Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Sensor Mundur Mobil Bunyi Terus & Cara Memperbaiki

Otomotif

2023-01-13

Penyebab Sensor Mundur Mobil Bunyi Terus & Cara Memperbaiki

Apakah mobil Anda mengalami masalah sensor mundur bunyi terus ? Hal ini tentunya sangat meresahkan maupun lingkungan sekitar. Lalu apa penyebab dari kejadian tersebut ? Bisa jadi terdapat komponen kinerja yang kurang maksimal. Selain itu, arus listrik dari aki juga menjadi penyebab dari masalah sensor mundur mobil bunyi terus. 

Hal yang Menyebabkan Bagian Sensor untuk Mundur Mobil Terus Berbunyi

Bagian sensor pada kendaraan roda empat satu ini mempunyai peran penting untuk membantu pengemudi memundurkan mobilnya. Jika keadaannya terus bunyi, maka menandakan terjadinya kerusakan sehingga harus segera diperbaiki.

Terdapat beberapa hal di mana memungkinkan menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada sensor mobil Anda sehingga terus berbunyi padahal sedang tidak digunakan. Simak penjelasan penyebab sensor mundur mobil bunyi terus sebagai berikut :

1. Instalasi Kabel Sensor Parkir Rusak

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mengecek lebih dulu instalasi kabel sensor. Bisa jadi, terdapat kabel yang putus sehingga komponen kendaraan tersebut tidak dapat menyala. Penting sekali mengecek kabel instalasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan penggantian yang baru. 

2. Tertutup oleh Cat Body Mobil

Apabila Anda pernah mengecat mobil, maka apakah ada cat yang menutupi komponen ini. Biasanya, pengecatan dilakukan sembarangan sehingga dapat menutupi sensornya. Pastikan bahwa saat proses pengecatan, bagian sensor ini tidak diberikan pelapis cat.

3. Kondisinya Kotor

Komponen yang sangat sensitif ini apabila kondisinya kotor, tentu tidak akan berfungsi dengan normal dan menjadi penyebab sensor mundur mobil bunyi terus. Lakukan pengecekan dengan mendetail, barangkali ada noda menumpuk. Jika terjadi penumpukan noda, kemungkinan besar sensor tidak mampu menyala secara optimal.

4. Arus Listrik Tidak Tersalurkan dengan Baik

Jangan lupa untuk mengecek tegangan listrik dengan alat pengukuran, apakah saluran sampai ke komponen sensor atau tidak. Apabila arus listrik tidak lancar, tentunya akan menyebabkan kinerjanya terganggu. 

5. Sensor ECU (Modul) Mundur Rusak

Penyebab sensor mundur mobil bunyi terus terkadang ada salah satu elemen yang mengalami kerusakan. Dengan demikian, perlu dilakukan uji coba ECU atau modul. Cek fungsinya apakah masih bekerja dengan baik atau sudah rusak. 

Baca Juga : Letak dan Fungsi Intake Air Temperature Sensor pada Mobil

Bagaimana Cara Memperbaiki Sensor Mundur Mobil Bunyi Terus? Yuk Simak!

Setelah mengetahui sejumlah penyebab seperti sebelumnya, maka Anda bisa mencoba memperbaiki sesuai hal tersebut. Berikut sejumlah cara mengatasinya.

1. Memperbaiki Instalasi Kabel

Apabila terdapat salah satu kabel yang mengalami gangguan arus pendek listrik, maka cara melakukan perbaikannya cukup dengan mengikat kembali kabel tersebut. Lakukan pengecekan ulang sebelum semua elemen terpasang kembali.

2. Membersihkan Sensor Parkir yang Kotor

Penumpukan kotoran menjadi penyebab sensor mobil bunyi terus. Oleh karena itu, Anda cukup membersihkan saja. Lakukan pembersihan pada semua elemen, supaya setiap komponen dapat berperan seperti mestinya.

3. Hindari Penyemprotan Air Langsung Pada Sensor

Bagian sensor mobil merupakan bagian yang sangat sensitif, sehingga jangan menyemprotkan air dengan tekanan yang tinggi ke bagian tersebut. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan sehingga sensor justru menjadi menyala terus menerus.

Baca Juga : Penyebab Sensor Parkir Mobil Tidak Bunyi & Solusinya

4. Membersihkan Bagian Sensor Setelah Hujan

Biasanya saat hujan, ada kemungkinan bagian sensor mobil terkena cipratan air kotor. Hal ini menjadi penyebab menempelnya kotoran. Maka dari itu, disarankan untuk selalu membersihkannya setelah memakai kendaraan saat musim hujan.

5. Menukar Elemen Sensor yang Rusak

Apabila permasalahan utamanya adalah keseluruhan komponen sensor tersebut yang rusak, maka ganti dengan yang baru supaya dapat berfungsi kembali secara normal.

Bagaimana sudah tahu kan penyebab sensor mundur mobil bunyi terus? Anda bisa memperbaikinya sendiri di rumah sesuai dengan cara di atas, namun apabila tidak mempunyai alat yang mumpuni maka bisa langsung pergi ke bengkel resmi Daihatsu langganan untuk mendapatkan pengerjaan yang maksimal.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Mudah Mengetahui Kualitas Kampas Rem Cakram

2022-04-07

Sistem rem pada mobil merupakan komponen yang sangat penting untuk mengendalikan mobil bahkan berkaitan erat dengan menjaga keselamatan dalam berkendara. Oleh sebab itu,

thumbnail

8 Rekomendasi Speaker Pintu Mobil yang Ngebass & Terbaik

2022-08-01

Speaker pintu mobil yang ngebass tentu akan memberikan sensasi yang berbeda saat mengendarai mobil. Kualitas suara speaker mobil merupakan salah fitur penting bagi para pemilik mobil, terutama bagi

thumbnail

5 Bengkel Ketok Magic Jakarta, Kualitas Terbaik dan Harga Terjangkau

2021-01-18

Ketok Magic adalah proses sederhana dalam memperbaiki mobil yang rusak. Cepat dan harga terjangkau menjadikan ketok magic banyak digemari oleh pemilik mobil. Mungkin tid

thumbnail

Pengendara Wajib Tahu! Yuk Simak Bagian-Bagian Mobil dan Fungsinya

2021-01-14

Bisa dibilang sebuah kendaraan akan sulit bergerak atau dinyalakan tanpa adanya beberapa komponen di dalamnya. Jika salah satu ba