Logo Daihatsu
Menu

Komponen Alternator Mobil dan Fungsinya Lengkap

Otomotif

2022-08-18

Komponen Alternator Mobil dan Fungsinya Lengkap

Bagi ahli otomotif, alternator mungkin menjadi komponen kendaraan yang sering ditemui. Lebih-lebih alternator memiliki fungsi yang begitu vital. Sehingga tidak dapat dipisahkan dari komponen mobil yang lainnya karena sudah menjadi sebuah kebutuhan.

Pengertian Alternator

Sebagai sebuah part kendaraan, ada berbagai komponen yang ada pada alternator. Sebelum mengetahui komponen hingga fungsi yang dimilikinya, tidak ada salahnya Anda mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Alternator pada dasarnya sering disebut Dinamo. 

Alternator adalah alat pembangkit listrik untuk semua komponen yang berada di dalam mobil dan membutuhkan tenaga listrik. 

Komponen di dalam kendaraan yang memerlukan energi listrik ini seperti tape mobil, AC mobil, wiper mobil dan lainnya. Agar peralatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang dibutuhkan, diperlukan suplai tenaga listrik yang disebut alternator.

Apa Fungsi Komponen Alternator Mobil?

Setelah mengenal apa itu alternator, hal berikutnya yang harus Anda ketahui adalah fungsi yang dimilikinya.

Sesuai dengan pengertian yang dimiliki, alternator digunakan sebagai alat untuk membangkitkan listrik kendaraan bermotor yang memerlukan tenaga listrik. Sehingga, fungsi alternator merupakan penyuplainya. 

Hingga sekarang, tidak sedikit orang yang menganggap jika sumber listrik pada mobil adalah aki. Sehingga, ketika komponen dalam kendaraan, fungsinya tidak seperti biasanya, pengguna akan langsung menganggap jika aki mobil bermasalah atau rusak. 

Padahal, komponen alternator ini yang berguna sebagai penyuplai listrik ke seluruh komponen mobil.

Alternator dapat berfungsi selama mobil dalam keadaan hidup. Sehingga alternator akan berfungsi saat mobil telah dihidupkan. 

Hal tersebut disebabkan karena energi listrik yang dialirkan ke komponen kendaraan bermotor berasal dari perubahan tenaga kinetik menjadi listrik.

Kemudian, dari energi listrik inilah, seluruh komponen yang ada dalam kendaraan bermotor dapat berfungsi dengan baik. Jika tidak ada alternator, aki hanya dapat bertahan kurang dari 30 menit. 

Baca Juga : Penyebab Alternator Rusak Beserta Ciri Cirinya

Apa Saja Komponen Alternator? Beserta Fungsinya!

Berikut ini adalah sejumlah komponen dari alternator beserta fungsi yang dimilikinya :

1. Rotor Coil

Komponen yang pertama adalah rotor coil. Rotor coil sebenarnya merupakan kumparan berputar yang digunakan untuk menyediakan medan magnet di alternator.

Kita tahu bila prinsip kerja yang dimiliki alternator ialah menggunakan perpotongan garis gaya magnet agar dapat menghasilkan aliran listrik. 

Agar dapat memperoleh potongan gaya magnet tersebut, harus terdapat medan magnet yang akan dibangkitkan.

Rotor coil pada mobil dibuat dari kumparan yang dapat mengeluarkan medan magnet ketika dialiri arus listrik. Lantas, dari mana arus listrik ini? Arus listrik ini berasal dari aki. Aki digunakan sebagai penyalur listrik. 

2. Stator Coil

Komponen lainnya adalah stator coil. Komponen ini berbentuk kumparan statis yang berguna sebagai penangkap potongan medan magnet. Agar bisa menghasilkan arus listrik, medan magnet harus berpotongan dengan kumparan. 

Baca Juga : 5 Penyebab Alternator Tidak Mengisi yang Perlu Pengendara Ketahui!

3. Alternator Shaft

Ada pula komponen yang disebut dengan alternator shaft. Alternator shaft merupakan penghubung antara pulley dengan rotor. Putaran alternator shaft ini dapat tersambung ke rotor hingga akhirnya rotor bisa berputar. 

4. Brush

Sikat atau brush menjadi komponen yang memiliki bentuk kotak kecil dan digunakan untuk menghubungkan arus listrik ke bagian rotor. Seperti yang kita ketahui, rotor membutuhkan arus listrik agar bisa membangkitkan kemagnetan. 

Tetapi, rotor ini juga akan berputar. Sehingga, arus listrik tidak dapat disambungkan begitu saja dengan menggunakan kabel.

Solusinya ialah menggunakan brush yang menekan slip ring. Slip ring adalah bagian ujung poros yang terhubung di dua ujung kumparan rotor. 

Setelah mengetahui pengertian hingga komponen alternator mobil, tentu Anda sudah menyadari pentingnya alternator mobil.

Oleh sebab itu, pastikan melakukan perawatan komponen ini secara berkala. Anda dapat melakukan perawatan di bengkel resmi atau dealer Daihatsu terdekat untuk memperoleh service terbaik. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Beli Mobil Bekas Murah

2020-11-26

Cara beli mobil bekas murah adalah hal yang dicari banyak orang. Mungkin Sahabat adalah salah satunya. Dengan mengetahui cara tersebut, Sahabat bisa mendapatkan mobil bekas yang diinginkan dengan h

thumbnail

Fungsi Cargo Net pada Mobil Xenia

2021-11-30

Seiring dengan peningkatan taraf hidup masyarakat, kini mobil sudah seperti kebutuhan biasa. Hal tersebut bisa dilihat dari meningkatnya jumlah penjualan mobil maupun aksesorisnya semacam cargo net

thumbnail

Tipe Daihatsu Charade yang Masuk Pasar Indonesia

2021-03-15

Mobil klasik dengan spek menarik dan cerita unik tentu diburu oleh para kolektor. Tipe Daihatsu Charade adalah mobil mungil keluaran Daihatsu yang pernah menjadi primado

thumbnail

6 Jenis Roof Rack yang Bisa Menjadi Pilihan saat Membawa Banyak Barang Mudik

2020-12-04

Mudik tentu tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh untuk kerabat di kampung halaman. Terkadang, banyaknya oleh-oleh bersama barang bawaan membuat perjalanan mudik