Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Air Suspension Mobil, Kelebihan dan Kekurangannya

Otomotif

2022-12-05

Fungsi Air Suspension Mobil, Kelebihan dan Kekurangannya

Air suspension mobil atau suspensi udara mobil hingga saat ini masih digemari oleh penggemar modifikasi. Mengapa demikian? Karena suspensi udara mobil dapat menambah penampilan mobil menjadi lebih keren dan ceper.

Meski ceper, penggunaan suspensi udara pada mobil memberikan jarak antara bumper dan aspal. Kondisi tersebut membuat bumper mobil tidak tergerus oleh aspal. Berikut akan dijelaskan mengenai apa saja fungsi dari suspensi udara mobil beserta kelebihan dan kekurangannya. 

Fungsi Air Suspension Mobil 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, suspensi udara mobil dapat membuat mobil nampak semakin keren. Namun, tidak merusak bumper mobil karena memiliki fungsi yang sama dengan sistem suspensi lainnya.

Seperti diketahui, sistem suspensi mobil berfungsi untuk mengurangi guncangan atau getaran ketika mobil melewati jalanan yang rusak. Hal tersebut dapat membuat pengemudi dan penumpang selalu merasa nyaman ketika mobil bermanuver.

Baca Juga : 4 Jenis Suspensi Mobil yang Paling Sering Digunakan

Kelebihan dan Kekurangan Air Suspension Mobil

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui, sebelum Anda menggunakan air suspension pada mobil kesayangan Anda.

1. Kelebihan

Berikut beberapa kelebihan suspensi udara mobil yang perlu Anda ketahui.

  • Penampilan mobil menjadi lebih keren

Keunggulan pertama menggunakan suspensi udara mobil dapat menambah penampilan mobil menjadi lebih keren. Mengapa demikian? Karena mobil terlihat lebih ceper layaknya mobil-mobil yang digunakan pada film balap mobil atau drift. 

  • Kenyamanan terjaga

Meski membuat penampilan mobil lebih ceper, Anda tetap bisa merasakan kenyamanan bermanuver. Hal tersebut terjadi karena Anda bisa mengatur ketinggian mobil saat melintasi jalanan yang rusak melalui smartphone. Jadi Anda tidak perlu takut bodi bawah mobil tergerus aspal dan mobil terguncang selama mengendarai mobil.

  • Hemat bahan bakar

Menggunakan suspensi udara mobil dapat menghemat bahan bakar, karena Anda dapat meminimalkan gesekan angin pada mobil. Caranya mudah Anda hanya perlu mengatur ketinggian mobil saat melintasi jalanan yang terjal atau rusak.

  • Memperpanjang usia ban

Suspensi udara mobil juga dapat memperpanjang usia ban, karena Anda bisa mengatur ketinggian mobil saat melintasi jalanan yang rusak. 

2. Kekurangan

Berikut kekurangan yang perlu ketahui ketika Anda menggunakan suspensi udara mobil.

  • Maintenance mobil menjadi lebih sulit 

Banyak komponen mobil yang bergerak ketika menggunakan suspensi udara mobil, maka membuat maintenance mobil semakin sulit dan mahal. Karena Anda perlu merawat komponen lainnya lebih rutin. Contohnya selang, kompresor, tabung udara dan lainnya.

  • Harganya cukup mahal

Untuk memasang suspensi udara pada mobil, Anda perlu merogoh kocek paling sedikit Rp30 jutaan. 

  • Beban mobil semakin berat dan boros bahan bakar

Menggunakan suspensi udara mobil, dapat mempengaruhi performa kemudi mobil, karena beban mobil menjadi semakin berat. Apabila Anda tidak dapat mengatur ketinggian mobil dengan baik, maka konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Baca Juga : Tips Mengganti Velg Mobil Tanpa Merusak Suspensi

  • Pemasangannya rumit

Ketika Anda hendak memasang suspensi udara mobil, Anda perlu bantuan teknisi agar tidak merusak komponen mobil lainnya.

Pemasangan suspensi mobil terbilang lebih rumit karena menggabungkan kinerja suspensi mekanik dan elektrik. Jadi Anda jangan coba-coba melakukan pemasangan suspensi udara mobil sendirian.

Setelah Anda membaca ulasan mengenai air suspension mobil seperti di atas. Apakah Anda tertarik menggunakan komponen ini, atau tidak? Jika Anda tertarik, pastikan Anda melakukan pemasangan di dealer Daihatsu terdekat.

Karena Daihatsu memiliki teknisi profesional yang akan membuat penampilan mobil Anda semakin keren, dan nyaman ketika bermanuver. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mengetahui Usia Ban Mobil

2022-01-30

Ban adalah komponen penting pada sebuah kendaraan yang langsung menempel ke jalanan. Tanpa ban, kendaraan tidak mungkin bisa melaju dan berpindah tempat. Namun tahukah Anda, bagaimana cara mengecek

thumbnail

Inilah Perbedaan Power Steering dengan Manual, Wajib Tahu!

2023-11-17

Memahami perbedaan power steering dengan manual sangat diperlukan, terutama ketika hendak membeli mobil. Tentunya setiap sistem kemudi tersebut memiliki keunggulan m

thumbnail

5 Tips Mengemudi Mobil di Jalan Sempit

2021-02-25

Tips mengemudi mobil di jalan sempit adalah tips banyak dicari oleh pengemudi pemula. Terlebih ketika akan melewati jalan alternatif yang kondisi jalannya tidak semulus