Logo Daihatsu
Menu

Kenapa Mobil Ndut-Ndutan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Otomotif

2023-11-09

Kenapa Mobil Ndut-Ndutan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Mengetahui penyebab kenapa mobil ndut-ndutan dan cara mengatasinya merupakan hal yang perlu bagi pemilik mobil. Pasalnya permasalahan tersebut bisa terjadi kapan saja dan mengganggu kenyamanan berkendara. Bahkan dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan. Lantas apa saja faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut terjadi?

Penyebab Mobil Ndut-Ndutan Ketika Berjalan

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil menjadi ndut-ndutan ketika berjalan. Berikut faktor selengkapnya.

1. Adanya kerusakan pada fuel pump

Fuel pump atau pompa bensin merupakan komponen mobil yang berfungsi memompa bahan bakar dari tangki bahan bakar menuju karburator. Apabila komponen fuel pump tersebut rusak, maka aliran bahan bakar akan terhambat sehingga mesin tidak mendapatkan pasokan bahan bakar sesuai dengan kebutuhannya. Akibatnya mobil akan menjadi ndut-ndutan ketika berjalan apalagi di gas.

2. Filter bensin tersumbat

Selain kerusakan fuel pump, filter bensin yang tersumbat oleh kotoran juga dapat menyebabkan aliran bensin terhambat sehingga menyebabkan mobil ndut-ndutan.

3. Filter udara mesin terlalu kotor

Filter udara mesin yang terlalu kotor juga dapat menyebabkan mobil menjadi ndut-ndutan ketika berjalan. Kondisi ini terjadi karena filter udara tidak dapat menyaring udara dengan baik akibatnya mesin menjadi kurang panas sehingga laju mobil tersendat-sendat meskipun pedal gas diinjak.

4. Kabel busi terkelupas

Kabel busi yang terkelupas juga membuat mobil menjadi ndut-ndutan ketika berjalan terutama di RPM rendah. Permasalahan ini kerap kali terjadi pada mobil-mobil yang pernah melakukan penggantian kabel busi.

5. Kualitas busi buruk atau busi rusak

Penggunaan busi yang berkualitas atau busi rusak juga dapat menyebabkan mobil ndut-ndutan. Seperti diketahui, busi merupakan komponen utama dalam sistem pembakaran karena komponen ini berfungsi menciptakan bunga api. Apabila komponen ini rusak, maka proses pembakaran mesin tidak dapat dilakukan.

6. ECU mobil bermasalah

ECU mobil yang bermasalah menyebabkan waktu pendistribusian bahan bakar terganggu dan tidak tepat waktu sehingga proses pencampuran udara dengan bahan bakar kurang maksimal. Akibatnya proses pembakaran bahan bakar di dalam mesin terganggu sehingga mobil berjalan ndut-ndutan.

7. Penggunaan bahan bakar tidak sesuai spesifikasi mobil atau bahan bakar hampir habis

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar RON mobil membuat kompresi mobil kurang optimal sehingga performa mesin juga terganggu. Selain itu bahan bakar yang hampir habis membuat mobil terasa ndut-ndutan karena mesin tidak mendapatkan pasokan bahan bakar yang sesuai kebutuhan.

8. Air radiator habis

Air radiator yang habis membuat mesin mobil menjadi overheating sehingga mengganggu laju mobil ketika berjalan.

9. Sistem injeksi masuk angin

Sistem injeksi yang kemasukan angin juga dapat menyebabkan mobil ndut-ndutan karena tekanan bahan bakar tidak stabil.

Cara Mengatasi Mobil Ndut-Ndutan Ketika Berjalan 

Ada beberapa cara mengatasi mobil ndut-ndutan ketika berjalan. Berikut cara selengkapnya.

1. Rajin mengecek komponen mobil

Agar mobil tidak ndut-ndutan ketika berjalan, Anda perlu rajin dalam mengecek setiap kondisi komponen mobil Anda. Mulai dari kondisi busi, kabel busi, komponen sistem bahan bakar, sistem sensor, hingga sistem pembakaran mesin. Segera lakukan penggantian apabila komponen tersebut bermasalah.

2. Menggunakan bahan bakar yang sesuai

Cara selanjutnya, Anda perlu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda agar kompresi mesin maksimal. Jangan lupa isi bahan bakar apabila indikator bahan bakar sudah mendekati tanda E.

3. Melakukan servis secara berkala

Cara terakhir, Anda perlu melakukan servis secara rutin dan berkala agar setiap kerusakan komponen mobil dapat diatasi dengan baik. Jangan lupa servis di bengkel resmi Daihatsu, agar komponen yang rusak diganti dengan suku cadang asli dan ditangani oleh mekanik yang kompeten di bidangnya. Bila diperlukan lakukan tune up agar performa mobil dapat kembali seperti sedia kala. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Manfaat Pasang Water Separator pada Mobil Mesin Diesel

2022-02-07

Bagi para pemilik kendaraan mobil bertenaga mesin diesel, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terutama berkaitan dengan pemeliharaan dan penggunaan bahan bakar k

thumbnail

Berapa Konsumsi BBM Xenia 1000cc? Ternyata Irit Lho!

2023-12-22

Mengetahui konsumsi BBM Xenia 1000cc merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan satu ini. Besarnya konsumsi BBM itu

thumbnail

Nggak Bakal Rugi, Ini Lho Manfaat Ganti Oli Mobil Secara Berkala

2021-01-04

Ganti oli mobil merupakan langkah perawatan mobil yang perlu dilakukan rutin, agar performa mobil tetap dalam keadaan prima. Sekalipun mobil jarang digunakan atau dengan