Logo Daihatsu
Menu

Ciri-Ciri Fuel Pump Mobil yang Lemah dan Cara Mengatasinya

Otomotif

2023-07-27

Ciri-Ciri Fuel Pump Mobil yang Lemah dan Cara Mengatasinya

Sebagai pompa bahan bakar untuk mesin mobil, kondisi fuel pump wajib selalu diperhatikan. Jika tidak, maka kinerja mesin menjadi kurang maksimal. Anda perlu memahami ciri-ciri fuel pump mobil lemah sebagai pemilik kendaraan sehingga dapat mengatasi permasalahan fuel pump dengan tepat. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai ciri fuel pump mobil yang sudah melemah beserta cara mengatasinya. Selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

Ciri-Ciri Fuel Pump Mobil sudah Melemah

Ada beberapa ciri-ciri yang perlu Anda ketahui ketika fuel pump mobil sudah lemah. Berikut ciri selengkapnya :

1. Mesin mobil sulit untuk dinyalakan

Ciri-ciri pertama fuel pump mobil Anda melemah, bisa Anda ketahui ketika menyalakan mesin mobil. Mesin mobil akan sulit dinyalakan apabila fuel pump sudah lemah. Hal tersebut terjadi karena fuel pump tidak dapat menyuplai bahan bakar sesuai dengan kebutuhan proses pembakaran mesin. Akibatnya kinerja mesin akan sangat lemah, karena kekurangan suplai energi yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin.

2. Lampu check engine berkedip terus

Ciri kedua, biasanya check engine mobil akan berkedip kedip. Hal tersebut terjadi, karena lampu check engine diciptakan berkedip ketika komponen mesin mengalami masalah. Contohnya, ketika fuel pump tersumbat oleh kotoran, ataupun kinerja fuel pump melemah.

3. Mobil mudah tersendat-sendat ketika berjalan

Ciri ketiga, ketika mobil berjalan, maka laju mobil akan tersendat-sendat. Apalagi jika mobil melaju dengan kencang, maka kondisi tersebut akan semakin parah. Hal tersebut biasanya terjadi karena fuel pump tersumbat oleh kotoran.

Baca Juga : 5 Sebab Mobil Goyang dan Tersendat Saat Dikendarai

4. Sekring pompa bensin terbakar

Ciri keempat, bisa Anda cek pada bagian sekring pompa bensin. Jika fuel pump melemah, maka sekring akan terbakar dan gosong. Terbakarnya sekring tersebut, akibat adanya sumbatan kotoran pada fuel pump sehingga sekring bekerja lebih keras dari sebelumnya.

5. Tangki bensin mendengung

Ciri kelima, bisa Anda ketahui ketika mesin mobil menyala, namun mobil belum berjalan akan muncul suara dengungan dari tangki bensin.

6. Muncul bau bahan bakar menyengat dari asap knalpot

Ciri keenam, bisa Anda ketahui ketika asap knalpot mobil mengeluarkan bau menyengat seperti bahan bakar terbakar. Kondisi ini terjadi, karena fuel pump tidak dapat memasok bahan bakar ke ruang pembakaran mesin sesuai dengan kebutuhan.

7. Performa mobil menurun, namun konsumsi bahan bakar boros

Ciri ciri fuel pump mobil lemah yang terakhir, bisa Anda lihat dari konsumsi bahan bakar yang semakin meningkat, namun performa mobil semakin menurun. Hal tersebut terjadi, karena mesin kekurangan suplai bahan bakar, sehingga mesin bekerja lebih keras dan membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak lagi.

Cara Mengatasi Fuel Pump Mobil yang Lemah

Untuk mengatasi fuel pump mobil yang melemah, Anda bisa mencontoh beberapa cara berikut.

1. Menjaga kebersihan tangki

Cara pertama, Anda perlu menjaga kebersihan tangki bensin. Caranya, jangan sampai ada air atau benda asing yang masuk ke dalam tangki bensin.

2. Menguras tangki bensin dengan rutin

Selanjutnya, Anda perlu menguras tangki bensin secara rutin setidaknya lima tahun sekali atau setiap mobil menempuh jarak 50.000 km. Hal ini dapat mencegah adanya penyumbatan kotoran pada fuel pump.

3. Menggunakan bahan bakar yang sesuai

Penggunaan bahan bakar dengan RON yang sesuai dengan spesifikasi mobil, atau RON yang lebih tinggi dapat mengoptimalkan kinerja fuel pump, dan mesin mobil.

4. Servis mobil secara rutin dan berkala

Cara terakhir, Anda bisa melakukan servis secara rutin dan berkala di bengkel profesional seperti Daihatsu. Disini Anda bisa melakukan penggantian sekring fuel pump dengan aman karena suku cadang yang digunakan pasti orisinil. Mekanik disini juga akan mengecek bagian tahanan fuel pump, wiring harness, dan relay fuel pump secara menyeluruh.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penting, Ini Fungsi Lampu Mundur Mobil yang Perlu Sahabat Ketahui

2021-08-31

Semakin hari mobil sebagai kendaraan utama semakin dibekali dengan banyak fitur keamanan yang menarik. Salah satunya adalah lampu mundur mobil. Lampu ini cenderung lebih

thumbnail

Tips Aman Mengganti Kaca Film Bagian Defogger

2022-01-20

Kaca film pada mobil penting untuk menghindari paparan panas matahari dan silau cahayanya. Cara ganti kaca film bagian defogger harus berhati-hati agar tidak rusak.

thumbnail

Biaya Turun Mesin Mobil, Ini Rincian Lengkapnya!

2022-11-24

Biaya turun mesin menjadi salah satu momok yang biasanya ditakuti oleh pemilik kendaraan. Turun mesin atau

thumbnail

Kelebihan dan Kekurangan Pakai Biro Jasa Balik Nama Mobil

2020-11-05

Balik nama mobil merupakan satu hal yang wajib dilakukan ketika Sahabat beli mobil bekas. Data yang tertera di STNK dan BPKB kendaraan harus segera diganti agar dokumen kepemilikan kendaraan sah ja