Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Brake Cleaner Mobil, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Otomotif

2023-07-04

Mengenal Brake Cleaner Mobil, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Brake cleaner mobil merupakan salah satu produk terbaik dalam merawat sistem pengereman mobil. Seperti diketahui, sistem pengereman merupakan salah satu sistem keselamatan mobil yang memberikan dampak kenyamanan ketika berkendara. Mengingat peranannya yang penting dalam merawat sistem pengereman, penting bagi Anda untuk mengetahui produk ini lebih jauh lagi. Berikut akan dijelaskan secara rinci mengenai fungsi, dan cara menggunakan brake cleaner yang benar. 

Fungsi Brake Cleaner Mobil

Ada beberapa fungsi dari brake cleaner yang perlu Anda ketahui. Berikut fungsi selengkapnya. 

1. Membersihkan kotoran dan debu pada sistem pengereman

Brake cleaner memiliki fungsi utama yakni membersihkan segala kotoran dan debu yang menempel pada sistem pengereman mobil. Seperti diketahui, kotoran dan debu yang menempel dan menumpuk pada area kaliper, dan kampas rem dapat menghambat kinerja dari rem mobil. Akibatnya, rem menjadi macet dan kurang pakem sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan apabila mobil melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi.

2. Memperpanjang usia komponen sistem pengereman mobil

Di dalam sistem pengereman mobil terdapat beragam komponen, misalnya kampas rem, kaliper, dan sebagainya. Ketika rem diinjak tentu terjadi gesekan antar komponen sistem pengereman untuk menghentikan laju kendaraan. Sistem rem yang kotor tentu menyebabkan gesekan antar komponen menjadi besar dan merusak komponen. 

Dengan adanya brake cleaner ini, kotoran dan debu pada sistem pengereman dapat dibersihkan dengan baik. Dengan begitu, gesekan antar komponen sistem pengereman dapat diminimalisir sehingga komponen menjadi awet dan tidak mudah aus.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Residu Kampas Rem pada Velg Mobil

Cara Menggunakan Brake Cleaner Mobil

Sebelum Anda melakukan perawatan sistem pengereman mobil dengan brake cleaner. Anda perlu memperhatikan cara penggunaannya yang tepat agar hasil perawatan lebih maksimal. Berikut cara selengkapnya.

1. Buka bagian ban mobil

Langkah pertama, Anda perlu membuka seluruh bagian ban mobil dan sistem pengereman. Buka keempat roda mobil tersebut secara hati-hati dan perlahan agar komponen lain seperti baut dan mur tidak rusak. 

2. Semprot brake cleaner

Langkah kedua, Anda bisa menyemprotkan brake cleaner ke area kaliper dan disc brake. Ketika menyemprotkan cairan ini Anda perlu berhati-hati. Anda perlu memastikan agar cairan ini tidak terkena komponen atau bagian dari sistem pengereman lainnya agar tidak merusak komponen tersebut.

3. Memastikan brake cleaner sudah rata

Langkah ketiga, Anda perlu meratakan brake cleaner yang sudah Anda semprot ke bagian kaliper dan disc brake dengan menggunakan sikat halus. Tujuan tindakan ini dilakukan, agar brake cleaner benar-benar tepat sasaran dalam membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Jika di bagian kaliper dan disc brake terdapat kerak, Anda perlu menyikat komponen tersebut sampai benar-benar bersih. 

4. Lap bagian kaliper dan disc brake

Langkah keempat, Anda perlu mengelap bagian kaliper dan disc brake dengan kain lap halus dan bersih. Lap komponen tersebut sampai bersih dan mengkilap.

5. Pasang kembali bagian sistem pengereman dan roda mobil

Jika kaliper dan disc brake dirasa sudah bersih. Anda bisa memasang kembali sistem pengereman dan roda mobil. Pastikan Anda memasangnya dengan teliti dan hati-hati, jangan sampai ada komponen yang lupa di pasang.

Demikian beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan ketika hendak melakukan perawatan sistem pengereman mobil menggunakan brake cleaner. Jika Anda merasa kurang ahli dalam melepas bagian sistem rem dan roda mobil saat melakukan pembersihan. Atau Anda takut merusak komponen yang lainnya. Anda bisa meminta bantuan mekanik profesional dengan mengunjungi bengkel Daihatsu.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Pemutihan Pajak Kendaraan? Ini Syarat dan Cara Terbaru

2023-01-02

Pemutihan pajak kendaraan merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia terutama bagi mereka yang menunggak pajak. Mengapa demikian? Untuk memahaminya

thumbnail

Pelanggaran Lalu Lintas: Pengertian, Jenis, Pasal, dan Dendanya

2020-12-03

Pelanggaran lalu lintas adalah salah satu problema yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Bentuknya bisa beraneka ragam. Mulai dari menerobos lampu merah, tidak membawa surat-surat penting s

thumbnail

Apa itu Mekanik? Berikut Tugas dan Tanggungjawabnya

2022-09-26

Apa itu mekanik? Mungkin ini menjadi pertanyaan yang pernah Anda lontarkan sebelumnya. Anda pasti sering mendengar istilah ini. Sebenarnya, apa tugas yang dimiliki m

thumbnail

Harus Segera Diperbaiki, Kenali Ciri Relay Starter Mobil yang Rusak

2021-01-13

Pada mobil Anda akan menemukan sebuah sistem yang dikenal dengan istilah sistem starter. Adanya sistem starter ini bisa memudahkan ketika menghidupkan mesin mobil, jadi