Logo Daihatsu
Menu

Apa Arti Knocking pada Mesin Mobil? Ini Penyebab & Solusinya

Otomotif

2023-04-12

Apa Arti Knocking Pada Mesin Mobil? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Berbicara soal masalah mobil memang tidak ada habisnya, salah satunya soal knocking. Lantas apa arti knocking pada mesin mobil sebenarnya? Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, Anda perlu memperhatikan pembahasan berikut ini. 

Apa Arti Knocking pada Mesin Mobil? 

Knocking pada mesin mobil merupakan istilah lain dari detonation. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan permasalahan pada mesin mobil. Permasalahan tersebut ditandai dengan munculnya suara ketukan atau suara menggelitik disertai dengan getaran pada mesin mobil. Kondisi ini apabila dibiarkan begitu saja, maka dapat menyebabkan performa mesin mobil menurun. Lantas apa saja yang menyebabkan kondisi ini bisa terjadi pada mesin mobil? Untuk selengkapnya perhatikan beberapa faktor penyebab selengkapnya.

Faktor Penyebab Knocking pada Mesin Mobil dan Cara Mengatasinya

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan knocking pada mesin mobil beserta cara mengatasinya.

1. Faktor penggunaan bahan bakar yang kurang tepat

Penyebab pertama mesin mobil mengalami knocking ialah disebabkan oleh faktor penggunaan bahan bakar yang kurang tepat. Umumnya mobil-mobil di Indonesia menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan di atas 90, seperti Pertamax. 

Namun, kenyataannya tidak sedikit masyarakat yang justru menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan di bawah 90 dengan alasan lebih ekonomis. Padahal penggunaan bahan bakar dengan kadar oktan rendah inilah yang justru menjadi penyebab utama knocking. Kondisi tersebut justru akan membuat pengeluaran Anda semakin besar. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda harus menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi bahan bakar mobil Anda. Misal mesin mobil Anda memiliki kompresi 10:1, maka Anda perlu menggunakan bahan bakar dengan oktan 92, atau di atasnya.

Baca Juga : 5 Jenis Bahan Bakar Alternatif Sebagai Pengganti Bensin

2. Terlalu banyak endapan karbon pada ruang pembakaran mesin

Penyebab kedua knocking pada mesin mobil, disebabkan endapan karbon pada ruang pembakaran mesin yang terlalu banyak. Endapan karbon dihasilkan ketika mesin mobil sedang melakukan proses pembakaran. Penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah dapat mempercepat pembentukan endapan karbon tersebut. 

Endapan karbon yang menumpuk tersebut apabila dibiarkan dapat mempersempit volume ruang pembakaran mesin sehingga menyebabkan knocking dan overheat. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda perlu menyemprotkan pembersih karbon (carbon cleaner) pada lubang busi. 

3. Penggunaan busi yang tidak sesuai

Penyebab knocking pada mesin mobil selanjutnya, disebabkan oleh penggunaan busi yang tidak sesuai. Seperti yang diketahui, busi memiliki peran yang sangat krusial dalam proses pembakaran mesin. Karena busi berfungsi sebagai pemantik bunga api hingga pengontrol lingkungan internal mesin mobil. 

Apabila Anda menggunakan busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil Anda, maka dipastikan kinerja busi tidak optimal karena kurang presisi. Hal tersebut dapat menyebabkan proses pembakaran kurang sempurna dan mempercepat pembentukan endapan karbon.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu mengetahui spesifikasi busi mobil Anda. Gunakan busi yang sesuai, dan jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian elektroda busi dengan carbon cleaner dan sikat. 

4. Suplai udara dan bahan bakar yang kurang sesuai

Penyebab terakhir, disebabkan oleh suplai bahan bakar dan udara yang tidak memenuhi standar suplai. Seperti diketahui, agar proses pembakaran mesin sempurna maka suplai bahan bakar dan udara harus pas, tidak boleh kurang atau lebih.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengunjungi bengkel Daihatsu terdekat untuk melakukan penyetelan karburator yang tepat. 

Demikian penyebab dan cara mengatasi knocking pada mesin mobil yang perlu Anda ketahui. Agar mobil Anda terhindar dari masalah tersebut, Anda juga perlu melakukan penggantian filter bahan bakar mobil. Segera ganti filter bahan bakar apabila jarak tempuh mobil sudah mencapai 20.000 kilometer. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Lampu Indikator Aki Tidak Menyala dan Cara Memperbaikinya

2021-01-14

Apakah Anda pernah merasakan ketika masuk ke dalam kendaraan kesayangan, namun lampu indikator pada dashboard tidak menyala sama sekali? Tidak perlu khawatir, hal

thumbnail

Ingin Nyaman Berkendara ? Kamu Harus Bawa Barang-Barang Ini di Mobil

2021-08-15

Bagi penggunanya, mobil sudah jadi kebutuhan yang vital. Tidak jarang yang menganggap mobil bahkan sebagai rumah kedua. Maka dari sisi kenyamanan, tidak ada salahnya ket

thumbnail

Rekomendasi Ban Mobil Murah dan Berkualitas di Bawah Rp800 Ribuan

2020-11-26

Kualitas ban mobil sangat berpengaruh pada kepercayaan serta nilai jual ban itu sendiri di pasar otomotif. Tak heran, banyak produsen ban mobil berlomba-lomba memproduksi berbagai tipe ban mobil se

thumbnail

Mengenal Apa Itu Blind Spot Mobil dan Cara Menghindarinya di Jalan

2020-12-07

Kepadatan lalu lintas yang ada di kota besar sangat berpengaruh pada keselamatan pengemudi kendaraan bermotor.  Hal tersebut menuntut Anda untuk selalu memperhatika