Logo Daihatsu
Menu

Komponen Radiator Mobil: Fungsi dan Tips Perawatannya

Otomotif

2023-10-30

Komponen Radiator Mobil: Fungsi dan Tips Perawatannya

Komponen radiator mobil termasuk komponen yang memiliki peran penting terhadap sistem pendingin mobil. Meski terbilang penting, tidak semua pemilik mobil memahami fungsi dan cara merawat komponen tersebut. Padahal jika, komponen tersebut rusak dapat berakibat fatal bagi mobil. Agar kondisi tersebut bisa dicegah, yuk langsung saja perhatikan ulasan berikut ini.

Sekilas Mengenai Komponen Radiator Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, radiator mobil merupakan komponen mobil yang berperan sebagai sistem pendingin mesin mobil, Dengan adanya komponen tersebut, suhu mesin akan terus stabil. Radiator mobil bisa disebut sebagai alat untuk memindahkan panas dari media satu ke media lainnya agar kondisi mesin yang panas dapat didinginkan. 

Untuk mengoptimalkan kinerja radiator mobil, komponen ini didukung oleh komponen lain di dalamnya. Berikut komponen pendukung selengkapnya.

1. Radiator cap

Radiator cap merupakan komponen radiator yang berfungsi sebagai penutup lubang radiator, wadah pengisian air (coolant) dan pengontrol tekanan radiator.

2. Lower tank

Komponen ini terletak di bawah radiator dan berfungsi sebagai penampung air (coolant) setelah proses pendinginan. Air (coolant) yang masuk ke komponen ini nantinya akan disalurkan ke saluran yang mengelilingi mesin mobil guna menyerap suhu panas mesin. 

3. Upper tank

Upper tank atau reservoir tank merupakan komponen yang terletak tepat di atas radiator mobil. Komponen ini berfungsi menampung air (coolant) yang membawa suhu panas dari area mesin.

4. Selang radiator

Komponen ini merupakan komponen yang menghubungkan antara blok mesin dengan radiator. Selang radiator sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni selang atas dan selang bawah. Selang atas berfungsi untuk menyalurkan air (coolant) yang panas yang menyerap suhu mesin menuju radiator. Sedangkan untuk selang bawah berfungsi untuk menyalurkan air (coolant) dari radiator menuju mesin.

5. Inti radiator

Inti radiator atau radiator core merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyalur panas dari air (coolant) yang sudah melewati bagian pintu keluar mesin mobil. 

6. Kipas radiator

Komponen ini berfungsi mengoptimalkan kinerja inti radiator untuk melepaskan panas air (coolant) yang keluar.

7. Drain plus

Drain plus merupakan komponen yang berfungsi untuk menguras air pendingin (coolant) yang berada di bawah radiator. 

Fungsi Komponen Radiator

Dari beberapa komponen di atas, bisa disimpulkan bawah komponen radiator memiliki fungsi mendinginkan suhu mobil agar tidak terjadi overheating (peningkatan suhu yang terlalu panas). Seperti diketahui overheating dapat menyebabkan kerusakan pada sistem dan komponen-komponen mobil lainnya hingga menyebabkan mobil terbakar.

Tips Perawatan Komponen Radiator Mobil Yang Tepat

Agar komponen radiator pada mobil dapat bekerja maksimal dan tidak mudah rusak, maka diperlukan perawatan yang tepat sebagai berikut.

1. Rajin memperhatikan volume cairan pada tangki radiator

Agar komponen radiator mobil awet, maka Anda perlu memperhatikan volume cairan pada tangki radiator. Pastikan Anda selalu mengisi air (coolant) apabila volume cairan tersebut berkurang.

2. Rajin membersihkan tangki radiator

Selain memperhatikan volume cairan pada tangki radiator mobil, Anda juga perlu membersihkan tangki tersebut secara rutin. Pastikan Anda membersihkannya minimal dua minggu sekali. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian penutup, klem selang, kipas pendingin, hingga pompa oli.

3. Menggunakan cairan yang tepat

Tips selanjutnya, gunakan cairan pendingin (coolant) khusus untuk mesin mobil agar tangki radiator tidak mudah korosi atau tersumbat kotoran. 

4. Memastikan radiator tertutup rapat

Selanjutnya, Anda perlu memastikan lubang radiator mobil tertutup rapat agar tidak terjadi kebocoran coolant.

5. Tidak memuat muatan yang melebihi kapasitas mobil

Tips terakhir, Anda perlu memastikan muatan mobil Anda. Pastikan muatan tidak melebihi kapasitas muatan mobil. Sebab, muatan yang terlalu berat dapat membebani kinerja mesin dan radiator mobil sehingga mobil mudah overheat.

Demikian tips merawat radiator mobil yang tepat. Jangan lupa servis mobil di bengkel Daihatsu secara rutin dan berkala agar semua kinerja komponen mobil Anda prima. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Menyetel Klep Mobil yang Benar, Ikuti Langkah Disini!

2023-01-17

Mengetahui cara menyetel klep mobil yang benar sangat dibutuhkan. Seperti diketahui, klep mobil berperan penting terhadap pengaturan bahan bakar serta campuran udara

thumbnail

3 Cara Memperbaiki Rem ABS Mobil & Penyebabnya

2022-08-02

Perawatan rem ABS pada mobil harus dilakukan secara berkala untuk menghindari kerusakan. Jika sistem rem tidak berfungsi, sebetulnya cara memperbaiki rem ABS mobil sangatlah mudah.

thumbnail

Dasar dan Peraturan Pajak Kendaraan Bermotor

2020-11-17

Memiliki kendaraan bermotor harus siap menanggung pajak yang wajib dibayarkan setiap tahun. Baik motor ataupun mobil, keduanya punya dasar pengenaan dan memiliki tarif pajak sesuai ketentuan yang b

thumbnail

Jangan Lakukan Ini Supaya Ban Mobil Tetap dalam Kondisi Baik

2020-12-03

Memiliki mobil sudah sepaket dengan kewajiban untuk merawatnya dengan baik dalam segala hal, termasuk perihal ban mobil. Namun, tidak semua orang menyadarinya. Padahal,