Logo Daihatsu
Menu

Perbedaan Ban Tubeless Dengan Ban Biasa

Otomotif

2020-12-23

perbedaan ban tubeless dengan ban biasa

Ban merupakan salah satu komponen yang penting dalam sebuah kendaraan, baik mobil maupun motor. Adanya komponen yang terbuat dari karet tersebut, akan membantu menciptakan kelembutan saat berkendara di jalanan. 

Umumnya terdapat dua jenis ban, yaitu tubles dan biasa. Lalu, apa perbedaan ban tubeless dengan ban biasa? Berikut ulasannya.

1. Bahan Ban

Seiring waktu, berbagai komponen pada kendaraan mengalami banyak perkembangan, termasuk ban. Dahulu ban hanya mempunyai satu jenis saja, yaitu tubetype atau ban biasa. 

Namun, saat ini telah telah banyak kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor yang menggunakan ban jenis tubles. Secara fisik, kedua ban tersebut terlihat hampir serupa.

Akan tetapi, sebenarnya antara ban tubles dan biasa mempunyai perbedaan yang sangat kentara. Di mana, perbedaan pertama terlihat dari bahan yang digunakan dalam pembuatannya. 

Pada dasarnya, semua ban kendaraan terbuat dari material karet fiber. Bahan ini dipilih karena mampu menyerap getaran serta dapat mencengkram permukaan jalan.

Meskipun terbuat dari bahan yang sama, namun perbedaan ban tubeless dengan ban biasa dapat dikenali dari lapisan fluid sealant. Pada ban tubles, lapisan untuk mempertahankan kerapatan ban tersebut terdapat di bagian dalamnya. 

Sedangkan jenis ban biasa atau tubetype, lapisan fluid sealant digantikan dengan kehadiran ban dalam. 

2. Daya Tahan Ban

Pada umumnya, tingkat ketahanan ban tergantung dari cara pemakaiannya. Namun, menurut beberapa orang, mengatakan jika jenis tubles dianggap lebih tahan lama dibandingkan dengan ban biasa. 

Hal ini dikarenakan pada ban tubles mempunyai lebih banyak lapisan. Selain itu, adanya fluid sealant mampu menahan udara saat terjadi kebocoran.

Ketika tertusuk benda tajam, udara dalam ban tubles tidak akan langsung habis. Lapisan fluid sealant akan langsung merapatkan di area tempat tertancapnya paku. 

Berbeda dengan ban biasa yang langsung habis, ban tubles masih bisa digunakan untuk menempuh jarak sekitar 200 KM, sebelum udara dalam ban tersebut menguap.

Baca juga: Hal yang Harus Dipahami Mengenai Penentuan Tekanan Ban Mobil

3. Karakteristik Ban

Perbedaan ban tubeless dengan ban biasa juga terlihat dari karakteristiknya. Di mana, jenis tubles mempunyai karakteristik yang lebih kokoh, kuat, dan agresif. 

Sehingga, bisa digunakan untuk berbagai jenis medan, baik untuk jalanan mulus maupun batuan terjal. Jadi, wajar jika kebanyakan kendaraan saat ini menggunakan ban jenis tubles.

Sedangkan ban biasa, mempunyai karakteristik yang mampu meredam segala jenis getaran. Hal tersebut tak lepas dari adanya lapisan ban dalam yang mendukungnya. 

Melihat karakteristiknya,  ban biasa sangat cocok untuk digunakan pada medan beraspal dengan kecepatan rendah. Pasalnya, jika digunakan untuk medan berbatu, bisa membuat ban rusak.

4. Harga 

Salah satu perbedaan yang mendasar antara ban tubles dan biasa adalah dari segi harga ban mobil. Di mana, pada jenis tubles umumnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan ban tubetype. 

Perbedaan ban tubeless dengan ban biasa, tak lepas dari kualitas jenis tubeless yang lebih baik.

Itulah yang membedakan antara ban tubeless dengan ban jenis tubetype atau biasa. Mengingat kualitasnya yang lebih bagus, wajar jika jenis tubeless lebih dipatok dengan harga relatif mahal. 

Meskipun begitu, banyak kendaraan yang menggunakan ban tubles sebagai pelapis roda, karena dianggap lebih kokoh dan mampu menunjang di semua jenis medan.

Baca juga: Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kenapa Mobil Ndut-Ndutan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

2023-11-09

Mengetahui penyebab kenapa mobil ndut-ndutan dan cara mengatasinya merupakan hal yang perlu bagi pemilik mobil. Pasalnya permasalahan tersebut bisa terjadi kapan saj

thumbnail

5 Tips Parkir Mobil di Mall Agar Aman dan Tenang

2021-02-08

Untuk sebagian orang, parkir mobil di mall mungkin jadi tantangan tersendiri, terutama bagi yang baru saja bisa menyetir. Sahabat yang mengambil kursus menyetir sekalipu

thumbnail

Penyebab Dinding Ban Mobil Benjol

2022-01-30

Dinding ban benjol dapat terjadi kapan saja. Bukan hanya mengganggu kenyamanan dalam berkendara, tetapi juga tidak aman.  Konstruksi ban sebenarnya dibuat sesuai untuk segala medan dan

thumbnail

Tiga Cara Beli Mobil Bekas dari Jepang

2020-11-26

Setiap orang memiliki selera berbeda soal mobil pilihan. Ada yang suka mobil lawas, sedan, city car, SUV, MPV sampai mobil mewah. Bahkan tak heran jika model mobil yang ada di Indonesia nggak memua