Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Cerium Oxide untuk Kaca Mobil & Cara Menggunakannya

Otomotif

2023-04-17

Fungsi Cerium Oxide untuk Kaca Mobil & Cara Menggunakannya

Cerium oxide akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat di forum-forum komunitas otomotif khususnya pecinta mobil. Bahan kimia yang satu ini di gadang-gadang merupakan salah satu bahan ampuh dalam merawat komponen mobil. Lantas komponen apa yang dapat dirawat menggunakan bahan kimia ini? Dan bagaimana cara penggunaannya yang tepat? Yuk, ketahui jawabannya disini!

Fungsi Cerium Oxide

Cerium oxide merupakan senyawa kimia yang berasal dari ceria atau logam cerium. Senyawa kimia yang satu ini memiliki ciri khas memiliki warna abu metalik dan bersifat katalis. Mengingat sifatnya yang dapat mempercepat proses reaksi kimia, membuatnya menjadi bahan utama dalam produk perawatan otomotif.

Lantas apa fungsi dari cerium oxide sebenarnya? Di dalam dunia otomotif sendiri, cerium oxide memiliki fungsi utama yaitu sebagai pembersih kaca mobil

Seperti diketahui, kaca mobil berperan penting dalam menjaga kenyamanan dalam berkendara. Pasalnya, komponen yang satu ini melindungi mata dari terik sinar matahari sehingga visus mata dapat memandang dengan baik ketika berkendara. Oleh karena itu, komponen yang satu ini perlu dirawat secara rutin agar terhindar dari kotoran dan goresan. 

Agar kaca mobil terbebas dari goresan dan baret, Anda perlu menggunakan cerium oxide sebagai pembersih kaca mobil terbaik. Cerium oxide dapat menjadikan kaca mobil yang baret, mulus seperti kaca baru. Sifatnya yang katalis dan abrasi sangat baik sekali untuk membersihkan kotoran yang membandel dan baret yang cukup parah pada kaca mobil. 

Selain ampuh dalam merawat kaca mobil, ternyata cerium oxide juga dapat menstabilkan performa mesin. Sifatnya yang katalis, membuat senyawa ini digunakan untuk meminimalisir kadar emisi gas buang, khususnya karbon monoksida pada asap knalpot mobil bermesin diesel. 

Cara Menggunakan Cerium Oxide yang Benar untuk Menghilangkan Baret Mobil

Bicara soal baret kaca mobil, ada banyak penyebabnya. Mulai dari gesekan wiper ke kaca mobil, kotoran dan debu yang lama tidak dibersihkan, hingga kaca tergores ranting pohon ketika mobil melaju

Untuk menghilangkan baret kaca mobil tersebut, Anda bisa mengatasinya dengan cerium oxide. Berikut cara menggunakan cerium oxide pada kaca mobil yang benar.

1. Lap terlebih dahulu bagian kaca mobil yang berdebu

Langkah pertama, Anda perlu mengelap kaca mobil yang berdebu terlebih dahulu. Gunakan lap atau kain halus agar tidak memperparah baret pada kaca.

2. Semprotkan air pada kaca mobil

Langkah kedua, Anda perlu menyiram atau menyemprotkan air pada kaca mobil yang hendak Anda bersihkan. Hal ini perlu Anda lakukan sebelum melakukan proses pengamplasan pada kaca mobil. Sebab jika tidak, kotoran yang masih menempel di kaca akan memperbesar gesekan antara kaca dengan amplas ketika proses pengamplasan.

3. Lakukan proses pengamplasan

Setelah permukaan kaca basah dan bersih, Anda amplas secara perlahan kaca mobil yang baret. Selanjutnya, biarkan kondisi kaca mobil hingga kering sendiri. 

4. Siapkan cerium oxide

Sambil menunggu kaca mobil mengering, Anda bisa menyiapkan cerium oxide. Selanjutnya, Anda campur dengan air agar mudah diaplikasikan. Pastikan cerium oxide tidak terlalu encer ataupun kental. Gunakan air secukupnya saja. 

5. Lapisi pinggiran kaca mobil dengan koran

Langkah selanjutnya, Anda lapisi bagian pinggiran kaca dengan koran, agar bagian ini tidak terkena cairan cerium oxide.

6. Poles bagian kaca yang baret

Langkah keenam, Anda poles bagian kaca mobil yang baret dengan cairan cerium oxide yang Anda buat tadi. Poles secara perlahan hingga merata pada bagian kaca yang baret. Ketika Anda memoles kaca yang baret, pastikan Anda sedikit menekan agar baret dapat terkikis dengan sempurna.

7. Lap kembali kaca mobil dengan lap atau kain lembut

Langkah terakhir, Anda bersihkan kembali kaca mobil yang sudah dipoles tersebut menggunakan lap atau kain yang lembut sampai bersih.

Demikian, beberapa langkah yang perlu Anda praktikan ketika Anda menghilangkan baret kaca mobil dengan cerium oxide. Bagaimana, sangat mudah bukan? 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kelemahan Kopling Hidrolik Mobil Beserta Kelebihan dan Beberapa Komponennya

2020-12-22

Kelemahan kopling hidrolik adalah hal yang mesti diketahui saat hendak memakai kopling tersebut. Semakin tahu kelemahan kopling hidrolik, semakin mudah bagi Sahabat untu

thumbnail

Cara Mudah Mengetahui Fan Belt Harus Diganti Baru

2022-04-07

Setiap komponen yang ada pada kendaraan pastinya memiliki fungsi tertentu. Bahkan setiap komponen ini memiliki masa kadaluarsa. Hal seperti ini juga berlaku pada kompone

thumbnail

Inilah Ukuran Kunci Busi Mobil Berdasarkan Modelnya

2023-01-06

Kunci busi mobil merupakan alat yang digunakan untuk memasang atau melepaskan busi mobil. Kunci tersebut terdiri dari beberapa ukuran, berdasarkan modelnya. Agar And

thumbnail

5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Motor Penggerak Mobil Listrik

2021-01-19

Pengembangan kendaraan listrik sudah terus berkembang dari waktu ke waktu. Namun, ada banyak hal yang masih harus diperbaiki untuk membuat mobil listrik dapat bekerja de