuat lupa untuk sekedar mengisi daya, sehingga tidak sedikit orang yang melakukan pengisian daya di mobil.

Lantas amankah tindakan tersebut? Untuk selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Tips Aman Charge HP di Mobil

Membuka kunci mobil yang terkunci bisa dengan menggunakan HP. Namun, pastikan baterai HP selalu cukup. Jika, Anda tidak ada waktu untuk mengisi daya di rumah, Anda bisa melakukannya di mobil.

Berikut beberapa tips aman yang wajib Anda perhatikan saat charger HP di dalam mobil.

1. Pilih Adaptor Sesuai Daya HP

Hal yang perlu Anda perhatikan pada saat charger HP di dalam mobil adalah dengan menggunakan adaptor HP yang sesuai dengan daya HP atau socket lighter untuk meminimalisir risiko kerusakan yang terjadi terhadap HP Anda.

Pastikan adaptor yang Anda pakai memiliki kualitas yang bagus dan orisinil, serta pada saat adaptor dicolok tidak terasa longgar, dan pas dengan rumah lighter. Hal tersebut guna menghindari potensi timbulnya percikan api. 

Pastikan juga charger yang Anda gunakan memiliki output yang stabil agar kualitas aliran listrik yang dihantarkan bagus dan tidak merusak HP Anda.

Perhatikan besaran ampere dari fuse lighter jika Anda menggunakan adaptor HP yang memiliki cabang lebih dari satu. 

2. Pilih Adaptor Minimal Memiliki Tenaga 2 Ampere

Berapa besar ampere di lighter mobil? Minimal yaitu 2 Ampere. Jika Anda belum menemukan adaptor yang memiliki daya yang serupa dengan HP Anda, sebaiknya Anda gunakan adaptor yang menghasilkan tenaga ampere dari port USB minimal 2 ampere.

Biasanya port charger di dalam mobil hanya mampu menghasilkan 0,5 ampere sehingga kurang optimal dalam proses pengisian daya baterai.

Baca Juga : Ingin Perbaiki Kabel USB Terputus? Simak Urutan Warna Kabel Usb Charger Berikut

3. Pantau Proses Pengisian Daya

Ketika Anda ingin mengisi daya HP di dalam mobil, Anda tidak boleh asal-asalan meninggalkan HP Anda begitu saja.

Anda harus memantau apakah baterai HP sudah full atau belum. Jika daya sudah terisi full sebaiknya cabut HP dari charger. 

4. Jangan Menancapkan HP Terlalu Lama

Pada saat mengisi daya HP di dalam mobil, hindari untuk membiarkan adaptor tertancap terlalu lama pada saat sudah tidak mengisi daya. Terutama bagi Anda yang masih menggunakan port lighter sebagai charger HP.

Kondisi tersebut dapat memberikan beban ketika Anda sedang starter mobil, karena pada saat starter mobil membutuhkan aliran listrik yang cukup besar.

5. Isi Daya Jika Kondisi Mobil Menyala

Ketika mengisi daya HP dalam mobil, sebaiknya hindari mengisi daya ketika mesin mobil mati karena daya yang diambil adalah daya dari baterai mobil.

Pastikan mobil menyala ketika mengisi daya HP karena daya yang diambil berasal dari tenaga alternator mobil.

6. Cabut Charger Jika Adaptor/HP Panas

Pastikan Anda mencabut alat adaptor charger atau HP di mobil Anda ketika tiba-tiba suhunya panas.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Charger Aki Mobil Sendiri

7. Jangan Meninggalkan HP yang di Charge di Mobil

Untuk menghindari risiko kejadian yang tidak diinginkan. Sebaiknya hindari mengisi daya HP menggunakan powerbank di dalam mobil.

Apalagi jika tidak diawasi dan ditinggal begitu saja karena dapat menyebabkan mobil terbakar seperti beberapa kasus yang pernah terjadi akibat powerbank yang tiba-tiba meledak dalam mobil. 

Nah, itulah beberapa cara charger HP di mobil dengan aman yang wajib Anda ketahui. Jika kondisi tidak terlalu darurat usahakan Anda tidak mengisi daya di mobil demi menghindari segala risiko yang ditimbulkan.

Sehingga keamanan Anda terjaga dan HP Anda juga tidak rusak. Anda juga bisa menemukan tips bermanfaat lainnya seputar otomotif di website Daihatsu ini. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kopling Mobil Mudah Rusak

2022-08-10

Banyak yang berpendapat menggunakan mobil dengan transmisi manual yang menggunakan kopling mobil cukup sulit. Oleh sebab itu, mobil dengan transmisi otomatis semakin mar

thumbnail

Tips Berkendara di Jalan Berkabut Agar Aman dan Selamat

2022-08-10

Tips berkendara di jalan berkabut adalah hal yang perlu diketahui, jika nanti terpaksa melewati jalan berkabut. Mengetahui hal itu bikin kita lebih siap saat melewati ja

thumbnail

Hal yang Perlu Sahabat Ketahui tentang Airbag

2022-08-10

Dalam berkendara, Sahabat perlu memastikan satu hal, yakni keamanan. Selain AC, radio, jok mobil sebagai penunjang kenyamanan saat berkemudi, Sahabat juga harus memperha

thumbnail

Fungsi dan Cara Penggunaan Flasher Mobil

2022-08-10

Sebagai pengguna kendaraan bermotor, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan bagian lampu sein yang menjadi salah satu komponennya.