Logo Daihatsu
Menu

Berapa Denda Tilang Elektronik? Ketahui Sesuai Jenis Pelanggarannya!

Otomotif

2023-10-30

Berapa Denda Tilang Elektronik? Ketahui Sesuai Jenis Pelanggarannya!

Berapa denda tilang elektronik? Pertanyaan yang satu ini kerap kali ditanyakan oleh para pengguna kendaraan bermotor, khususnya yang masih bingung dengan penerapan sistem tilang elektronik. Agar tidak bingung mengenai besaran biaya denda yang dikenakan, sebaiknya Anda perhatikan ulasan di bawah ini dengan baik. Berikut ulasan selengkapnya. 

Besaran Denda Tilang Elektronik Berdasarkan Jenis Pelanggarannya

Seperti diketahui, tilang elektronik merupakan sistem tilang baru yang menggantikan sistem tilang manual. Sistem tilang ini mengandalkan kamera CCTV yang terpasang di berbagai titik jalan raya untuk memantau pelanggaran lalu lintas. Adanya kamera CCTV tersebut, akan memudahkan pihak Polantas dalam memantau kondisi lalu lintas beserta pelanggaran yang terjadi secara real time. Dengan begitu, segala bentuk pelanggaran lalu lintas dapat terekam dengan baik sehingga pelanggar tidak dapat berkelit lagi atas pelanggaran yang telah dibuat. 

Lantas berapa biaya denda tilang elektronik? Apakah besaran denda sama untuk jenis pelanggaran yang berbeda? Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, besaran denda tilang elektronik berbeda-beda tergantung dengan jenis pelanggarannya. Adapun besaran denda tilang berdasarkan jenis pelanggarannya sebagai berikut. 

1. Tidak Memakai Helm

Menurut Pasal 290, pengendara sepeda motor yang melakukan pelanggaran tidak memakai helm dan terekam oleh kamera CCTV tilang elektronik, maka dikenakan denda tilang maksimal Rp250.000 atau dikenakan hukuman kurungan maksimal satu bulan.

2. Bermain Smartphone ketika berkendara

Bagi pengendara sepeda motor ataupun pengemudi mobil yang bermain gawai (smartphone) ketika berkendara, maka Anda akan dijerat dengan Pasal 289. Oleh karena itu Anda dikenakan denda berupa hukuman penjara selama satu bulan atau membayar denda paling banyak sebesar Rp250.000.

3. Tidak memakai sabuk pengaman

Kecanggihan kamera CCTV tilang elektronik mampu merekam tindakan pengemudi mobil yang tidak memakai sabuk pengaman. Apabila pelanggaran ini terekam oleh kamera CCTV tersebut, maka pengemudi bisa dijerat dengan Pasal 289 sehingga dikenakan denda berupa kurungan penjara selama sebulan atau membayar denda tidak memakai sabuk pengaman maksimal Rp250.000.

4. Melanggar rambu lalu lintas dan melanggar marka jalan

Pengendara yang terekam kamera CCTV tilang elektronik melakukan pelanggaran berupa melanggar rambu lalu lintas ataupun marka jalan, maka akan dijerat dengan Pasal 287. Pengendara nantinya harus membayar denda paling banyak sebesar Rp500.000 atau hukuman kurungan penjara paling lama selama dua bulan.

5. Menggunakan plat nomor polisi palsu

Ketika pengendara menggunakan kendaraan bermotor dengan plat nomor polisi palsu dan terekam kamera pengintai, maka akan dijerat dengan Pasal 280. Pada Pasal ini pengendara diharuskan membayar denda maksimal sebesar Rp500.000 atau hukuman penjara selama dua bulan.

6. Melanggar batas kecepatan berkendara

Untuk pengendara yang suka kebut-kebutan dan melanggar batas kecepatan berkendara, maka akan didenda paling banyak sebesar Rp500.000 atau hukuman penjara maksimal dua bulan. Hal ini mengacu pada Pasal 286 ayat 5 pada UU No. 22 Th 2009 mengenai LLAJ. 

7. Menerobos lalu lintas

Untuk pengendara yang suka menerobos lalu lintas, akan dijerat dengan Pasal 287 sehingga mendapatkan hukuman kurungan penjara maksimal selama dua bulan atau denda maksimal Rp500.000.

8. Lawan arah

Untuk pengendara yang melawan arah atau arus ketika berkendara maka dijerat dengan Pasal 287 Ayat 1. Dengan begitu, pengendara perlu membayarkan denda maksimal sebesar Rp500.000 atau hukuman penjara maksimal selama dua bulan. 

9. Pelanggaran ganjil genap

Untuk pelanggaran ini, pengendara dikenakan denda maksimal sebesar Rp500.000 atau kurungan penjara maksimal dua bulan.

10. Bonceng tiga

Untuk pengguna sepeda motor yang melakukan pelanggaran ini, maka dikenakan denda maksimal sebesar Rp250.000 atau kurungan penjara selama satu bulan. 

Demikian kisaran denda yang harus Anda bayarkan ketika terkena denda tilang elektronik. Untuk mengecek apakah Anda melakukan pelanggaran atau tidak, Anda bisa cek melalui situs resmi tilang elektronik yang bisa Anda akses di laman https://etle.pmj.info atau aplikasi ETLE-PMJ dan Polri Super App. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Bagian-Bagian Mesin Mobil, Fungsi dan Gambarnya

2023-07-30

Bagian-bagian mesin mobil penting untuk dipahami, terutama bagi Anda yang memiliki mobil. Dengan begitu, Anda bisa lebih memahami perawatan yang tepat pada bagian-ba

thumbnail

Ketahui Penyebab Mabuk Saat Naik Mobil & Cara Mengatasinya

2023-04-25

Lebaran 2023 sudah menghitung hari. Bagi Anda yang hendak mudik dengan naik mobil, Anda perlu mengetahui penyebab mabuk saat naik mobil dan cara mengatasinya. Agar p

thumbnail

5 Cara Membersihkan Karburator Mobil dengan Mudah

2020-12-30

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah karburator. Karburator merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil, yang san

thumbnail

Efek Buruk Cuci Mobil Menggunakan Sabun Colek

2022-04-12

Mencuci mobil terkadang menjadi suatu hal yang bisa dilakukan sendiri di rumah sambil menghabiskan waktu luang. Akan tetapi Anda tidak bisa mencuci mobil sendiri secara