Logo Daihatsu
Menu

Puncak Arus Mudik Lebaran 2023 & Tips Antisipasi Saat Mudik!

Tips & Trick

2023-04-17

Puncak Arus Mudik Lebaran 2023 & Tips Antisipasi Saat Mudik!

Mengetahui puncak arus mudik 2023 dari jauh-jauh hari sangatlah perlu. Sebab, hal tersebut berdampak pada kelancaran perjalanan mudik Anda. Lantas kapan puncak arus mudik lebaran 2023 terjadi? Dan bagaimana cara mengantisipasi kondisi tersebut? Untuk selengkapnya, yuk perhatikan ulasan berikut ini.

Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2023

Menurut prediksi dari Jasa Marga dan Polri, puncak arus mudik pada lebaran 2023 diperkirakan terjadi mulai tanggal 19 April 2023 sampai 21 April 2023. Hal tersebut terjadi karena dilansir dari imbauan pemerintah soal cuti bersama lebaran yang terjadi pada tanggal 19 April 2023.

Sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada tanggal 25 April 2023. Oleh karena itu, jika Anda berniat melakukan perjalanan mudik di tanggal tersebut, Anda perlu mempersiapkan mudik dengan kondisi fisik yang matang. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan kondisi mobil yang prima apabila hendak melakukan mudik dengan mobil.

Baca Juga : Syarat Mudik Naik Mobil Pribadi Terbaru 2023, Yuk Ketahui!

Tips Antisipasi Saat Mudik 2023

Agar perjalanan mudik Anda selalu lancar, aman, dan nyaman, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui. Berikut tips selengkapnya.

1. Membuat rencana perjalanan

Tips pertama Anda bisa merencanakan perjalanan mudik Anda jauh-jauh hari. Anda bisa mencari informasi mengenai tarif tol, situasi lalu lintas, rekayasa lalu lintas mudik, hingga puncak arus mudik.

Sebaiknya, Anda hindari melakukan perjalanan di puncak arus mudik agar Anda terhindar dari kemacetan yang masif serta kelumpuhan lalu lintas. 

Namun, jika Anda terpaksa harus mudik di puncak arus mudik, Anda perlu mencari informasi mengenai layanan mudik lebaran beserta nomor teleponnya. Contohnya, pertamina delivery service dengan menghubungi nomor 135, info mudik lebaran dengan menghubungi nomor 151, hingga jasa marga dengan menghubungi nomor 14080.

Jika Anda hendak menghubungi layanan keselamatan, Anda perlu menghubungi nomor berikut. Hubungi nomor 118 dan 119 untuk ambulans, 021-7992325 untuk PMI, 1-500-400 untuk BPJS Kesehatan, 129 untuk posko 129, dan 113 untuk pemadam kebakaran.

2. Mempertimbangkan rute perjalanan mudik

Tips kedua, Anda perlu mempertimbangkan rute perjalanan mudik yang akan Anda pilih. Apakah Anda melewati jalur tol, jalur selatan, ataupun jalur pantura? Setiap jalur tersebut tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Sebaiknya, Anda gunakan peta online seperti Waze atau Google Maps untuk menghindari rute perjalanan yang lumpuh akibat kemacetan.

3. Mempersiapkan dengan matang kondisi kendaraan

Tips ketiga, Anda perlu mempersiapkan kondisi kendaraan Anda dengan matang sebelum melakukan perjalanan.

Anda bisa melakukan pengecekan kendaraan secara keseluruhan, atau melakukan servis di bengkel profesional seperti bengkel Daihatsu. Sebab, kendaraan yang prima akan membuat perjalanan Anda nyaman, aman, dan kemungkinan untuk terjadi kecelakaan sangat minim.

4. Mempersiapkan kondisi fisik dan mental dengan matang

Tips keempat, Anda juga perlu menyiapkan kondisi fisik dan mental Anda sebelum melakukan perjalanan mudik. Pastikan istirahat Anda cukup, dan jangan lupa konsumsi vitamin dan mineral agar tubuh tetap bugar. Sebab, ketika mudik, konsentrasi dan kadar fokus Anda harus tinggi, untuk menghindari insiden kecelakaan.

5. Hindari membawa barang bawaan secara berlebihan

Tips terakhir, Anda perlu menghindari membawa barang bawaan secara berlebihan. Sebab, dapat menyebabkan mobil oleng, dan kurang seimbang ketika melaju, hingga ban pecah.

Sebaiknya, Anda bawa barang bawaan seperlunya saja, misalnya bawa pakaian ganti 4-7 set, bawa makanan ringan dan air mineral secukupnya, dokumen persyaratan mudik, hingga uang tunai secukupnya.

Baca Juga : Inilah Barang-Barang yang Harus Dibawa Saat Mudik, Yuk Catat!

Nah, demikian beberapa tips antisipasi saat arus mudik di tahun 2023 yang bisa Anda contoh. Semoga perjalanan mudik Anda menyenangkan.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Keuntungan, Tips, dan Cara Budidaya Kelinci untuk Pebisnis Pemula

2021-02-16

Secara umum, ada berbagai jenis bisnis yang bisa dilakukan di Indonesia. Jika berencana ingin memanfaatkan waktu untuk berbisnis, usaha peternakan atau perkebunan adalah

thumbnail

5 Bahan Jok yang Harus Anda Tahu dan Cara Membersihkannya

2020-10-01

Jok merupakan komponen utama interior mobil. Sarung jok mobil menjadi kebutuhan utama bagi pemilik mobil baru. Selain kaca film dan karet dasar, sarung jok juga menjadi

thumbnail

10 Manfaat Olahraga Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

2020-11-21

Olahraga bukan hanya perlu dilakukan untuk menurunkan berat badan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Rutinitas olahraga juga tidak terbatas pada akti

thumbnail

Jangan Tergoda Tawaran Kerja Sebelum Pertimbangkan 5 Hal ini

2020-11-24

 Diera pasar bebas yang begitu ketat ini kita dihadapkan pada banyak kompetisi, terutama kompetisi dalam mencari kerja. Bukan hanya bersaing dengan para pelamar dar